Car Models

News

Mesin 1.0 Liter Baru Super Irit

21 April 2014


Mesin 1.0 Liter Baru Super Irit

Effisiensi termal  yang lebih tinggi artinya, lebih banyak energi yang ditangkap dari kerja mesin dan semakin sedikit energi yang hilang karena panas.  Efisiensi termal  mesin bensin yang ada saat ini berkisar 20%. Sedangkan mesin diesel bisa mencapai 40%.

Toyota Motor Corp. kembali meluncurkan dua mesin bensin dengan efisiensi termal mencapai 38 %, dan menjadi salah yang paling tinggi di antara mesin-mesin produksi massal lainnya. Tujuan mendorong efisiensi termal hingga setinggi itu  adalah konsumsi bahan bakarnya yang meningkat signfikan.

Pada tahap awal, Toyota menyiapkan dua tipe mesin  yang nantinya berkembang menjadi 14 varian saat dipakai secara global mulai tahun 2015.

Salah satu kunci special dari mesin baru ini adalah penggunaan siklus Atkinson.  Ini berbeda dengan mesin konvensional yang menggunakan siklus Otto.  Kelebihan Siklus Atkinson adalah mesin yang sangat irit. Di sisi lain, siklus ini memiliki kekurangan yaitu uproduksi torsinya rendah. 

Toyota sudah berpengalaman menggunakan mesin Atkinson.  Sebelumnya Toyota memanfaatkan mesin berteknologi ini  pada mobil-mobil hybrid  guna mendapatkan efisiensi terbaik.  Untuk menutup produksi torsinya yang rendah, digunakan motor listrik yang jago memproduksi torsi dalam jumlah besar sejak putaran rendah.

Nah kali ini untuk pertamakalinya Toyota memperkenalkan mesin yang hanya bertumpu pada Atkinson saja. Keunggulan siklus Atkinson adalah langkah kerja yang bisa di ekspansi.  Dikombinasikan rasio kompresi yang tinggi (13.5 : 1)  menghasilkan efisiensi termal sangat tinggi.  Inovasi lain yang diaplikasikan untuk meningkatkan efisiensi bensin  adalah  intake port dengan bentuk baru yang menghasilkan adukan udara yang lebih kuat  sehingga campuran udara dan bensin masuk ke ruang bakar dalam posisi pusaran vertikal.  Juga sistem exhaust gas recirculation (EGR) yang dipasangkan dengan Variable Valve Timing-intelligent Electric (VVT-iE)  untuk  meningkatkan kualitas pembakaran dan mengurangi bahan bakar yang terbuang percuma.

Mesin pertama  berkapasitas 1.3 liter memiliki efisiensi theral 38%.  Mesin ini dilengkapi dengan idling stop dan fungsi-fungsi lainnya yang membuat efisiensi bahan bakarnya naik 15% dibandingkan  mesin sejenis yang ada  di mobil sekarang ini.

Sementara mesin 1.0 liter dikembangkan bersama Daihatsu Motor Co.  akan memiliki efisiensi thermal 37%. Berkat dukungan teknologi  cooled EGR dan rasio kompresi  tinggi efisiensi bensin bisa ditingkatkan hingga 30% dibandingkan mesin yang ada sekarang. Hanya dengan 3 liter bensin, bisa menempuh 100 km.

Other News

Promo

Latest News

TERKINI