Toyota Astra Motor Indonesia

Mobil baru hatchback keren Toyota Yaris merupakan idaman anak muda zaman now. Desainnya yang keren dan stylish, berpadu dengan kelir bodi yang eye catching sehingga tampil dominan di jalan.

Meski demikian, Anda harus tetap menjaga kilau cat Toyota Yaris agar menjadi pusat perhatian di jalan. Kalau kusam, siapa yang mau mengaguminya?

Oleh sebab itu dibutuhkan perawatan bodi mobil agar catnya tidak berubah kusam. Treatment utama tentu dengan rutin mencuci bodi mobil untuk membersihkannya dari segala bentuk kotoran.

Namun langkah itu belum cukup. Ada langkah lain yang harus dilakukan yaitu coating. Salah satu cara coating yang bisa mempertahankan kondisi cat mobil, bahkan membuatnya tampil cemerlang dalam jangka waktu lama adalah nano ceramic coating.

Apa Itu Nano Ceramic Coating?

Coating merupakan bagian dari auto detailing dengan mengaplikasikan lapisan khusus pada permukaan cat mobil. Alhasil dengan adanya lapisan baru ini, cat mobil terlindungi dari terik matahari, pengaruh cuaca, oksidasi, serta paparan kotoran dan debu.

Nano ceramic coating merupakan salah satu metode coating yang mengandalkan kecanggihan teknologi masa kini. Jenis coating ini tidak hanya membuat cat mobil kembali mengkilap, namun juga lebih tahan terhadap goresan.

Nano ceramic sendiri terbuat dari bahan utama silika yang mengandung partikel kecil berukuran nano dengan tingkat kerapatan yang sangat tinggi.

Karena sangat baik dari sisi kerapatan dibanding pelindung cat lainnya, nano ceramic lebih cepat meresap ke pori-pori cat sekaligus mengangkat kotoran, jamur, kerak, dan residu yang menempel di cat mobil.

Kerapatan molekul yang membuat nano ceramic coating unggul dari waxing biasa dalam hal daya tahan, karena umumnya nano ceramic memiliki ketahanan antara 3-5 tahun, sedangkan wax konvensional hanya sekitar 3-6 bulan saja.

Manfaat Nano Ceramic Coating

Secara umum manfaat nano ceramic ada 2 yaitu hydroponic effect dan self cleaning effect. Yang dimaksud hydroponic effect atau efek hidroponik yaitu cat mobil memiliki efek seperti daun talas.

Alhasil, ketika cat terkena air maka tetesan air tersebut akan langsung jatuh dan tidak menempel di bodi mobil. Air yang menempel di cat mobil akan menyebabkan bercak yang memicu tumbuhnya jamur dan kerak.

Sementara self cleaning effect membuat kotoran dan debu tidak mudah menempel. Kalaupun kotoran terlanjur menempel akan mudah dihilangkan. Dengan begitu mencuci mobil menjadi lebih cepat dan mudah.

Selain itu, nano ceramic coating juga sanggup melindungi cat mobil dari kontaminasi natural acid dan sinar ultraviolet. Nano ceramic juga memberi perlindungan cat dari goresan dan baret-baret halus (swirl mark) akibat kesalahan saat mencuci mobil.

Aplikasi Nano Ceramic Coating

Proses nano ceramic coating terbilang rumit dan detail. Untuk itu sebaiknya proses pengaplikasian dikerjakan oleh teknisi profesional di salon mobil.

Jika coating dilakukan dalam kondisi cat yang tidak memadai maka akan muncul cacat pada hasil akhir yang sulit dihilangkan karena daya lapis coating yang tinggi. Cuci mobil sampai bersih dan kering sempurna.

Selanjutnya dilakukan proses menghilangkan cacat di permukaan cat dengan melakukan pemolesan. Setelah selesai, proses coating dengan nano ceramic bisa dilakukan.

Nano ceramic coating harus dilakukan di ruang tertutup dan steril. Untuk hasil maksimal ruangan harus ada di suhu 23-25 derajat celcius. Pengerjaannya sendiri maksimal tiga hari, tergantung dari kondisi cat mobil dan ketebalan coating.

related articles

Pengumuman Pemenang Funfest Periode III
Automotive Pengumuman Pemenang Funfest Periode III 18 May 2020

​ Innova Venturer Song Tobby Ng Yanto PLAZA TOYOTA Zaenudin AUTO2000…

Toyota Yaris Cross Memulai Debut Dunia Sebagai SUV Kompak Toyota
Automotive Toyota Yaris Cross Memulai Debut Dunia… 13 May 2020

Toyota Yaris Cross Memulai Debut Dunia Sebagai SUV Kompak Toyota Toyota…

Toyota Harrier Terbaru Siap Hadir di Jepang Sekitar Bulan Juni 2020
Automotive Toyota Harrier Terbaru Siap Hadir di… 28 April 2020

Toyota Harrier Terbaru Siap Hadir di Jepang Sekitar Bulan Juni 2020…

Tips perawatan kendaraan
Automotive Tips perawatan kendaraan 23 April 2020

     PEMERIKSAAN KOMPONEN PADA BATTERE / ACCU Bersihkan terminal battere/accu…

Empat Produk dan Satu Komunitas Toyota Raih Penghargaan di Otomotif Award 2020
Automotive Empat Produk dan Satu Komunitas Toyota… 23 April 2020

Empat Produk dan Satu Komunitas Toyota Raih Penghargaan di Otomotif Award…

Pengumuman Pemenang Funfest Periode II
Automotive Pengumuman Pemenang Funfest Periode II 14 April 2020

​ Innova Venturer Lydia Sekar Dewayani AUTO2000 Syafi'i AUTO2000 Rini Ranti…

Toyota Connect

Tempat berbagai pengalaman sesama pengguna TOYOTA, temukan cerita menarik dari komunitas, lifestyle, technology, tips unik, travelling disini. Bagi penulis yang aktif akan mendapat apresiasi dari Toyota.

Toyota Astra Motor Indonesia

More from Toyota

Shopping Tools