All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.381.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp998.600.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp442.200.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp647.300.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp607.800.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp281.900.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp363.200.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp237.100.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp290.700.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp799.300.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp937.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp164.700.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

news_4845TIPSAFTERSALES

Jenis Keausan Telapak Ban Mobil yang Wajib Diwaspadai Sebelum Dipakai Mudik Lebaran

Jenis Keausan Telapak Ban Mobil yang Wajib Diwaspadai Sebelum Dipakai Mudik Lebaran

Sebelum mudik Lebaran, Anda bisa mengecek keausan telapak ban. Karena ketebalan telapak ban pasti berkurang atau mengalami keausan seiring pemakaian mobil. Ban yang aus akan berkurang daya cengkeramnya ke jalan sehingga berbahaya pada kondisi tertentu seperti di musim hujan.

Hal ini penting karena di masa mudik Lebaran, mobil akan dimuati penumpang hingga full. Apalagi kalau keausan yang terjadi tidak normal yang berakibat mobil semakin sulit dikendalikan. Kondisi akan kian buruk jika mobil Anda mengalami masalah seperti aquaplaning yang dapat memicu kecelakaan.

Idealnya, tingkat keausan ban mobil merata hingga mendekati batas minimal dan diganti dengan ban baru. Namun, beberapa penyebab seperti gaya mengemudi dan problem di kaki-kaki mobil dapat membuat keausan ban tidak normal.

Tidak heran kalau tingkat keausan ban merupakan salah satu faktor penting yang menentukan ban mobil masih layak pakai atau tidak di masa mudik Lebaran. Selain itu, telapak ban yang mulai tipis tidak wajar bisa dipakai untuk mengidentifikasi masalah pada komponen mobil.

1. Ban Aus pada Bagian Tepi atau Tengah Telapak

Jenis keausan pada bagian ini menandakan tekanan udara ban mobil tidak sesuai rekomendasi pabrikan Toyota. Bila ban mobil sering kekurangan tekanan udara, kedua sisi luar telapak ban akan aus lebih dulu karena bagian ini dipaksa menapak lebih kuat.

Sebaliknya, kalau tekanan udara ban terlalu tinggi, maka yang aus terlebih dahulu adalah pada bagian tengah telapak ban. Selalu pastikan tekanan udara ban tidak kurang atau lebih dengan mengukurnya seminggu sekali.

2. Ban Aus Sebelah Dalam atau Luar Saja

Suspensi yang rusak dapat mengakibatkan keausan ban tidak normal akibat peredaman bertumpu pada ban. Faktor lain yang menyebabkan sebelah ban lebih cepat aus ketimbang sisi lainnya adalah karena sudut camber yang tidak tepat.

Pada camber negatif, keausan ban sebelah dalam akan lebih cepat, begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, cek kondisi suspensi secara berkala dan pastikan mobil di-spooring sesuai anjuran bengkel resmi Toyota ketika servis berkala.

3. Ban Aus Berserabut

Ban yang aus disertai serabut atau berbulu pada telapak ban disebabkan oleh kondisi toe-in sudah tidak tepat. Toe in terlalu besar menyebabkan roda selip keluar dan menggesek bidang telapak ban bagian dalam ke permukaan jalan.

Keausan yang terjadi membentuk susunan seperti bulu halus. Pastikan keausan seperti ini tidak terjadi dengan memeriksa kaki-kaki mobil dan lakukan spooring ban secara berkala di bengkel resmi Toyota.

4. Ban Aus Toe and Heel

Keausan seperti ini terjadi pada ban yang bukan penggerak roda. Contoh, mobil penggerak roda belakang akan mengalaminya pada ban depan, begitu juga sebaliknya. Keausan terjadi karena pengereman dilakukan berulang-ulang secara cepat pada jarak pendek, terutama pada permukaan jalan yang rusak.

Penyebab lainnya, bushing suspensi, ball joint, dan bearing roda sudah mengalami kerusakan. Selain berkendara dengan bijak, lakukan pengecekan kaki-kaki mobil secara berkala untuk menjaga kondisinya.

5. Ban Aus Setempat

Ban aus setempat atau spot wear adalah aus pada telapak ban yang bentuknya seperti lekukan mangkok akibat pengereman mendadak atau panic braking pada kendaraan yang tidak ada rem ABS atau sistem ABS-nya bermasalah.

Kondisi itu juga bisa terjadi ketika bearing roda, ball joint, tie rod end, dan bagian lain kaki-kaki mobil rusak sehingga membuat ban goyang pada titik tertentu. Gaya berkendara yang aman dan menjaga kondisi kaki-kaki mobil merupakan upaya mencegah keausan ban jenis ini.

Spooring ban mobil memegang peran penting untuk mencegah keausan ban yang tidak wajar. Sudut keselarasan roda dapat diatur di titik optimal untuk menjaga pergerakan ban. Teknisi bengkel resmi Toyota juga dapat melihat potensi masalah di area kaki-kaki mobil seperti bagian kemudi atau suspensi.

Kerusakan komponen dapat segera ditangani sehingga ban terhindar dari keausan tidak normal yang bisa memicu kecelakaan. Atur waktu servis berkala sebelum mudik Lebaran karena biasanya pelanggan yang berkunjung semakin banyak jelang Lebaran.


Back to top