- TOYOTA ELECTRIFIED
-
-
- Vehicles
- Shopping
Tools - After
Sales -
- Others
Toyota Global
01/10/2019
TOYOTA GAZOO Racing kembali ke Jepang untuk mempertahankan kemenangan beruntun keempat di kandang dalam balap ketahanan 6 jam di sirkuit Fuji Speedway, yang merupakan putaran kedua FIA World Endurance Championship (WEC) musim 2019-2020.
Sejak kemenangan terakhir tim di kandang tersebut, TOYOTA GAZOO Racing telah memenangkan balap ketahanan di sirkuit Le Mans untuk kedua kalinya dan meraih gelar combo Kejuaraan Dunia tim dan pembalap tahun 2018-2019.
Artinya, tim TOYOTA GAZOO Racing menuju ke Jepang membawa bekal enam kemenangan balapan berturut-turut, termasuk kemenangan pertama musim ini di sirkuit Silverstone, Inggris bulan lalu.
Pembalap TOYOTA GAZOO Racing bermodalkan Toyota HYBRID #7 TS050 yakni Mike Conway, Kamui Kobayashi dan José María López meraih poin maksimum di Inggris setelah pertempuran empat jam yang menegangkan dan menguras tenaga.
Sebagai pemimpin kejuaraan, mereka akan mendapatkan handicap tambahan waktu maksimum 1,4 detik per putaran. Sementara Sébastien Buemi, Kazuki Nakajima dan Brendon Hartley yang menggunakan mobil #8 dihukum satu detik per putaran.
Handicap tersebut merupakan tambahan dari aturan Equivalence of Technology yang sudah lebih dulu ada. Dimana kedua mobil balap ketahanan andalan Toyota mendapatkan ekstra bobot 108 kg lebih berat dari pesaing di kelas LMP1 yang non-hybrid.
Sebagai tambahan, para rival juga diijinkan untuk menggunakan bahan bakar lebih banyak hingga 61% ketimbang jagoan Toyota.
Itu berarti para pecinta balap di Jepang, beberapa di antaranya merupakan bagian dari pusat pengembangan mobil balap WEC Toyota di Pusat Teknis Higashi-Fuji di dekat sirkuit, dapat mengharapkan balapan yang menarik dan seru.
Apalagi tim balap TOYOTA GAZOO Racing akan mempertahankan rekor nyaris sempurna di Fuji Speedway sejak kembali ke kompetisi WEC pada 2012, yang telah memenangkan setiap balapan kecuali tahun 2015.
Perlombaan akhir pekan ini merupakan peluang emas bagi TS050 HYBRID yang ikonik untuk bersaing terakhir kalinya di Jepang. Fuji Speedway memiliki tempat khusus dalam sejarah mobil balap ketahanan Toyota.
Pada tahun 2016, ketika Kamui Kobayashi meraih kemenangan yang menegangkan bersama Mike Conway dan Stéphane Sarrazin. Mobil yang telah memenangkan total 14 balapan WEC sejak saat itu, tidak terkalahkan di Fuji Speedway.
Latihan dimulai pada hari Jumat dalam tiga jam latihan yang dibagi menjadi dua sesi sebelum kualifikasi pada hari Sabtu. Balapan dimulai jam 11 pagi untuk kembali ke format balap WEC enam jam setelah pembukaan musim di Silverstone selama 4 jam.
"Saya suka balapan di Fuji Speedway, bukan hanya karena merupakan balapan di rumah, dan kami telah memiliki banyak kesuksesan di sana selama bertahun-tahun,” tegas Mike Conway, pembalap TOYOTA GAZOO Racing #7.
“Sangat menyenangkan melihat semua orang di sini mengembangkan mobil balap kami dan merupakan pengalaman yang menyenangkan,” lanjutnya.
“Ini adalah race terakhir bagi TS050 HYBRID untuk balapan di sirkuit tuan rumah, jadi saya berharap ini adalah akhir pekan yang spesial untuk para penggemar,” tutupnya bersemangat.