Toyota Astra Motor Indonesia
Toyota Official Car Partner Asian Games 2018

Tak ada salahnya melakukan pengecekan rutin sendiri atau ke bengkel resmi sebelum melakukan perjalanan mudik, sehingga Anda tak perlu khawatir selama liburan.

Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata, mungkin sebagian dari Anda sudah melakukan perjalan mudik dan seagian lgi sedang bersiap-siap mudik ke kampung halaman.

Sebelum Anda berangkat, sudahkah Anda mengecek kondisi mobil secara keseluruhan? Ya, kondisi mobil yang prima membuat Anda tak perlu cemas selama perjalanan.

“Kondisi mobil yang prima akan membuat kita tenang mengemudi, tidak khawatir mobil akan mogok atau bermasalah selama di perjalanan,” ujar Indah Yuliana, Service Manager Auto2000 Cikarang.

Jika Anda tidak sempat melakukan pengecekan sendiri, Anda bisa mengunjungi bengkel resmi Toyota untuk melakukan pengecekan kondisi mobil secara keseluruhan.

“Kalau sudah melakukan servis berkala maka dipastikan mobil sudah siap dipakai untuk perjalanan jauh, namun jika belum sebaiknya langsung lakukan servis berkala sebelum berangkat,” kata Indah.

Jika mobil Anda mobil lawas yang sudah berumur lebih dari 8-10 tahun, pengecekan jadi hal yang amat penting agar kemungkinan mogok bisa dieliminir.

“Pada mobil lawas yang masih menggunakan karburator, platina, dan kondensor, biasanya kerap terjadi masalah di part itu. Namun kami siap mencarikan part tersebut jika dibutuhkan,” tuturnya.

Pengecekan yang penting dilakukan adalah bagian kolong mobil, “Kita cek apakah ada kebocoran atau rembesan oli entah dari gasket mesin, power steering, atau transmisi,” ujar Indah yang sudah lebih dari 4 tahun sebagai Service Manager Auto2000 Cikarang.

Selain itu bagian suspensi juga harus di cek, seperti karet-karet pada tierod, balljoin, boot as roda, boot rack steering, dan lainnya.

“Semisal ada kebocoran pada boot rack steering yang mengakibatkan oli power steering terus merembes, maka harus segera diganti agar olinya tidak mengotori bagian lain,” jelas Indah.

Kemudian pengecekan bagian lain seperti soket kelistrikan, “Di mobil lawas biasanya bagian seperti soket ini sudah mulai longgar atau bahkan ada yang sudah pecah, ini berbahaya…harus segera diganti,” tuturnya.

Intinya, jika Anda sudah melakukan servis berkala maka Anda bisa berlibur menggunakan mobil dengan hati dan pikiran yang tenang. Jika ingin beristirahat sambal mengecek mobil, silahkan daang ke Posko Siaga Toyota yang tersebar di 23 titik di seluruh Indonesia. 

related articles

TIPS PARKIR - Pintar Menyetir Belum Tentu Pintar Parkir
News TIPS PARKIR - Pintar Menyetir Belum… 16 August 2018

Meski sudah banyak pengemudi yang jam terbangnya cukup tinggi di jalan…

Jangan Sering Parkir Di Tempat Terbuka
News Jangan Sering Parkir Di Tempat Terbuka 16 August 2018

Mobil Anda sudah dilengkapi sunroof atau moonroof? Perhatikan hal-hal berikut ini…

Ini Alasan Pentingnya Merawat AC Secara Berkala
News Ini Alasan Pentingnya Merawat AC Secara… 16 August 2018

Tidak hanya mesin saja yang harus di servis berkala, AC pun…

Toyota Berhasil Meraih Penghargaan Booth Terfavorit Serta Sukses Memberikan Edukasi Teknologi Mobilitas dan Elektrifikasi di GIIAS 2018
News Toyota Berhasil Meraih Penghargaan Booth Terfavorit… 15 August 2018

Toyota berhasil memperoleh predikat sebagai booth terfavorit pada kategori luas booth…

YOUTUBE FAN FEST kembali hadir di tahun 2018
News YOUTUBE FAN FEST kembali hadir di… 14 August 2018

  DATANG dan KUNJUNGILAH YOUTUBE FAN FEST ROAD SHOW di beberapa…

Inilah Fitur-Fitur Mobil Yang Paling Berguna Untuk Pasar Indonesia
News Inilah Fitur-Fitur Mobil Yang Paling Berguna… 13 August 2018

Selain fitur-fitur standar bawaan mobil, fitur-fitur ini ternyata juga banyak kegunaannya…

Toyota Connect

Tempat berbagai pengalaman sesama pengguna TOYOTA, temukan cerita menarik dari komunitas, lifestyle, technology, tips unik, travelling disini. Bagi penulis yang aktif akan mendapat apresiasi dari Toyota.

Toyota Astra Motor Indonesia

More from Toyota

Shopping Tools