Toyota Astra Motor Indonesia

New Avanza dan New Veloz yang resmi diluncurkan oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM) pada tanggal 15 Januari 2019 silam.

Kedua mobil ini langsung mengundang decak kagum para pecinta dunia otomotif dan mendorong penjualan Toyota di awal tahun 2019 ini.

Bukan perkara mudah mengubah wajah Toyota Avanza yang sudah mendominasi penjualan di pasar Indonesia selama 15 tahun terakhir, bahkan saat banyak rival sekelas hadir beberapa tahun belakangan.

Untuk lebih jelas mengenai alur rombakan wajah New Avanza dan New Veloz, mulai dari tahapan konsep, penambahan fitur modern, hingga upaya meningkatkan kenyamanan, ini hasil percakapan singkat dengan Kazutoshi Sakamoto, Executive Chief Engineer of New Avanza and New Veloz.

 

Apa yang menjadi dasar perubahan wajah Toyota Avanza hingga saat ini?

Sakamoto: “Avanza dikembangkan sejak awal berdasarkan karakteristik dan kondisi pasar Indonesia, dan terus berkembang sesuai dengan kedua faktor tersebut sepanjang perjalanannya.”

“Dan seperti Anda lihat selama 15 tahun usia Avanza di Indonesia, Avanza sukses membuat dirinya menjadi salah satu mobil paling sesuai untuk pasar Indonesia.”

“Kami sangat berkeinginan untuk membuat Avanza lebih jauh lagi sesuai kebutuhan dan kebiasaan keluarga Indonesia.”

 

Apa perhatian utama pada pengembangan New Avanza dan New Veloz?

Sakamoto: “Pada dasarnya ada beberapa hal yang akan kami gali lebih dalam untuk itu.”

“Hal pertama yang ingin kami pertahankan adalah DNA utama yang keluarga Avanza dapat berikan pada orang Indonesia sehingga menuai loyalitas hingga kini.”

“Ini berupa kemampuan untuk dipakai di hampir seluruh wilayah di Indonesia karena Avanza dikembangkan sebagai mobil yang sesuai kebutuhan dan kebiasaan pengguna, seperti aplikasi gerak roda belakang dan ground clearance tinggi.”

“Termasuk pula keseimbangan optimal kinerja mesin, antara tenaga yang dihasilkan dan efisiensi yang berujung pada irit bensin.”

“Bahkan termasuk deretan produk lengkap melalui varian Avanza Veloz untuk memenuhi kebutuhan yang lebih luas di pasar.”

 

Bagaimana untuk memenuhi kebutuhan zaman now?

Sakamoto: “Sejalan dengan berkembangnya kebutuhan pasar saat ini, hal selanjutnya adalah kami ingin meningkatkan beberapa faktor lebih jauh sehingga membuat Avanza sebagai mobil yang paling sesuai untuk keluarga Indonesia.”

“Hal pertama adalah desain eksterior dan interior. Saat pasar semakin kompleks, sebuah desain segar kian penting untuk menciptakan sebuah mobil yang sesuai dengan sisi emosional pengguna dan cara pandang lingkungan sekitarnya.”

“Hal kedua adalah bagaimana menambah unsur kemudahan pengguna. Untuk itu kami menempatkan banyak fitur baru pada New Avanza dan New Veloz untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan pemilik mobil.”

“Hal terakhir yang paling penting, adalah bagaimana kami berusaha untuk memastikan kenyamanan berkendara bagi pemiliknya.”

“Kami ingin membuat Avanza semakin jauh berharga di pasar Indonesia.”

 

Bagaimana dengan konsep desain New Avanza?

Sakamoto: “Saat kebutuhan sebuah mobil berkembang, kami bermaksud untuk memberikan baik New Avanza dan New Veloz sentuhan emosional yang mendalam.”

“Seperti kami juga sadar bahwa memiliki kedua model bukan sekadar mempunyai kendaraan, tapi juga menunjukkan status sosial, pada titik dimana pemilik mobil ingin terlihat seperti apa di mata orang lain.”

“Sementara itu, pada dasarnya desain mobil merupakan faktor termudah untuk memberikan impresi yang kuat.”

“Kami mengangkat status sosial Avanza dan Veloz sesuai dengan karakter kuat masing-masing yang ingin dipamerkan oleh pemiliknya.”

“Di Avanza, seperti yang telah Anda ketahui bahwa kebutuhan akan fungsionalitas dan ketangguhan masih tetap sebagai tema utama.”

“Contohnya adalah garis horizontal tegas di bagian atas lampu yang terhubung dengan gril yang berlanjut hingga ke bodi samping menjadi desain utama pada New Avanza untuk mengekpresikan aura yang lebih modern dan stylish.”

“Sementara di bagian bawah, kesan lebih tangguh ditonjolkan oleh bentuk bumper bergaya 3 dimensi yang lebar dan kokoh.”

“Seluruh guratan desain yang tajam dan tegas secara hati-hati direncanakan untuk medapatkan kesan yang dinamis dari depan hingga ke samping.”

“Ide yang sama diterapkan ke bodi belakang New Avanza.”

“Dimana garis desain tegas dari depan, lanjut ke samping, selanjutnya diterapkan di sisi atas lampu belakang.”

“Secara menyeluruh dikombinasikan secara apik dengan tampilan bumper yang menonjolkan aroma tangguh dan mewah.”

“So, inilah New Avanza.”

“Seperti Anda lihat, ia tampak lebih bergaya saat ini.”

“Sebagai tambahan kami juga memasang lampu LED di depan untuk mendukung perubahan desain.”

Bagaimana dengan New Veloz? Adakah konsep yang berbeda?

Sakamoto: “Sedangkan pada New Veloz sebagai model yang lebih sporty, kebutuhan akan desain yang elegen dan sporty tetap menjadi fokus utama.”

“So, tidak hanya dengan menerapkan desain garis horizontal yang tegas untuk menunjukkan aura sporty dan bergaya seperti pada New Avanza.”

“Namun, untuk memperkuat kesan elegan, sentuhan ornamen yang lebih kuat diaplikasikan dalam bentuk yang lebih bernuansa 3 dimensi.”

“Meski ide dasarnya berbeda, namun kesinambungan pola desain horizontal yang tegas dan tajam juga diaplikasikan pada New Veloz hingga ke bodi samping.”

“Ornamen elegan serupa juga diterapkan pada bumper belakang mobil yang dikombinasikan secara apik dengan desain berpola tajam dan tegas di bagian atas.”

“Desain baru dari side body moulding juga menonjolkan desain tajam pada mobil ini.”

“Dan inilah New Veloz.”

“Seperti Anda sudah lihat, kesan awal mobil ini tidak hanya lebih sporty berkat imbuhan lampu LED.”

“Juga sentuhan desain yang begitu kuat dengan kontur 3 dimensi yang mewah dengan tambahan desain baru side body moulding dan side skirt.”

Apakah sentuhan pengembangan berlanjut ke bagian dalam mobil?

Sakamoto: “Kami juga memberikan sentuhan penyegaran wajah di dalam, karena kami paham bahwa untuk berkendara dalam jangka waktu lama membutuhkan kenyamanan dan kemudahan dari sisi interior.”

“Untuk menyajikan kenyamanan terbaik untuk penumpang, kami menyegarkan desain interior dengan memilih warna baru pada warna keseluruhan kabin.”

“Senada dengan mengubah desain bagian tengah dasbor untuk mengakomodasi sistem audio dan panel kontrol AC baru.”

“Kami juga telah mengembagkan bangku penumpang untuk kenyamanan saat perjalanan jauh dan rileks di tengah kemacetan jalan.”

Adakah fitur baru pada New Avanza dan New Veloz?

Sakamoto: “Tidak hanya menyentuh desain ulang eksterior dan interior, untuk meningkatkan kemudahan berkendara, kami tambahkan banyak fitur di New Avanza dan New Veloz berdasarkan karakteristik unik mereka di pasaran.”

“Seperti premium head unit di sistem audio bermodalkan 6 speaker di seluruh model New Veloz dan sebagian besar model New Avanza, dan sekarang langsung terintegrasi dengan sistem alarm mobil dan sensor parkir belakang.”

“Adanya kontrol AC digital yang mewah adalah upaya untuk menambahkan unsur kemudahan berkendara.”

“Termasuk adanya kontrol di kemudi yang ada hampir di seluruh varian yang dijual.”

“Bahkan power outlet di bangku depan dan tengah, serta colokan USB di bangku baris ketiga sehingga seluruh penumpang tidak kesulitan mendapatkan sumber daya untuk isi ulang baterai ponsel.”

“Spesial untuk New Veloz sebagai model termewah, kami juga menambahkan keyless engine start, electric retractable mirror with auto folding, dan Follow Me Home light.”

Apakah cukup sampai di sini pengembangan pada mobil sejuta umat ini?

Sakamoto: “Seperti Anda lihat, apa yang telah kami perbuat untuk meningkatkan desain dan fitur di kedua model, masih ada satu faktor penting lain yang kami perbaiki untuk mendukung pengalaman berkendara mendalam.”

“Tapi, spesial untuk saat ini, pada New Avanza dan New Veloz, kami mengembangkan kenikmatan berkendara yang bisa dirasakan oleh konsumen.”

“Kenyamanan dan kestabilan berkendara lebih baik untuk menjelajah di berbagai kondisi jalan melalui pengembangan Electric Power Steering (EPS).”

“Termasuk pada perombakan pegas koil dan shock absorber untuk meningkatkan pengendalian dan stabilitas, serta menambah sektor kenyamanan di jalan.”

“Selain itu, New Avanza dan New Veloz memiliki tingkat peredaman suara dan getaran lebih baik untuk menyajikan pengalaman berkendara lebih nyaman di dalam mobil, terutama di kecepatan rendah.”

“Terakhir, kami menawarkan konsumen 2 warna baru spesial untuk New Avanza yaitu Bronze dan Dark Blue.”

“Kami sangat berharap bahwa New Avanza dan New Veloz dapat memenuhi ekspektasi penggemar setianya, yang bakal menikmati setiap pengalaman dan kenikmatan baru dalam berkendara.”

 

related articles

TOYOTA AJAK PEMILIK KENDARAAN RUSH UNTUK MENGGANTI ECU AIRBAG DEMI MEMBERIKAN “PEACE OF MIND” YANG LEBIH BAGI PELANGGAN
News TOYOTA AJAK PEMILIK KENDARAAN RUSH UNTUK… 15 July 2019

Siaran Pers                                                                                                                                                                                                                                                      Jakarta, 15 Juli 2019 254/MP/Ext/VII/19     TOYOTA…

Daftar Pemenang Toyota Hadiah Ramadhan
News Daftar Pemenang Toyota Hadiah Ramadhan 05 July 2019

Program undian program Toyota Hadiah Ramadhan periode April - Juni 2019…

Daftar Mobil Balap Yang Dibawa TOYOTA GAZOO Racing ke Acara Goodwood Festival of Speed 2019
News Daftar Mobil Balap Yang Dibawa TOYOTA… 03 July 2019

Daftar Mobil Balap Yang Dibawa TOYOTA GAZOO Racing ke Acara Goodwood…

Satu Pemenang Diundang ke Jepang, Inilah Daftar Pemenang Lomba Toyota Dream Car Art Contest Indonesia 2019
News Satu Pemenang Diundang ke Jepang, Inilah… 25 June 2019

Setiap tahun, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menyelenggarakan lomba gambar Toyota Dream…

Toyota Umumkan Pemenang Lomba Gambar Toyota Dream Car Art Contest Indonesia 2019
News Toyota Umumkan Pemenang Lomba Gambar Toyota… 24 June 2019

Toyota Umumkan Pemenang Lomba Gambar Toyota Dream Car Art Contest Indonesia…

CAMRY INVITATIONAL GOLF 2019
News CAMRY INVITATIONAL GOLF 2019 24 June 2019

Come and Join us: “ CAMRY INVITATIONAL GOLF 2019 ” Monday,…

Toyota Connect

Tempat berbagai pengalaman sesama pengguna TOYOTA, temukan cerita menarik dari komunitas, lifestyle, technology, tips unik, travelling disini. Bagi penulis yang aktif akan mendapat apresiasi dari Toyota.

Toyota Astra Motor Indonesia

More from Toyota

Shopping Tools