Toyota Astra Motor Indonesia

Inilah Juara Pertama Toyota Fun/Code 2019 yang Membuat Aplikasi Rental Mobil Dengan Sistem Kunci Mobil Virtual

Sebagai kontribusi dalam mendukung program pengembangan sumber daya manusia Indonesia, khususnya menghadapi tantangan industri 4.0, PT Toyota-Astra Motor menyelenggarakan kompetisi Toyota Fun/Code 2019.

Melalui tema “Fun, Futuristic, Informative”, peserta ditantang mengeksplorasi kreativitas untuk membangun aplikasi yang mampu memberikan nilai tambah lebih kepada masyarakat dan pelaku industri otomotif, termasuk Toyota.

Toyota Fun/Code 2019 merupakan kompetisi hackathon dengan tema otomotif pertama di Indonesia. Sebelum menggelar hackathon, telah diselenggarakan pula roadshow di tiga kota, yaitu Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta.

Hackaton Toyota Fun/Code 2019

Babak final Toyota Fun/Code diadakan dalam format Hackathon. Ada 70 tim yang masuk ke babak final dan diberi kesempatan untuk melakukan proses coding yang berlangsung nonstop selama 24 jam pada 2-3 November 2019.

Seluruh tim yang terpilih sukses mempresentasikan inovasi luar biasa yang mampu memukau dewan juri. Acara puncak ini dilaksanakan di Candi Bentar, Jakarta pada tanggal 3 November, mulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 15.00.

Ajang ini berhasil mengumpulkan sebanyak 467 ide inovasi. Terdiri atas 84 ide kategori Eco Driving, 101 ide kategori Education, 149 ide kategori Ownership Experience, 89 ide kategori Value Chain & Trade In dan 44 ide kategori Disability.

Mega Judging

Penyelenggara lanjut memilih 70 tim terbaik dari kelima kategori untuk berlaga di babak Hack Day. 70 tim yang berhasil melaju ke babak Hack Day kemudian menjalankan kompetisi selama 24 jam.

Seluruh finalis mempresentasikan apa yang telah mereka kerjakan di hadapan dewan juri untuk mencari 8 tim terbaik yang akan melaju ke proses mega judging dan memberikan presentasi di hadapan peserta lainnya.

Dewan Juri terdiri dari Budi Kusmiantoro yang merupakan CTO OVO, Alfred Boediman Managing Director Samsung Research Indonesia, Vikra Ijas Chief Product Officer dan Co-Founder Kitabisa.com, Herman Widjaja Senior VP Tokopedia, Hendro Riyadi VP Bukalapak, serta beberapa juri dari manajemen PT Toyota-Astra Motor.

Untuk menjamin sistem penilaian, para juri menggunakan aplikasi Scora. Aplikasi ini merupakan bagian dari platform inovasi guna memudahkan penghitungan, pencatatan, dan penyimpanan nilai peserta dalam sebuah kompetisi.

Selain kesiapan aplikasi, penetapan tim pemenang juga didasarkan atas kriteria kemampuan mengatasi masalah yang dihadapi, potensi pengembangan, dan kemudahan dalam penggunaan yang didukung oleh tampilan aplikasi, serta kesesuaian aplikasi dengan tema.

Dan Pemenangnya Adalah....

Setelah melewati proses penjurian mega judging yang menegangkan, serta diskusi panjang oleh para dewan juri, akhirnya terpilih 3 tim pemenang dengan konsep, ide, dan produk terbaik.

Terbaik Ketiga: Focus AR

Tim Focus AR sebagai juara ketiga menggagas aplikasi Immersive Edu. Aplikasi ini berisi edukasi dan promosi yang dibantu dengan teknologi Augmented Reality yang mempresentasikan sebuah model mobil secara langsung pada environment user.

Tim Focus AR hanya terdiri satu orang Dicky Rachmat Iskandar.

Terbaik Kedua: NL_Ione

Tim NL_Ione kedua mengembangkan aplikasi bertajuk DEFINO (Deaf Assistant of Toyota). Aplikasi ini merupakan sistem yang berperan sebagai asisten bagi pengemudi Toyota yang tuna rungu, yang bekerja sebagai pengemudi transportasi umum.

Ide awal aplikasi yang digagas oleh Antonius Yonanda Chrisma Nugraha dan M. Sulthan Farras Nanz ini adalah untuk memudahkan dalam berkomunikasi dan mengatasi keterbatasan mengawasi situasi berkendara.

Terbaik Pertama: Ga Chibi

Inilah pemenang pertama kompetisi kompetisi hackathon dengan tema otomotif pertama di Indonesia. Tim Ga Chibi terdiri atas Feby Eliana Tengry, Gabriel Bentara Raphael, dan Rizky Andyno Ramadhan dan berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp 50 juta.

Tim Ga Chibi mengembangkan aplikasi rental mobil dengan implementasi IoT bernama Rento!. Melalui aplikasi ini, ketiganya berupaya membantu pemilik mobil Toyota untuk menyewakan mobilnya dengan menggunakan sistem kunci mobil virtual.

Ketiga pemenang ini diharapkan mampu berkolaborasi dengan Toyota untuk menghadirkan produk teknologi digital yang mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam berkendara maupun bagi yang ingin memiliki kendaraan sendiri.

Ke depannya, Toyota akan menjalin kerja sama dan berkoordinasi lebih lanjut dengan para pemenang untuk mengintegrasikan fitur-fitur yang ada dengan produk Toyota saat ini.

Toyota juga tidak menutup kemungkinan untuk menjalin hubungan dengan para peserta lain yang belum menjadi pemenang, namun memiliki fitur dan keunggulan yang dibutuhkan oleh Toyota dalam meningkatkan kualitas layanan produknya.

related articles

FINAL TOYOTA FUN CODE 2019
News FINAL TOYOTA FUN CODE 2019 04 November 2019

Daftar Pemenang Toyota Fun/Code yang Bersaing Ketat di Babak Final HackDay…

KENDARAAN MASA DEPAN TOYOTA TMS 2019
News KENDARAAN MASA DEPAN TOYOTA TMS 2019 24 October 2019

Daftar Kendaraan dan Perangkat Mobilitas Toyota di TMS 2019 Toyota Motor…

Kontribusi Nyata Dari Toyota Untuk Indonesia Lewat Semangat Start Your Impossible
News Kontribusi Nyata Dari Toyota Untuk Indonesia… 24 October 2019

Setiap orang pasti pernah merasa memiliki limit dalam dirinya, tapi bagaimana…

Night Run Ramaikan Festival Avanza-Veloz Sebangsa di Kota Makassar
News Night Run Ramaikan Festival Avanza-Veloz Sebangsa… 21 October 2019

Night Run Ramaikan Festival Avanza-Veloz Sebangsa di Kota Makassar PT Toyota-Astra…

Pemenang Best of The Best Toyota Eco Youth ke-11 Mendapatkan Hadiah Eco Trip ke Jepang
News Pemenang Best of The Best Toyota… 14 October 2019

Pemenang Best of The Best Toyota Eco Youth ke-11 Mendapatkan Hadiah…

Pemenang Best of The Best Toyota Eco Youth ke-11 Mendapatkan Hadiah EcoTrip ke Jepang
News Pemenang Best of The Best Toyota… 14 October 2019

Pemenang Best of The Best Toyota Eco Youth ke-11 Mendapatkan Hadiah…

Toyota Connect

Tempat berbagai pengalaman sesama pengguna TOYOTA, temukan cerita menarik dari komunitas, lifestyle, technology, tips unik, travelling disini. Bagi penulis yang aktif akan mendapat apresiasi dari Toyota.

Toyota Astra Motor Indonesia

More from Toyota

Shopping Tools