All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.381.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp998.600.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp442.200.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp647.300.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp607.800.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp281.900.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp363.200.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp237.100.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp290.700.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp799.300.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp937.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp164.700.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

news_1852

TOYOTA GAZOO Racing Meraih Podium Juara 1 dan 3 Balap Ketahanan Dunia di Sirkuit Spa Belgia

TOYOTA GAZOO Racing Meraih Podium Juara 1 dan 3 Balap Ketahanan Dunia di Sirkuit Spa Belgia

TOYOTA GAZOO Racing (TGR) memulai era hypercar di FIA World Endurance Championship (WEC) dengan kemenangan bersejarah di ajang Total 6 Hours of Spa-Francorchamps, Belgia.

Sebuah awal yang menggembirakan di awal musim lomba balap ketahanan 2021 dimana TGR berlaga di kelas baru Le Mans Hypercar (LMH).

Sébastien Buemi, Kazuki Nakajima dan Brendon Hartley mendapatkan tempat di catatan rekor setelah pertempuran dramatis dan menegangkan karena sukses membawa GR010 HYBRID #8 mengatasi tantangan dari Alpine #36 di urutan kedua dan rekan satu tim mereka sendiri di mobil #7.

Balapan yang Seru dan Penuh Drama

Dalam perlombaan yang penuh insiden, juara dunia Mike Conway, Kamui Kobayashi dan José María López memulai dari posisi terdepan di GR010 HYBRID #7 mereka dan telah menantang untuk meraih kemenangan tetapi finis ketiga setelah beberapa masalah.

Hasil tersebut menandai kemenangan kelima berturut-turut TOYOTA GAZOO Racing di Belgia saat memulai tantangannya untuk hat-trick di ajang WEC.

Ketika bendera hijau dikibarkan untuk memulai era baru WEC, Mike memimpin di antara 31 mobil rival, dengan Sébastien di belakangnya pada lap pembukaan.

GR010 HYBRID #8 memimpin pada lap 11 di saat bersamaan sepasang GR010 HYBRID ditempel oleh Alpine #36 dengan ketat.

Saat pit stop pertama mendekat, terjadi kejadian dramatis di kubu TGR.

Mike membawa #7 ke pit dan kehilangan waktu ketika mobil tidak pergi dengan bersih, sebelum akhirnya Sébastien kembali masuk ke pit satu putaran kemudian.

Di akhir perhentian itu, nosel bahan bakar dicabut dari #8 sebelum waktu pengisian bahan bakar minimum 35 detik berlalu.

Hal itu melanggar peraturan baru dan mengakibatkan penalti 30 detik yang dijalankan di pit stop berikutnya ketika Brendon mengganti ban baru.

Toyota GR010 HYBRID #7 membutuhkan isi ulang bahan bakar ketika Mike menyerahkan kepada José dan Alpine #36  mengambil alih di depan.

Pada jarak setengah balapan, José mendekati dan hanya beberapa detik di belakang dengan Brendon berada di posisi ketiga mengemudikan GR010 HYBRID #8.

Pertempuran kelas Hypercar yang seru dan menegangkan tidak menunjukkan tanda-tanda mereda, begitu pula drama yang mengikuti.

Jose melakukan kontak dengan mobil GT sehingga sedikit merusak bodywork bagian depan.

Kemudian dengan hanya dua jam tersisa, GR010 HYBRID #7 meluncur keluar jalur dan terjebak di kerikil sehingga  membutuhkan kendaraan penyelamat untuk memulihkannya sebelum melanjutkan di urutan ketiga.

Itu membuat Kazuki di #8 memburu Alpine #36 untuk merebut podium pertama, sementara Kamui mengalami kemunduran lebih lanjut ketika #7 diberi penalti drive-through untuk kontak sebelumnya dengan mobil GT.

Setelah pitstop terakhir, Sébastien yang memimpin #8 memiliki jeda waktu lumayan sekitar satu menit di depan Alpine dan membawa mobil dengan aman hingga garis finish dengan selisih waktu 1 menit 7.196 detik dari #36, dimana Kamui membawa #7 finish satu putaran di belakang.

Pertempuran akan dilanjutkan di Portugal bulan depan ketika 8 Hours of Portimao perdana berlangsung pada 13 Juni 2021.

img2


Back to top