
15/09/2023
Mitos atau Fakta, Mesin Diesel Bisa Masuk Angin Sehingga Susah Dihidupkan di Pagi Hari
Mitos atau Fakta, Mesin Diesel Bisa Masuk Angin Sehingga Susah Dihidupkan di Pagi Hari
Ada istilah awam untuk masalah pada mesin diesel yaitu ‘masuk angin’. Gejala masuk angin terjadi akibat sisa udara masuk ke dalam saluran bahan bakar mesin diesel. Kondisi ini membuat solar sulit dipampatkan sehingga tidak terjadi reaksi pembakaran dan mesin susah dihidupkan
Mengapa udara bisa sampai masuk ke dalam saluran ruang bahan bakar?
Ada beberapa faktor yang jadi penyebabnya, seperti filter solar kotor dan bahan bakar yang kualitasnya rendah. Penggunaan filter solar yang kotor membuat masalah pada kinerja mesin dan sistem bahan bakar, sehingga mobil susah atau tidak mau menyala ketika distarter. Kamu juga harus memastikan penggunaan BBM yang sesuai rekomendasi Toyota dan mengisinya di SPBU resmi.
Mengingat fungsi filter solar sebagai penyaring kotoran dari bahan bakar sebelum mencapai mesin, kamu wajib melakukan servis berkala setiap 6 bulan sekali atau 10.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.
Selain filter solar, terlambat melakukan pengisian bahan bakar minyak juga dapat menyebabkan mobil diesel tidak bisa menyala. Tangki BBM akan menjadi kosong dan ruang bakar terisi udara. Kondisi ini juga akan menyebabkan solar sulit dimampatkan.
Gejala masuk angin juga dapat terjadi ketika melakukan penggantian filter BBM diesel atau filter solar. Udara terkompresi keluar saat penggantian filter, sehingga ketika pompa bahan bakar bekerja, tekanan bahan bakar jadi drop. Otomatis bahan bakar tidak keluar yang membuat mesin susah hidup saat dinyalakan.
Tidak hanya itu, meski mesin bisa hidup, udara masih ada di ruang pembakaran sehingga akan tetap menimbulkan masalah lain. Biasanya performa mobil akan turun, seperti gejala mobil yang tekanan kompresi berkurang.
Tarikan mobil juga menjadi berat yang membuat asupan bahan bakar menjadi lebih boros. Sampai paling fatal, bisa membuat mobil tiba-tiba mogok ketika digunakan.
Atasi Masalah Mesin Diesel ‘Masuk Angin”
Untuk mengatasi, sebaiknya kamu berkunjung ke bengkel resmi Toyota. Biasanya akan dilakukan proses pengeluaran udara atau bleeding. Dengan bleeding, udara akan dibuang dari dalam saluran bahan bakar secara manual dengan priming pump.
Ketika dipompa, udara akan bergerak menuju injektor, lalu saat mesin dihidupkan udara tersebut langsung keluar ketika injektor terbuka. Proses mengeluarkan udara sebenarnya juga bisa dilakukan sendiri.
Caranya dengan mencari letak filter solar lebih dulu. Pada bagian atas cover filter biasanya terdapat priming pump yang yang berfungsi untuk mengeluarkan udara palsu pada sistem bahan bakar guna mencegah mesin diesel susah dinyalakan. Agar tidak terjadi kesalahan, sebaiknya meminta bantuan bengkel resmi Toyota.