Toyota Astra Motor Indonesia
Toyota Official Car Partner Asian Games 2018

Fitur kontrol stabilitas elektronik mulai ditetapkan sebagai sistem keselamatan aktif yang wajib dimiliki mobil-mobil terbaru di sejumlah negara.

Berdasarkan laporan NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration), teknologi kontrol stabilitas elektronik dapat mengurangi  kecelakaan akibat kehilangan kendali hingga 35 persen, bahkan pada SUV berkurang hingga 67 persen.

Kendaraan sering kali kehilangan kendali ketika kecepatan kendaraan terlalu tinggi atau ban kehilangan traksi saat menikung.

Manuver menghindar secara tiba-tiba juga dapat membuat kendaraan menjadi oleng dan sulit dikendalikan.

Untuk meminimalkan risiko tersebut, Toyota telah menggunakan sistem kontrol stabilitas  bernama VSC (Vehicle Stabilty Control) hampir di semua produk terbarunya.

Tugas VSC ini adalah untuk menjaga kendaraan  menikung dengan terkendali saat mengalami understeer (mobil tetap bergerak lurus meskipun setir sudah dibelokkan) maupun oversteer (mobil berputar tidak terkontrol).

Ada empat komponen penting dalam VSC yaitu sensor sudut setir, sensor tingkat keolengan, sensor akselerasi lateral, dan sensor kecepatan pada roda.

Secara sederhana, cara kerja VSC seperti berikut. Ketika kendaraan terdeteksi mengalami understeer saat akan menikung ke kiri, komputer akan memerintahkan pengereman pada roda kiri belakang sehingga kendaraan akan berputar ke kiri.

Sementara ketika mobil terdeteksi mengalami oversteer, komputer akan memerintahkan pengereman pada roda depan sisi terluar agar kendaraan tidak berputar secara liar.

Komputer juga dapat memerintahkan untuk mereduksi tenaga mesin jika pengereman intensif pada salah satu roda saja tidak cukup.

Namun perlu diingat juga, VSC tidak dapat bekerja efektif jika tidak didukung kondisi ban yang prima.

Penggantian ukuran ban di luar rekomendasi pabrik, terlalu besar atau terlalu kecil, juga dapat mengganggu keakuratan perhitungan komputer yang menjadi otak VSC.

related articles

Hill-Start Assist Control, Teknologi Anti Merosot di Tanjakan
Technology Hill-Start Assist Control, Teknologi Anti Merosot… 02 July 2018

Berhenti dan start di tanjakan adalah salah satu “mata pelajaran” yang…

Awas, ABS Bukan untuk Membuat Rem Lebih Pakem
Technology Awas, ABS Bukan untuk Membuat Rem… 01 July 2018

Teknologi ABS (Anti-lock Braking System) kini sudah menjadi fitur keselamatan aktif…

APLIKASI SMARTPHONE YANG BERGUNA DAN BISA MEMBANTU ANDA DI PERJALANAN
Technology APLIKASI SMARTPHONE YANG BERGUNA DAN BISA… 22 May 2018

Bagi Anda yang sedang merencanakan perjalanan mudik, tak ada salahnya melengkapi…

Bridgestone Alenza, Ban Original Equipment Toyota All New Rush
Technology Bridgestone Alenza, Ban Original Equipment Toyota… 02 May 2018

Bridgestone Alenza, Ban Original Equipment Toyota All New Rush                         PT Bridgestone…

Toyota Connect

Tempat berbagai pengalaman sesama pengguna TOYOTA, temukan cerita menarik dari komunitas, lifestyle, technology, tips unik, travelling disini. Bagi penulis yang aktif akan mendapat apresiasi dari Toyota.

Toyota Astra Motor Indonesia

More from Toyota

Shopping Tools