All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.381.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp998.600.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp442.200.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp647.300.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp607.800.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp281.900.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp363.200.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp237.100.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp290.700.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp799.300.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp937.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp164.700.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

news_1386

TOYOTA GAZOO Racing Raih Podium Satu-Dua Lomba Balap Ketahanan Dunia di Sirkuit Spa Belgia

TOYOTA GAZOO Racing Raih Podium Satu-Dua Lomba Balap Ketahanan Dunia di Sirkuit Spa Belgia

Akhirnya, setelah sekian lama dihentikan lantaran pandemi COVID-19, lomba balap ketahanan dunia (World Endurance Championship/WEC) kembali digelar di sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia pada 15 Agustus 2020.

TOYOTA GAZOO Racing (TGR) langsung kembali ke jalur kemenangan di ajang balap ketahanan ini dengan kemenangan satu-dua di laga Total 6 Hours of Spa-Francorchamps yang berlangsung dramatis karena hujan.

Pembalap TS050 HYBRID #7 yakni Mike Conway, Kamui Kobayashi dan José María López berhasil mengatasi handicap bobot mobil maksimum dengan memperpanjang keunggulan mereka menjadi 12 poin dengan dua balapan tersisa.

Mereka mendapatkan tekanan kuat dari rekan setim Sébastien Buemi, Kazuki Nakajima dan Brendon Hartley, di TS050 HYBRID #8, yang finis 34.170 detik di belakang.

Artinya, TGR meraih podium satu-dua keempat musim ini, memperpanjang keunggulannya di klasemen tim menjadi 42 poin di atas Rebellion, yang menyelesaikan lomba satu putaran di belakang dan berada di urutan ketiga.

Hujan Sepanjang Lomba

Setelah berhari-hari di bawah sinar matahari dan suhu tinggi, cuaca Spa tetiba berubah saat hujan melanda lebih dari satu jam sebelum start, disertai badai yang menyebabkan perlombaan dimulai di belakang safety car.

Di putaran kelima, TS050 HYBRID langsung mengambilalih posisi terdepan dari Rebellion #1.

Kondisi terus berkembang dan di pit stop pertama mendekati tanda satu jam, kru TGR #8 tetap menggunakan ban basah Michelin, sedangkan Mike di #7 memilih ban kering.

Ketika safety car kembali masuk setelah kecelakaan di kelas GT, jelas bahwa kondisi tersebut mendukung penggunaan ban kering.

Sébastien melepaskan keunggulannya untuk mengganti ban dan TGR #7 langsung memimpin satu-dua untuk TGR. Tapi hujan tetap turun dan balapan memasuki jam ke-2 dimana kedua pembalap TGR konsisten memakai ban basah.

Saat itu, TGR #7 dengan Kamui di belakang kemudi memimpin dari Brendon di #8 sejauh satu menit, dengan Bykolles #4 satu menit lebih jauh di belakang di urutan ketiga.

Ketika hujan semakin deras, safety car kembali masuk sehingga menghilangkan keunggulan TS050 HYBRID #7. Keberuntungan datang ketika Brendon membuang waktu sekitar setengah menit saat meninggalkan pit karena masalah dan mengembalikan keuntungan mobil #7.

TGR Podium Satu-Dua

Saat sepertiga terakhir balap ketahanan 6 jam Spa, memungkinkan José dan Kazuki untuk menjalankan tugas mereka dengan ban kering.

Balapan memasuki jam terakhirnya di bawah safety car, membawa Kazuki mengikuti José dan menyiapkan duel yang menegangkan menuju pit stop terakhir.

José memimpin di bawah tekanan berat dan kedua kru pit melakukan servis pada mobil dalam waktu yang hampir sama, dengan #7 masuk ke pit satu putaran setelah mobil saudaranya.

Mike berada di balik kemudi dan melihat sisa 40 menit, diikuti Sébastien di posisi kedua melewati garis finish 34.170 detik di belakang pemenang.

WEC 2019-2020 bersiap untuk balapan terbesar tahun ini, Le Mans 24 Hours, dimana TGR akan mengincar kemenangan ketiga berturut-turut dalam penampilan terakhir TS050 HYBRID di Prancis yang akan berlangsung pada 19- 20 September 2020.

img1

 


Back to top