New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp582.200.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp630.300.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp410.800.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp243.000.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp297.200.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

news_1891

TGR Siap Tampil di Seri WEC Portugal Sekaligus Tandai Partisipasi ke-100 di Balap Ketahanan Dunia

TGR Siap Tampil di Seri WEC Portugal Sekaligus Tandai Partisipasi ke-100 di Balap Ketahanan Dunia

Perhelatan World Endurance Championship (WEC) 2021 di Sirkuit Portimao Portugal menandai balapan ke-100 Toyota di tingkat teratas balap ketahanan kelas dunia.

Sejak debut mobil balap Toyota 83C di Fuji 1.000 Km pada Oktober 1983, Toyota telah berpartisipasi dalam 99 balapan kejuaraan dunia.

Menyusul kemenangan bersejarah pertama hypercar di Spa-Francorchamps Belgia, TOYOTA GAZOO Racing (TGR) menghadapi rival baru dari Scuderia Cameron Glickenhaus bersama dengan tim Alpine.

Sébastien Buemi, Kazuki Nakajima dan Brendon Hartley yang mengendarai Toyota GR010 HYBRID #8 memimpin klasemen pembalap setelah menang di Spa.

Sementara pembalap Mike Conway, Kamui Kobayashi dan José María López di #7 memulai jalan mempertahankan gelar mereka di posisi ketiga.

Portimao adalah tempat baru untuk WEC dan oleh karena itu menjadi sirkuit berbeda ke-21 dimana Toyota telah berpartisipasi dalam balap ketahanan dunia sejak balapan pertama di tahun 1983.

Debut pertama Toyota 83C di kelas C menempatkan Kaoru Hoshino, Keiji Matsumoto dan pemenang Le Mans masa depan Masanori Sekiya di peringkat kesembilan.

Sementara rekannya Derek Daly, Geoff Lees dan Toshio Suzuki tidak dapat ikut serta setelah kecelakaan waktu latihan.

Melalui kerja keras, semangat tim dan continuous improvement, kinerja tim balap Toyota tahun-tahun berikutnya terus meningkat.

Toyota memenangkan balapan kejuaraan dunia pertamanya mengandalkan TS010 di Monza pada tahun 1992, setelah turun selama 3 musim balap.

Sejak kemenangan pertama itu, Sébastien telah meraih kemenangan terbanyak. Ia menang 18 kali dan berpartisipasi dalam lebih banyak balapan untuk Toyota daripada siapa pun dengan rekor 60 balapan sebelum Portimao.

Mobil balap Toyota telah memenangkan 31 dari 99 lomba balap ketahanan dunia mereka sejauh ini, finish di podium di lebih dari setengah balapan tersebut dengan total gabungan 78 podium dalam 56 balapan.

Target tim TGR adalah untuk menambah catatan mengesankan tersebut di Portugal.

Meskipun Portimao adalah tempat baru untuk WEC, namun TGR cukup mengenalnya karena telah menggunakan trek sepanjang 4.684 km di wilayah Algarve sebagai tempat pengujian reguler selama beberapa tahun.

Tim TGR terakhir mengunjungi Portimao pada bulan Desember 2020 ketika GR010 HYBRID menyelesaikan uji ketahanan pertamanya.

Dengan tidak ada perubahan yang diizinkan untuk kelas Hypercars selama satu musim, GR010 HYBRID akan memiliki spesifikasi yang identik dengan yang dilombakan di Spa.

Namun demikian, para insinyur di Cologne dan Higashi-Fuji telah menghabiskan waktu lima minggu terakhir untuk mengoptimalkan pengaturan dan strategi kontrol sambil menangani masalah teknis yang dialami di Belgia.

Setelah menempuh perjalanan tiga hari dengan truk dari Cologne, GR010 HYBRID akan menjalani pemeriksaan dan persiapan akhir pada Kamis, sebelum latihan pertama pada Jumat sore.

Sabtu adalah hari yang sibuk untuk latihan dan kualifikasi serta mengatur grid balapan hari Minggu yang dimulai pukul 11 ​​pagi waktu setempat.

img1


Back to top