Toyota Astra Motor Indonesia

Hadapi Tantangan Industri 4.0, Toyota Mengadakan Toyota Fun/Code Untuk Ciptakan Aplikasi Otomotif Unggulan

Sebagai kontribusi dalam mendukung program pengembangan sumber daya manusia Indonesia khususnya menghadapi tantangan industri 4.0, PT Toyota-Astra Motor menyelenggarakan Toyota Fun/Code.

Melalui tema “Fun, Futuristic, Informative”, peserta ditantang mengeksplor kreativitas mereka untuk membangun aplikasi yang mampu memberikan nilai tambah lebih kepada masyarakat dan pelaku industri otomotif, termasuk Toyota.

“Pesan utama kegiatan ini adalah menantang peserta untuk mengeksplorasi potensi diri mereka, untuk meraih peluang di era industri 4.0,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

“Kompetensi di bidang IT merupakan salah satu kunci utama untuk salah satunya merebut peluang bisnis di era industri 4.0. Toyota Fun/Code menantang peserta untuk menguji kemampuan mereka dengan membangun atau menciptakan aplikasi yang bisa memberi nilai tambah kepada pelaku industri otomotif dan pelanggan,” jelasnya.

Toyota Fun/Code mendorong dan mengajak masyarakat mewujudkan harapan yang lebih tinggi di era industri 4.0 yang ditandai dengan adanya kemajuan teknologi digital yang begitu pesat serta berbagai tantangan gelombang disruptif yang mengikutinya.

Kompetisi Toyota Fun/Code

Toyota Fun/Code akan diawali dengan workshop di tiga kota, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta. Puncak acara adalah Hackaton Day yang akan berlangsung selama 24 jam penuh di bulan November mendatang.

Dalam satu hari peserta individual maupun tim akan diuji kemampuannya sebagai IT Developers dalam menghasilkan aplikasi sesuai tema yang mereka pilih.

Untuk menjadi IT Developers andal, peserta akan diuji keahliannya di bidang programmer, graphic designers, interface designers, dan project manager.

Peserta kompetisi ditantang mengerahkan potensinya di berbagai bidang agar aplikasi yang mereka kembangkan bisa selesai sesuai dengan harapan.

Bagi peserta yang tertarik bisa mendaftar melalui https://toyotafuncode.id/register . Pendaftaran akan ditutup pada 3 Oktober dan pengumuman peserta terpilih akan dilakukan pada 3 November 2019.

Untuk merancang aplikasi, peserta dapat memilih salah satu sub tema yang ditetapkan Toyota yaitu Eco Driving, Education, Ownership Experience, Value Chain & Trade-in serta Disability.

Tema Eco Driving diharapkan peserta dapat mengembangkan aplikasi atau inovasi teknologi berbasis web yang bisa meningkatkan kemampuan pengemudi agar efektif, efisien, dan ekonomis.

Aplikasi ini akan berdampak positif terhadap penurunan emisi CO2 atau environmental sustainability. Dari tema Education, diharapkan akan muncul aplikasi seperti safety driving apps atau safety driving gamification untuk membuat mengemudi menjadi lebih aman dan menyenangkan.

Tema Ownership Experience diharapkan dapat mendorong peserta dalam membangun aplikasi yang akan meningkatkan pengalaman penggunaan kendaraan sehari-hari menjadi lebih mudah, lebih aman, nyaman, dan memudahkan orang untuk memiliki kendaraan dan layanan Toyota baik sebelum membeli maupun sesudah pembelian (aftersales service).

Tema Value Chain & Trade-in mengarahkan peserta membuat aplikasi yang mendukung penyatuan atau sistem integrasi pelayanan mulai dari saat konsumen memilih kendaraan, saat memiliki kendaraan, sampai saat menjual atau menukar kendaraannya, termasuk dalam soal pembiayaan dan asuransi.

Dari tema Disability diproyeksikan akan muncul aplikasi atau web yang bisa memudahkan mobilitas penyandang difabel seperti saat parkir atau mengakses tempat-tempat tertentu, misalnya seperti toilet.

Tema ini menjadi salah satu bagian terpenting karena merupakan wujud semangat Toyota untuk selalu menyediakan kendaraan terbaik bagi semua, termasuk kalangan difabel.

Penilaian dilakukan tim juri yang berasal dari TAM dan profesional start up dan industri teknologi antara lain Vikra Ijas (Chief Product Officer Kitabisa.com), Norman Sasono (Chief Technology Officer DANA), dan Alfred Boediman (Managing Director Samsung Research Indonesia).

Pengumuman pemenang akan dilakukan pada bulan November dengan total hadiah sebesar Rp 100 juta untuk 3 peserta terbaik.

“Melalui berbagai sub tema dalam kegiatan Toyota Fun/Code ini, diharapkan akan lahir aplikasi unggulan yang menjadi inovasi bisnis otomotif,” kata Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto.

“Melalui ajang kompetisi ini akan lahir para start-up untuk menginspirasi generasi muda lainnya dalam menghadapi tantangan era industri 4.0,” tutupnya.

related articles

PARA JUARA TOYOTA FUN CODE 2019
News PARA JUARA TOYOTA FUN CODE 2019 07 November 2019

Inilah Juara Pertama Toyota Fun/Code 2019 yang Membuat Aplikasi Rental Mobil…

FINAL TOYOTA FUN CODE 2019
News FINAL TOYOTA FUN CODE 2019 04 November 2019

Daftar Pemenang Toyota Fun/Code yang Bersaing Ketat di Babak Final HackDay…

KENDARAAN MASA DEPAN TOYOTA TMS 2019
News KENDARAAN MASA DEPAN TOYOTA TMS 2019 24 October 2019

Daftar Kendaraan dan Perangkat Mobilitas Toyota di TMS 2019 Toyota Motor…

Kontribusi Nyata Dari Toyota Untuk Indonesia Lewat Semangat Start Your Impossible
News Kontribusi Nyata Dari Toyota Untuk Indonesia… 24 October 2019

Setiap orang pasti pernah merasa memiliki limit dalam dirinya, tapi bagaimana…

Night Run Ramaikan Festival Avanza-Veloz Sebangsa di Kota Makassar
News Night Run Ramaikan Festival Avanza-Veloz Sebangsa… 21 October 2019

Night Run Ramaikan Festival Avanza-Veloz Sebangsa di Kota Makassar PT Toyota-Astra…

Pemenang Best of The Best Toyota Eco Youth ke-11 Mendapatkan Hadiah Eco Trip ke Jepang
News Pemenang Best of The Best Toyota… 14 October 2019

Pemenang Best of The Best Toyota Eco Youth ke-11 Mendapatkan Hadiah…

Toyota Connect

Tempat berbagai pengalaman sesama pengguna TOYOTA, temukan cerita menarik dari komunitas, lifestyle, technology, tips unik, travelling disini. Bagi penulis yang aktif akan mendapat apresiasi dari Toyota.

Toyota Astra Motor Indonesia

More from Toyota

Shopping Tools