New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.150.000.000

Explore Get Your Offer
All New GR Corolla

All New GR Corolla

Starting FromRp1.360.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.407.300.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.016.800.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp448.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp659.700.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp621.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp283.700.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp369.900.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp239.700.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp292.900.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp809.800.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp945.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp167.300.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

news_4945GAZOO RACINGNEWS & EVENT

TOYOTA GAZOO Racing Siap Menghadapi Tantangan Terbesar di Ajang Balap Ketahanan Legendaris Le Mans 24 Jam

TOYOTA GAZOO Racing Siap Menghadapi Tantangan Terbesar di Ajang Balap Ketahanan Legendaris Le Mans 24 Jam

TOYOTA GAZOO Racing (TGR) siap menghadapi tantangan besar Le Mans 24 Jam pada 15-16 Juni 2024 dengan target kemenangan keenamnya dalam balapan legendaris di Prancis, sekaligus merupakan Seri ke-4 World Endurance Championship (WEC) 2024.

Sebagai juara dunia dengan lima kemenangan dalam enam lomba terakhir, TGR telah mempersiapkan diri secara matang untuk putaran ke-92 Le Mans 24 Jam. Pembalap, engineer, dan mekanik siap memanfaatkan semangat tim yang kuat dan bergabung dalam pertempuran epik demi meraih gelar juara di Circuit de La Sarthe.

TOYOTA GAZOO Racing akan menurunkan dua mobil yang bertarung di Kelas Hypercar berkekuatan 23 pembalap bersama Alpine, BMW, Cadillac, Ferrari, Isotta Fraschini, Lamborghini, Peugeot dan Porsche di kelas paling bergengsi dan terbesar di Le Mans abad ke-21.

Mike Conway, Kamui Kobayashi dan Nyck de Vries sebagai pemenang di Imola, akan mengendarai GR010 HYBRID #7. Sementara Sébastien Buemi, Brendon Hartley dan Ryo Hirakawa sebagai pemegang gelar juara dunia tahun lalu, bersaing menggunakan GR010 HYBRID #8.

Lima dari enam pembalap TGR sudah berdiri di puncak podium Le Mans. Sébastien memiliki empat kemenangan, sementara Brendon memiliki tiga kemenangan. Mike, Kamui dan Ryo adalah pemenang satu kali, sementara Nyck melakukan debut setelah berkompetisi empat kali di LMP2.

Kamui memegang lap tercepat di Circuit de la Sarthe sepanjang 13,626 km, sementara Mike adalah pemegang rekor lap balapan.

Toyota memulai debutnya di Le Mans hampir 40 tahun yang lalu pada tahun 1985, dan sejak itu telah meraih lima kemenangan, 17 podium dan delapan pole position. Toyota menyelesaikan lebih dari 16.000 putaran balap, setara dengan lebih dari lima kali keliling bumi.

Kazuki Nakajima, Wakil Ketua TOYOTA GAZOO Racing Europe dan satu dari sepuluh pembalap yang memenangkan Le Mans tiga tahun berturut-turut, telah diberi peran sebagai Grand Marshal untuk acara tahun ini oleh Automobile Club de l'Ouest.

Sebuah kehormatan yang mencakup memimpin pembalap pada formation lap untuk balapan pada hari Sabtu 15 Juni di depan lebih dari 300.000 penonton yang diperkirakan akan hadir.

Sejak Le Mans 24 Hours pertama pada tahun 1923, balapan ini telah menjadi ajang pameran teknologi otomotif terkini dan perintis inovasi yang relevan dengan jalan raya. Sejak kembali pada tahun 2012, Toyota telah berkompetisi secara eksklusif dengan powertrain hybrid yang menekankan komitmen untuk mengembangkan ever-better hybrid car melalui balap ketahanan.

GR010 HYBRID spesifikasi 2024 dilengkapi motor listrik bertenaga 272PS di roda depan untuk menghasilkan penggerak empat roda, bersama mesin V6 3.500 cc twin-turbo bertenaga total 680 PS yang menggunakan 100% biofuel terbarukan.

Selain menggunakan teknologi terkini di lintasan, TGR juga memperkenalkan teknologi baru kepada para penggemar di sisi sirkuit. Tahun lalu pada preview potensi masa depan Le Mans, Toyota memperkenalkan mesin hidrogen GR H2 Racing Concept.

Para penggemar dapat melihat lebih dekat GR010 HYBRID pada hari Sabtu 8 Juni, ketika kedua mobil balap mengikuti sccrutineering di pusat Le Mans. Selanjutnya, salah satu GR010 HYBRID ambil bagian dalam prosesi sepanjang 2,1 km melintasi kota. Tes resmi pada hari berikutnya menampilkan aksi selama enam jam.

Latihan dimulai dengan dua sesi pada hari Rabu 12 Juni, dilanjutkan dua sesi kualifikasi ketika delapan mobil tercepat dari setiap kelas melaju ke Hyperpole pada hari Kamis. Setelah parade pembalap hari Jumat, balapan dimulai pada hari Sabtu 15 Juni pukul 4 sore.

TOYOTA GAZOO Racing menawarkan kesempatan kepada penggemar dari seluruh dunia untuk menyaksikan lebih jauh pertarungan di Le Mans, termasuk informasi tentang tim langsung dari dua GR010 HYBRID, melalui situs web khusus https://toyotagazooracing.com/wec/special/2024/24h-lemans/.


Back to top