Toyota Astra Motor Indonesia

Mobil keluarga di kota besar banyak yang sudah menggunakan transmisi otomatis karena tidak perlu repot lagi menekan pedal kopling sehingga lebih nyaman. Apalagi kondisi yang dihadapi setiap harinya adalah kemacetan di jalan.

Transmisi mobil matik menggunakan oli sebagai pelumas. Uniknya, oli transmisi matik atau automatic transmission fluid (ATF) memiliki fungsi penting lain seperti pengendali kerja dari torque converter sebagai salah satu komponen utama.

ATF juga berfungsi untuk melepaskan panas dari komponen bergerak di transmisi matik. Makanya, begitu oli matik bermasalah, kerja transmisi langsung terganggu dan kerusakan akan merembet ke berbagai komponen yang biaya perbaikannya tidak murah.

Waktu penggantian oli matik

Oli transmisi otomatis dikenal memiliki masa pakai yang panjang, tapi ada yang menyarankan penggantian setiap sekitar 40.000–60.000 km tergantung kondisi pemakaian.

Mobil matik yang banyak dipakai di kota besar dengan tingkat kemacetan tinggi, usia pakai ATF-nya bisa lebih singkat dari rekomendasi.

Itu karena pengaruh suhu mesin tinggi saat macet membuat suhu oli matik ikut naik selama pemakaian sehingga mengakibatkan daya lubrikasi berkurang.

Begitu pula dampak gesekan kampas kopling dan plat besi saat kopling transmisi matik bekerja membuat timbulnya residu kotoran yang lambat laun akan menumpuk.

Alhasil oli matik menjadi kotor dan mengental. Kualitas oli matik yang buruk bakal memperpendek usia pakai transmisi matik dan mengakibatkan kerusakan serius pada transmisi.

Gejala oli matik bermasalah

jika oli benar-benar kotor, maka komponen-komponen transmisi tak berfungsi sebagaimana mestinya. Gigi transmisi tidak bisa berpindah atau bahkan, dalam kasus yang ekstrem, kendaraan tidak bisa jalan.

Gejala lainnya adalah transmisi ‘ngelos’ dengan tanda mobil tersendat sesaat setelah tarikan awal. Gejala lainnya yang bisa terjadi adalah perpindahan gigi yang sulit.

Selain itu, masalah pada oli bisa dikenali saat posisi gigi transmisi sulit berpindah dan hanya berada di tingkat tertentu, misalnya tiga atau satu. Meski mobil diperlambat atau dipercepat lajunya, posisi gigi tetap tak berubah mengikut torsi mesin.

Gejala lain yang umum terjadi adalah mobil tidak mampu atau tidak kuat diajak menanjak, terutama di tanjakan dengan kemiringan yang cukup besar. Bahkan tuas transmisi sudah digeser ke posisi 1 atau L dan pedal gas ditekan habis sekali pun.

Flushing oli matik

Selain mengganti oli transmisi matik secara teratur sesuai rekomendasi pabrikan, dalam jangka waktu tertentu pemilik mobil juga disarankan untuk melakukan pengurasan atau flushing oli matik.

Untuk mudahnya, setiap dua kali ganti oli matik, sebaiknya Anda juga melakukan flushing, atau sekitar 80.000 – 120.000 km sekali. Apalagi saat gejala oli matik bermasalah sudah terasa mengganggu.

Cara flushing atau menguras pertama masih dengan metode tradisional. Oli transmisi lama dibuang, kemudian dimasukkan sekitar 3 liter oli transmisi yang baru.

Setelahnya mobil dibawa berjalan sambil tuas transmisi dimainkan. Tidak perlu terlalu lama, yang penting seluruh bagian terlumasi dan oli bekerja sesuai peruntukannya. Buang oli tersebut dan ganti lagi dengan yang baru.

Apabila sudah dikuras untuk kedua kalinya, masukkan lagi 3 liter oli transmisi baru lainnya untuk melumasi komponen di dalamnya. Kemudian, mainkan lagi tuas transmisinya. Jika sudah terlihat bening, maka pengurasan sudah tidak perlu dilakukan lagi.

Cara kedua menggunakan alat penguras khusus yang biasa disebut ATF Changer. Alat ini bekerja menguras oli matik yang ada di dalam transmisi tanpa perlu menjalankan mobil. Prosesnya pun lebih singkat dan efisien.

related articles

FESTIVAL AVANZA VELOZ SEBANGSA MAKASSAR
Automotive FESTIVAL AVANZA VELOZ SEBANGSA MAKASSAR 20 October 2019

Night Run Ramaikan Festival Avanza-Veloz Sebangsa di Kota Makassar PT Toyota-Astra…

TOYOTA LQ HADIR DI TMS 2019
Automotive TOYOTA LQ HADIR DI TMS 2019 19 October 2019

Toyota LQ Siap Memberikan Ikatan Emosional Pada Penggunanya di Tokyo Motor…

ULTRA COMPACT BEV TMS 2019
Automotive ULTRA COMPACT BEV TMS 2019 18 October 2019

Perkenalkan, Inilah Ultra Compact BEV Yang Siap Dijual di Jepang Tahun…

GENERASI KEDUA TOYOTA MIRAI DI TMS 2019
Automotive GENERASI KEDUA TOYOTA MIRAI DI TMS… 17 October 2019

Toyota Mirai Generasi Kedua Siap Dipajang di Tokyo Motor Show 2019…

Solusi Cerdas Berkendara Dengan Toyota Drive
Automotive Solusi Cerdas Berkendara Dengan Toyota Drive 16 October 2019

Pernah merasa khawatir untuk ganti kendaraan lama? Kondisi fisik mobil tentu…

Upgrade Mobil Sekarang Lebih Untung!
Automotive Upgrade Mobil Sekarang Lebih Untung! 16 October 2019

Toyota Drive hadir sebagai solusi untuk Anda dalam menjawab segala masalah…

Toyota Connect

Tempat berbagai pengalaman sesama pengguna TOYOTA, temukan cerita menarik dari komunitas, lifestyle, technology, tips unik, travelling disini. Bagi penulis yang aktif akan mendapat apresiasi dari Toyota.

Toyota Astra Motor Indonesia

More from Toyota

Shopping Tools