Toyota Astra Motor Indonesia

Mobil baru seperti Toyota Avanza dan Toyota Calya umumnya sudah dilengkapi dengan perlindungan asuransi kendaraan. Namun apakah sudah dilengkapi pertanggungan Third Party Liabilities (TPL)?

Secara garis besar, asuransi terdiri atas 2 jenis yakni Total Loss Only (TLO) dan Comprehensive atau umum disebut All Risk. Keduanya memiliki perbedaan dalam hal risiko dan nilai pertanggungan.

Total Loss Only (TLO) menjamin risiko terhadap kerugian atau kerusakan total dan risiko kendaraan hilang akibat pencurian. Dengan catatan, bila biaya perbaikan lebih besar atau sama dengan 75% dari harga kendaraan sesaat sebelum terjadinya kerugian dan usia maksimal kendaraan yang bisa mendapatkan perlindungan TLO adalah 12 tahun.

Sementara Comprehensive atau All Risk menjamin risiko terhadap kerugian atau kerusakan sebagian maupun total akibat risiko yang dijamin dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia. Usia maksimal kendaraan yang bisa mendapatkan perlindungan ini adalah 9 tahun.

Pemilik mobil yang dibeli dengan cara kredit sebaiknya memanfaatkan asuransi Comprehensive karena hampir semua jenis kerusakan ditanggung sehingga meringankan beban pengeluaran.

Risiko yang dijamin adalah kerugian dan atau kerusakan pada kendaraan bermotor akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, termasuk selama mobil berada di atas kapal untuk penyeberangan yang berada di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Artinya, tidak semua risiko kecelakaan atau kerusakan ditanggung oleh pihak asuransi. Agar perlindungan terhadap mobil lebih optimal, Anda bisa menambahkan perluasan jaminan dalam polis asuransi.

Third Party Liabilities (TPL)

Salah satu bentuk perluasan jaminan yang bisa Anda ajukan adalah TPL atau tanggung jawab hukum pihak ketiga (JHT). Manfaat tambahan ini bisa didapatkan dengan membayar premi tambahan.

Pertanggungan TPL akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan jaminan atas kerugian pihak ketiga yang disebabkan oleh kelalaian Anda saat berkendara menggunakan kendaraan bermotor yang Anda asuransikan.

Kerugian yang dijamin tidak hanya kerusakan harta benda melainkan juga biaya pengobatan atas cedera badan atau kematian.

Manfaat Third Party Liabilities

Manfaat TPL dapat mengganti kerugian terhadap dua hal. Pertama, adalah kematian atau cedera yang dialami pihak ketiga yang terlibat dalam kecelakaan, yaitu siapapun yang ada di dalam kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan dengan mobil Anda.

Misalnya, mobil Anda terlibat kecelakaan dengan mobil lain yang berpenumpang tiga orang dan ketiganya mengalami luka, maka biaya pengobatan atas ketiganya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Kedua, adalah penggantian kerusakan atas aset pihak ketiga, di luar aset Anda sebagai pemegang polis asuransi. Perusahaan asuransi akan membayar biaya kerugian atas kerusakan ini sesuai kesepakatan yang tertulis di polis pemegang asuransi.

Jadi, apabila dalam kecelakaan yang melibatkan kendaraan lain, bahkan aset tidak bergerak pihak ketiga seperti tiang listrik atau pagar rumah, biaya perbaikan pihak ketiga tersebut akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Tentu mengenai nilai pertanggungan TPL akan disesuaikan dengan aturan pihak asuransi. Termasuk jumlah premi tambahan yang mesti dibayar dan cara klaim. Untuk itu, Anda bisa berkonsultasi dengan pihak asuransi yang Anda pakai.

Sebab Third Party Liabilities Batal

Beberapa hal yang bisa menyebabkan manfaat TPL menjadi batal. Misalnya jika pada saat terjadi kecelakaan, kendaraan yang diasuransikan sedang digunakan oleh orang lain yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) yang sah.

Atau Anda melakukan pelanggaran lalu lintas dan menyebabkan terjadinya kecelakaan yang menimbulkan kerugian dan selanjutnya ada tuntutan hukum dari pihak ketiga.

Selain itu, kejadian-kejadian seperti terorisme, radiasi, ledakan nuklir, perang, pemberontakan dan lainnya juga dikecualikan dari manfaat TPL. Untuk kejadian di atas, ada jenis perluasan asuransi lain yang bisa Anda manfaatkan.

Oleh sebab itu, Anda wajib membaca dan memahami isi polis asuransi mobil agar tidak mengalami kekecewaan pada saat mengajukan klaim. Ketahuilah manfaat dan pengecualian yang ada, dan ajukan perluasan TPL kalau Anda merasa banyak manfaatnya.

related articles

FESTIVAL AVANZA VELOZ SEBANGSA MAKASSAR
Automotive FESTIVAL AVANZA VELOZ SEBANGSA MAKASSAR 20 October 2019

Night Run Ramaikan Festival Avanza-Veloz Sebangsa di Kota Makassar PT Toyota-Astra…

TOYOTA LQ HADIR DI TMS 2019
Automotive TOYOTA LQ HADIR DI TMS 2019 19 October 2019

Toyota LQ Siap Memberikan Ikatan Emosional Pada Penggunanya di Tokyo Motor…

ULTRA COMPACT BEV TMS 2019
Automotive ULTRA COMPACT BEV TMS 2019 18 October 2019

Perkenalkan, Inilah Ultra Compact BEV Yang Siap Dijual di Jepang Tahun…

GENERASI KEDUA TOYOTA MIRAI DI TMS 2019
Automotive GENERASI KEDUA TOYOTA MIRAI DI TMS… 17 October 2019

Toyota Mirai Generasi Kedua Siap Dipajang di Tokyo Motor Show 2019…

Solusi Cerdas Berkendara Dengan Toyota Drive
Automotive Solusi Cerdas Berkendara Dengan Toyota Drive 16 October 2019

Pernah merasa khawatir untuk ganti kendaraan lama? Kondisi fisik mobil tentu…

Upgrade Mobil Sekarang Lebih Untung!
Automotive Upgrade Mobil Sekarang Lebih Untung! 16 October 2019

Toyota Drive hadir sebagai solusi untuk Anda dalam menjawab segala masalah…

Toyota Connect

Tempat berbagai pengalaman sesama pengguna TOYOTA, temukan cerita menarik dari komunitas, lifestyle, technology, tips unik, travelling disini. Bagi penulis yang aktif akan mendapat apresiasi dari Toyota.

Toyota Astra Motor Indonesia

More from Toyota

Shopping Tools