All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.381.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp998.600.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp442.200.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp647.300.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp607.800.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp281.900.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp363.200.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp237.100.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp290.700.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp799.300.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp937.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp164.700.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

news_3711

Toyota-Astra Motor Dinobatkan Sebagai "Top Digital Public Relations 2023" Melalui Aktivitas Komunikasi di Media Ciber dan Media Sosial

Toyota-Astra Motor Dinobatkan Sebagai "Top Digital Public Relations 2023" Melalui Aktivitas Komunikasi di Media Ciber dan Media Sosial

PT Toyota-Astra Motor (TAM) berhasil meraih penghargaan Indonesia Top Digital Public Relations Award 2023 untuk kategori perusahaan otomotif roda empat (mobil) yang mempunyai skor tertinggi dalam aktivitas digital melalui media ciber dan media sosial.

Penghargaan ini diberikan oleh TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan INFOBRAND.ID, pada 28 Februari 2023, di Jakarta. Pemenang penghargaan didasarkan hasil riset Top Digital PR Index 2023 yang dilakukan pada bulan November 2022 – Januari 2023, terhadap lebih dari 1.000 brand dari 140 kategori brand teriset di Indonesia.

Riset tersebut menggunakan tiga parameter penilaian digital yaitu: Digital Media Aspect, Social Engagement Aspect, dan Digital Mention Aspect.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, menyebutkan bahwa masyarakat semakin kritis. Sebagai contoh, sebelum memutuskan model dan brand tertentu saat ingin membeli mobil, orang-orang cenderung memanfaatkan digital channel seperti official website maupun social media dan blog/forum untuk mendapatkan referensi dan informasi sebanyak-banyaknya.

“Toyota menyesuaikan strategi komunikasi masing-masing produk dan layanan yang dimiliki sehingga sasaran tarket komunikasinya pun diharapkan menjadi lebih tepat. Kami menggarap dan memperkuat platform online tanpa meninggalkan media konvensional,” jelas Anton.

Anton menjelaskan bahwa dengan melakukan sinergi antara kedua hal tadi, maka diharapkan dapat makin memaksimalkan komunikasi yang baik dan menjalin engagement dengan publik, khususnya pelanggan Toyota. Sehingga mereka mempunyai akses yang cepat dan mudah tentang produk, teknologi, servis, dan program-program menarik Toyota.

Langkah TAM dalam memperkuat platform online sudah dilakukan sejak lama. Dimulai dari pembentukan official website www.toyota.astra.co.id pada tahun 1996, di mana TAM bisa dibilang sebagai pioneer dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

TAM juga menaruh perhatian besar pada perkembangan social media, baik melalui Facebook (ToyotaID) yang saat ini sudah mempunyai lebih dari 3,3 juta likes, Instagram (toyotaid) dengan followers lebih dari 537 ribu, Twitter (@ToyotaID) dengan followers lebih dari 182 ribu, serta channel Youtube (ToyotaIndonesia) dengan jumlah subscribers lebih dari 669 ribu.

Website dan social media tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu strategi bagi Toyota dalam memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan informasi mengenai produk, teknologi, dan layanan Toyota, serta membangun engagement antara Toyota dan pelanggan.

Platform digital Toyota lainnya yang digunakan sebagai media komunikasi dengan pelanggan adalah mTOYOTA yaitu mobile application yang bisa diakses oleh pelanggan untuk mendapatkan informasi tentang Toyota, Toyota Live Showroom untuk melihat-lihat produk Toyota dan meminta advice langsung ke Toyota advisor atau salesforce seolah-olah seperti mampir di dealernya langsung.

Toyota Official Store Solution (TOSS) sistem terintegrasi di mana pelanggan bisa beli mobil baru, aksesoris, atau paket servis kapan saja dengan mudah, aman, dan nyaman, Halobeng untuk konsultasi secara online tentang perawatan kendaraan Toyota, serta TARRA (Toyota Interactive Virtual Assistant) yang merupakan chatbot dari Toyota. Serta bagi rekan-rekan jurnalis, TAM juga menyediakan website khusus https://pressroomtoyotaastra.com yang berisi berbagai informasi pemberitaan terkini tentang Toyota.

“Kami memantau platform digital Toyota sehingga dapat mengetahui bagaimana persepsi pelanggan tentang produk, teknologi, dan layanan Toyota, serta dapat mengetahui isu-isu yang berkembang sehingga kami dapat memberikan respons lebih cepat terhadap kebutuhan pelanggan,” kata Dimas Ibrahim Aska, Head of Interactive Communication PT Toyota-Astra Motor.


Back to top