Toyota Astra Motor Indonesia

Setelah awal Juli 2018 ini generasi ke-15 Toyota Crown meluncur di Jepang, pada tanggal 7 Juli nanti siap mengikuti hadir di Jepang yakni model baru dari Toyota Corolla Sport.

Toyota Corolla generasi pertama dikembangkan dengan semangat untuk membuka jalan bagi masyarakat bermotor di Jepang. Memulai debutnya pada tahun 1966 dengan konsep 'mobilisasi ala Jepang,' Corolla menandai hari jadi ke 52 tahun ini.

Toyota Motor Corporation mengumumkan peluncuran model hatchback Corolla Sport baru untuk pasar domestik Jepang. Sama dengan Toyota Crown, ia merupakan model awal yang menggunakan generasi pertama fitur Connected Cars.

Toyota Corolla Sport memulai debutnya sebagai kendaraan yang menghubungkan orang, komunitas, dan mobil, sambil menawarkan layanan yang dirancang khusus untuk keselamatan, keamanan, dan kenyamanan.

Toyota Corolla Sport bukan hanya alat transportasi. Ia menawarkan bentuk relasi baru antara pemilik dan mobilnya. Ke depan, Toyota siap melengkapi sebagian besar kendaraan penumpang baru di pasar domestik Jepang dengan sistem ini.

Seperti apa turunan fitur dari Connected Cars pada semi hothatch ini?

Sistemnya mengandalkan Modul Komunikasi Data On-board atau Data Communication Module (DCM) yang menghubungkan Controller Area Network (CAN) dengan Toyota Corolla Sport.

Dengan menggunakan perangkat keras ini, Toyota dapat menyediakan berbagai layanan terhubung ke pelanggan T-Connect melalui Platform Layanan Mobilitas miliknya, infrastruktur informasi yang dikembangkan untuk mendukung Connected Cars.

Contoh aplikasi fiturnya adalah e-Care Driving Guidance yang menjanjikan interaksi langsung antara operator dan pemilik mobil via on-board microphone and speaker. Yang pertama berkaitan dengan rute yang akan ditempuh dan saran rute alternatif bila dibutuhkan.

Operator juga langsung menginformasikan kondisi terkini mobil berdasarkan data DCM dan upaya perbaikan jika diperlukan, sampai membimbing pengemudi ke bengkel resmi terdekat.

Fitur lainnya adalah e-Care Health Check Report. Toyota Smart Center memantau kondisi mobil secara real-time full 24 jam via DCM. Dealer akan mengontak pemilik kendaraan saat mobil tersebut butuh servis, seperti saat dideteksi kondisi baterai yang terus menurun.

Fitur anyar lain adalah HELPNET yang langsung mengirimkan data via DCM ke pusat informasi Toyota saat airbags meletus. Operator segera menghubungi mobil dan memperhitungkan bantuan terbaik yang bisa diberikan.

Demi menyasar kaum muda yang paham gadget, Toyota Corolla Sport punya fitur LINE My Car Account. Dari namanya sudah jelas bahwa fitur ini hasil kolaborasi dengan aplikasi chatting LINE.

Pengemudi dapat mengatur destinasi di peta navigasi via aplikasi LINE. Termasuk mengumpulkan informasi penting ketika berkendara seperti kondisi cuaca dan konsumsi BBM.

Yoshiki Konishi, chief engineer yang bertanggung jawab atas pengembangan menjelaskan, "Corolla telah berubah seiring dengan perkembangan zaman. Corolla Sport yang baru melanjutkan pengalaman berkendara mengasyikkan sebagai DNA dan mengintegrasikan fungsi yang terhubung menuju era mobilitas. Saya ingin orang-orang merasakan sejarah dan masa depan dicatat oleh Corolla ketika mereka mengendarainya”.

Toyota Corolla Sport mengadopsi desain yang sporty ala model hatchback. Jika diperhatikan, tampilan grilnya mirip Toyota Vios yang ada di Indonesia namun terlihat lebih tajam dan bertenaga.

Aplikasi sasis baru Toyota New Global Architecture (TNGA) membuatnya terlihat lebih atletis, dengan titik pusat gravitasi yang rendah, dan aerodinamis. Belum lagi desain lampu depan yang begitu futuristis.

Di dalam, desain sport tampak simpel dan kuat aroma sporty. Sebagai penegas, terdapat finishing berwarna hitam mengilap dan aplikasi krom. Hal itu diperkuat oleh jok depan model bucket-seat.

Toyota Corolla Sport punya 2 pilihan mesin. Yang pertama adalah unit hybrid 1.800 cc 4 silinder dengan tenaga total 122 PS dan torsi gabungan tembus 305 Nm.

Yang paling memikat adalah pilihan mesin imut 1.200 cc 4 silinder dengan suntikan turbo. Mesin ini sanggup melontarkan tenaga 116 PS di 5.200 – 5.600 rpm dan torsi 185 Nm di putaran serendah 1.500 – 4.000 Nm.

Kerennya, unit 1.200 cc pakai transmisi Super CVT-i yang memiliki pilihan mode manual 10-speed. Rasio sabuk baja sebanyak ini mestinya membuat ia efisien dalam mengolah tenaga.

Rencananya Toyota Corolla Sport siap dipajang di ruang pamer di Jepang pada 7 Juli 2018 nanti.

 

related articles

LAUNCHING NEW CALYA 2019
Automotive LAUNCHING NEW CALYA 2019 17 September 2019

Toyota Luncurkan New Calya Dengan Tampilan Memikat, Kabin Nyaman, dan Berlimpah…

TOYOTA COROLLA LAUNCHING DI JEPANG
Automotive TOYOTA COROLLA LAUNCHING DI JEPANG 15 September 2019

Toyota Corolla Sedan, Corolla Touring dan Corolla Sport Untuk Pasar Domestik…

TOYOTA FUN CODE JAKARTA
Automotive TOYOTA FUN CODE JAKARTA 14 September 2019

Roadshow Toyota Fun/Code Digelar di Jakarta Untuk Mempelajari Pentingnya Big Data…

TTI JUARA GYMKHANA CIANJUR
Automotive TTI JUARA GYMKHANA CIANJUR 13 September 2019

Pembalap Muda TTI Mendominasi MLD SPOT Auto Gymkhana 2019 di Cianjur…

Toyota Yaris WRC Siap Mendominasi Reli Turki 2019 Bermodalkan Sapu Bersih di Reli Jerman
Automotive Toyota Yaris WRC Siap Mendominasi Reli… 09 September 2019

Toyota Yaris WRC Siap Mendominasi Reli Turki 2019 Bermodalkan Sapu Bersih…

Teknik Flushing Oli Matik, Solusi Tepat Merawat Transmisi Mobil Matik Anda
Automotive Teknik Flushing Oli Matik, Solusi Tepat… 05 September 2019

Mobil keluarga di kota besar banyak yang sudah menggunakan transmisi otomatis…

Toyota Connect

Tempat berbagai pengalaman sesama pengguna TOYOTA, temukan cerita menarik dari komunitas, lifestyle, technology, tips unik, travelling disini. Bagi penulis yang aktif akan mendapat apresiasi dari Toyota.

Toyota Astra Motor Indonesia

More from Toyota

Shopping Tools