Toyota Astra Motor Indonesia
Toyota Official Car Partner Asian Games 2018

Masa liburan memang hal yang paling ditunggu semua orang, seperti libur Lebaran yang sudah semakin dekat ini.

Di antara beberapa moda transportasi yang tersedia untuk berlibur, sampai sekarang mobil masih menjadi primadona sebagai sarana angkutan saat bepergian.

Selain karena alasan waktu keberangkatan dan pulang yang lebih fleksibel, masalah daya angkut juga menjadi pertimbangan dalam membawa keluarga.

Saat bepergian jauh ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan. Misalnya saja barang-barang yang wajib Anda bawa selama perjalanan.

Semakin lama Anda bepergian, pastinya barang yang harus disiapkan juga semakin banyak. Tujuannya agar selama perjalanan semua penumpang tetap nyaman dan Anda tidak akan kesulitan selama liburan.

Berikut ini adalah 6 hal yang wajib dibawa saat perjalanan jauh :

1. Uang tunai dan non tunai

Kedua jenis alat pembayaran yang sah ini masih sama pentingnya. Uang tunai dibutuhkan untuk antisipasi transaksi yang masih menggunakan cara tradisional.

Saat musim liburan, banyak orang yang membutuhkan uang cash sehingga ATM pun kerap kehabisan uang.

Nah, uang elektronik juga perlu disiapkan untuk mempermudah dan mempercepat transaksi. Misalnya untuk melakukan transaksi di gerbang tol, atau membayar parkir. Selain itu uang elektronik juga bisa digunakan untuk transaksi di gerai minimarket hingga restoran modern.

 

2. Dokumen penting

Yang tak kalah penting adalah kelengkapan dokumen penting seperti KTP, SIM dan juga STNK. Walaupun sebenarnya sudah biasa Anda bawa sehari-hari dalam satu dompet, tapi perlu dicek juga misalnya masa berlaku dari masing-masing dokumen penting tersebut.

 

3. Power bank dan charger mobil

Sekarang ini gagdet sudah menjadi barang yang seolah tak terpisahkan dari individu, selain mampu memudahkan dalam perjalanan.

Otomatis gadget menjadi barang wajib untuk dibawa. Tapi tak lengkap rasanya bila tidak membawa perangkat pengisi daya seperti power bank dan charger mobil.

Sebisa mungkin, power bank yang dibawa juga berkapasitas besar, minimal 10.000 mAh agar tidak perlu sering-sering kehabisan daya.

Untuk charger mobil, pastikan perangkat yang digunakan yang memiliki kualitas baik agar tidak cepat rusak ketika digunakan dan juga tidak merusak gadget Anda.

 

4. Penunjang kenyamanan

Dalam perjalanan jauh sudah pasti Anda akan berlama-lama di mobil. Pastikan juga Anda membawa barang-barang penunjang kenyamanan. Misalnya saja bantal leher agar posisi tidur tetap nyaman.

Pakaian hangat seperti jaket, sweater atau sya juga diperlukan untuk menjaga suhu tubuh tetap normal dan kondisi badan tetap fit.

 

5. Perlengkapan P3K

Istirahat yang cukup, pola makan yang teratur, serta mengkonsumsi vitamin dapat membantu meningkatkan stamina.

Bawalah obat-obatan pribadi dan perlengkapan medis yang diletakkan dalam satu kotak P3K yang praktis untuk seluruh kebutuhan kesehatan.

Jika Anda membawa anak yang masih kecil, jangan lupa bawa minyak seperti minyak telon, minyak kayu putih, dan sejenisnya untuk kenyamanan si kecil juga.

 

6. Komponen cadangan dan perkakas mobil

Dalam kondisi darurat misalnya ban bocor, setidaknya Anda sudah melengkapi mobil Anda dengan komponen cadangan atau perkakas mobil.

Selain kunci-kunci standar yang sudah ada di mobil, ada baiknya Anda melengkapi dengan tambahan seperti pompa portable, lalu juga senter ketika kondisi darurat terjadi saat malam hari.

Beberapa komponen cadangan juga perlu Anda siapkan, seperti sekring atau bohlam dari semua lampu yang ada di mobil. O ya, pastikan juga piranti seperti kunci roda atau kabel jumper aki ada di mobil ya!

related articles

TIPS PARKIR - Pintar Menyetir Belum Tentu Pintar Parkir
News TIPS PARKIR - Pintar Menyetir Belum… 16 August 2018

Meski sudah banyak pengemudi yang jam terbangnya cukup tinggi di jalan…

Jangan Sering Parkir Di Tempat Terbuka
News Jangan Sering Parkir Di Tempat Terbuka 16 August 2018

Mobil Anda sudah dilengkapi sunroof atau moonroof? Perhatikan hal-hal berikut ini…

Ini Alasan Pentingnya Merawat AC Secara Berkala
News Ini Alasan Pentingnya Merawat AC Secara… 16 August 2018

Tidak hanya mesin saja yang harus di servis berkala, AC pun…

Toyota Berhasil Meraih Penghargaan Booth Terfavorit Serta Sukses Memberikan Edukasi Teknologi Mobilitas dan Elektrifikasi di GIIAS 2018
News Toyota Berhasil Meraih Penghargaan Booth Terfavorit… 15 August 2018

Toyota berhasil memperoleh predikat sebagai booth terfavorit pada kategori luas booth…

YOUTUBE FAN FEST kembali hadir di tahun 2018
News YOUTUBE FAN FEST kembali hadir di… 14 August 2018

  DATANG dan KUNJUNGILAH YOUTUBE FAN FEST ROAD SHOW di beberapa…

Inilah Fitur-Fitur Mobil Yang Paling Berguna Untuk Pasar Indonesia
News Inilah Fitur-Fitur Mobil Yang Paling Berguna… 13 August 2018

Selain fitur-fitur standar bawaan mobil, fitur-fitur ini ternyata juga banyak kegunaannya…

Toyota Connect

Tempat berbagai pengalaman sesama pengguna TOYOTA, temukan cerita menarik dari komunitas, lifestyle, technology, tips unik, travelling disini. Bagi penulis yang aktif akan mendapat apresiasi dari Toyota.

Toyota Astra Motor Indonesia

More from Toyota

Shopping Tools