
07/09/2020
TOYOTA GAZOO Racing Raih Podium Satu-Dua Lomba Balap Ketahanan Dunia di Sirkuit Spa Belgia
TOYOTA GAZOO Racing Raih Podium Satu-Dua Lomba Balap Ketahanan Dunia di Sirkuit Spa Belgia
Akhirnya, setelah sekian lama dihentikan lantaran pandemi COVID-19, lomba balap ketahanan dunia (World Endurance Championship/WEC) kembali digelar di sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia pada 15 Agustus 2020.
TOYOTA GAZOO Racing (TGR) langsung kembali ke jalur kemenangan di ajang balap ketahanan ini dengan kemenangan satu-dua di laga Total 6 Hours of Spa-Francorchamps yang berlangsung dramatis karena hujan.
Pembalap TS050 HYBRID #7 yakni Mike Conway, Kamui Kobayashi dan José María López berhasil mengatasi handicap bobot mobil maksimum dengan memperpanjang keunggulan mereka menjadi 12 poin dengan dua balapan tersisa.
Mereka mendapatkan tekanan kuat dari rekan setim Sébastien Buemi, Kazuki Nakajima dan Brendon Hartley, di TS050 HYBRID #8, yang finis 34.170 detik di belakang.
Artinya, TGR meraih podium satu-dua keempat musim ini, memperpanjang keunggulannya di klasemen tim menjadi 42 poin di atas Rebellion, yang menyelesaikan lomba satu putaran di belakang dan berada di urutan ketiga.
Hujan Sepanjang Lomba
Setelah berhari-hari di bawah sinar matahari dan suhu tinggi, cuaca Spa tetiba berubah saat hujan melanda lebih dari satu jam sebelum start, disertai badai yang menyebabkan perlombaan dimulai di belakang safety car.
Di putaran kelima, TS050 HYBRID langsung mengambilalih posisi terdepan dari Rebellion #1.
Kondisi terus berkembang dan di pit stop pertama mendekati tanda satu jam, kru TGR #8 tetap menggunakan ban basah Michelin, sedangkan Mike di #7 memilih ban kering.
Ketika safety car kembali masuk setelah kecelakaan di kelas GT, jelas bahwa kondisi tersebut mendukung penggunaan ban kering.
Sébastien melepaskan keunggulannya untuk mengganti ban dan TGR #7 langsung memimpin satu-dua untuk TGR. Tapi hujan tetap turun dan balapan memasuki jam ke-2 dimana kedua pembalap TGR konsisten memakai ban basah.
Saat itu, TGR #7 dengan Kamui di belakang kemudi memimpin dari Brendon di #8 sejauh satu menit, dengan Bykolles #4 satu menit lebih jauh di belakang di urutan ketiga.
Ketika hujan semakin deras, safety car kembali masuk sehingga menghilangkan keunggulan TS050 HYBRID #7. Keberuntungan datang ketika Brendon membuang waktu sekitar setengah menit saat meninggalkan pit karena masalah dan mengembalikan keuntungan mobil #7.
TGR Podium Satu-Dua
Saat sepertiga terakhir balap ketahanan 6 jam Spa, memungkinkan José dan Kazuki untuk menjalankan tugas mereka dengan ban kering.
Balapan memasuki jam terakhirnya di bawah safety car, membawa Kazuki mengikuti José dan menyiapkan duel yang menegangkan menuju pit stop terakhir.
José memimpin di bawah tekanan berat dan kedua kru pit melakukan servis pada mobil dalam waktu yang hampir sama, dengan #7 masuk ke pit satu putaran setelah mobil saudaranya.
Mike berada di balik kemudi dan melihat sisa 40 menit, diikuti Sébastien di posisi kedua melewati garis finish 34.170 detik di belakang pemenang.
WEC 2019-2020 bersiap untuk balapan terbesar tahun ini, Le Mans 24 Hours, dimana TGR akan mengincar kemenangan ketiga berturut-turut dalam penampilan terakhir TS050 HYBRID di Prancis yang akan berlangsung pada 19- 20 September 2020.
