Toyota Astra Motor Indonesia
Toyota Official Car Partner Asian Games 2018
Toyota Astra Motor Indonesia - Toyota Catatkan Penjualan 31.424 Unit Pada Maret 2018 Kebutuhan Akan All New Rush Semakin Meningkat

Toyota Catatkan Penjualan 31.424 Unit Pada Maret 2018

Kebutuhan Akan All New Rush Semakin Meningkat

 

 

Jakarta – Toyota membukukan penjualan wholesales 31.424 unit dan menguasai pangsa pasar sebesar 30,9% pada Maret 2018. Kinerja penjualan Toyota bulan lalu tumbuh 13,6% dibandingkan dengan Februari 2018 sebanyak 27.665 unit. Kenaikan terjadi di segmen-segmen yang menjadi tulang punggung penjualan seperti MPV, SUV, dan hatchback.

Pencapaian ini menunjukkan bahwa di tengah pasar yang semakin kompetitif, produk Toyota tetap menarik minat pelanggan sehingga Toyota berupaya untuk terus meningkatkan suplai dan hal itu mendorong angka penjualan. Sejumlah produk baru yang diluncurkan mendapat respon yang sangat positif, permintaannya meningkat sehingga penjualan WS-nya pun juga mencatatkan pertumbuhan.

Sepanjang bulan lalu, SUV membukukan pertumbuhan tertinggi sebesar 36%. Hal itu  antara lain berkat New Rush yang mencatatkan angka wholesales 5.027 unit dengan pertumbuhan sebesar 40,6%, dan Fortuner sebanyak 1.930 unit atau tumbuh 25,4%.

“Kebutuhan akan Toyota New Rush semakin positif dan untuk menjaga agar pelanggan tidak menunggu terlalu lama, suplainya ke pasar ditingkatkan sehingga di bulan Maret angkanya naik menjadi di atas 5.000 unit,” ujar Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, hari ini.

Secara total, kata Henry, dalam 3 bulan ini wholesales Rush sudah mencapai angka 12.000 unit, di mana artinya suplai ke dealer rata-rata mencapai 4.000 unit per bulan. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan suplai dalam 3 tahun terakhir yang rata-rata hanya sekitar 1.600—2.200 unit per bulan.

Segmen yang mencatatkan pertumbuhan terbesar kedua pada bulan lalu adalah MPV, yaitu 10,2%. Pada Maret 2018, MPV Toyota membukukan total wholesales 19.511 unit. Avanza masih menjadi kontributor terbesar Toyota dengan wholesales sebanyak 7.097 unit pada bulan lalu.

Berdasarkan data Gaikindo, secara nasional pasar low MPV membukukan total penjualan 24.420 unit pada Maret lalu. Secara volume, angka ini cukup stagnan karena dalam 3 bulan pertama 2018 angkanya relatif sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu di kisaran 24.000 unit/bulan.

Toyota berupaya untuk menyeimbangkan antara suplai dan permintaan. Permintaan terhadap Avanza ternyata tetap meningkat sehingga di bulan Maret suplainya kembali ke level 7.000 unit.

Sementara itu, segmen hatchback juga berkontribusi terhadap pertumbuhan penjualan Toyota pada bulan lalu. Wholesales hatchback Toyota pada Maret lalu tercatat sebanyak 3.396 unit atau tumbuh 9% dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Yaris menjadi kontributor terbesar di segmen hatchback dengan wholesales 1.287 unit. Permintaan yang cukup tinggi akan New Yaris membuat Toyota terus meningkatkan penjualan dan suplai di bulan Maret, sehingga ada kenaikan sebesar 16,1% dibandingkan dengan Februari 2018.

Penampilan New Yaris yang lebih segar dan makin sporty membuat kendaraan medium hatchback ini menjadi lebih menarik dibanding pendahulunya. Selain mampu mendorong pertumbuhan angka penjualan Toyota, kehadiran Yaris ini diharapkan juga bisa lebih menggairahkan pasar di segmen hatchback.

“Di tengah kondisi pasar yang semakin kompetitif, maka menjadi tantangan bagi Toyota untuk terus menjaga momentum pertumbuhan penjualan, salah satunya melalui produk-produk baru seperti Rush dan Yaris,” kata Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager Toyota-Astra Motor, menambahkan.

Toyota tercatat melayani semua segmen pasar otomotif nasional dari sedan sampai kendaraan komersial. Total produk Toyota yang mengisi pasar otomotif nasional mencapai 27 line-up. Segmen terbesar adalah MPV yang diisi 6 line-up mulai dari Calya di entryMPV, Avanza dan Sienta di segmen low MPV, Innova di segmen medium MPV, Voxy di segmen high MPV, dan Alphard di segmen premium MPV.

 

 

related articles

Toyota Astra Mototr Indonesia - KOMPETISI LINGKUNGAN PELAJAR SLTA, LEBIH DARI 500 SEKOLAH DARI 27 PROVINSI BERPARTISIPASI DALAM TOYOTA ECO YOUTH KE-10
KOMPETISI LINGKUNGAN PELAJAR SLTA, LEBIH DARI… 05 Juli 2017

20 December 2016 Siaran Pers 785/MP/Ext/XII/16 20 Desember 2016 KOMPETISI LINGKUNGAN PELAJAR SLTA…

Toyota Astra Mototr Indonesia - ALL NEW SIENTA SUKSES RAIH GELAR BEST OF THE BEST CAR, TIGA PENGHARGAAN LAINNYA JUGA DIRAIH TOYOTA DALAM AJANG INDONESIA CAR OF THE YEAR 2016
ALL NEW SIENTA SUKSES RAIH GELAR… 05 Juli 2017

Siaran Pers 779/MP/Ext/XII/16 15 Desember 2016 ALL NEW SIENTA SUKSES RAIH GELAR BEST…

Toyota Astra Mototr Indonesia - ALL NEW SIENTA RAIH PREDIKAT PRODUCT OF THE YEAR 2016 TOYOTA BORONG 6 PENGHARGAAN LAINNYA PADA AJANG MARKPLUS CONFERENCE 2016
ALL NEW SIENTA RAIH PREDIKAT PRODUCT… 05 Juli 2017

Siaran Pers 771/MP/Ext/XII/16 9 Desember 2016 ALL NEW SIENTA RAIH  PREDIKAT PRODUCT OF…

Toyota Astra Mototr Indonesia - TOYOTA-ASTRA MOTOR RAIH LIMA PENGHARGAAN DI AJANG AUTOBILD INDONESIA AWARD 2016 TIGA PENGHARGAAN BERASAL DARI SEGMEN MPV
TOYOTA-ASTRA MOTOR RAIH LIMA PENGHARGAAN DI… 05 Juli 2017

TOYOTA-ASTRA MOTOR RAIH LIMA PENGHARGAAN DI AJANG AUTOBILD INDONESIA AWARD 2016 TIGA PENGHARGAAN…

Toyota Astra Mototr Indonesia - Toyota Indonesia Menorehkan Prestasi Gemilang di Kompetisi Balap International
Toyota Indonesia Menorehkan Prestasi Gemilang di… 05 Juli 2017

27 November 2016 Toyota Team Indonesia-TRD Membuka Jalan Menembus Ajang Balap Internasional Jakarta…

Toyota Connect

Tempat berbagai pengalaman sesama pengguna TOYOTA, temukan cerita menarik dari komunitas, lifestyle, technology, tips unik, travelling disini. Bagi penulis yang aktif akan mendapat apresiasi dari Toyota.

Toyota Astra Motor Indonesia

More from Toyota

Shopping Tools