All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.381.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp998.600.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp442.200.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp647.300.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp607.800.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp281.900.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp363.200.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp237.100.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp290.700.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp799.300.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp937.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp164.700.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

news_1246

Toyota Perkenalkan Fitur Baru Untuk Mencegah Kecelakaan Serius Akibat Salah Menginjak Pedal Gas

Toyota Perkenalkan Fitur Baru Untuk Mencegah Kecelakaan Serius Akibat Salah Menginjak Pedal Gas

Toyota mengumumkan telah mengembangkan Acceleration Suppression System, di samping sistem yang sudah ada, untuk membantu mencegah kecelakaan serius dan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan penerapan pedal akselerator atau pedal gas.

Pada 1 Juli 2020, Toyota meluncurkan sistem ini sebagai fitur Plus Support untuk mobil baru dan menambahkan fungsi di perangkat Pedal Misapplication Acceleration Control System II untuk digunakan oleh mobil yang sudah ada, seperti Prius dan Prius PHEV.

Toyota telah memperkenalkan Intelligent Clearance Sonar (ICS) untuk kendaraan baru pada tahun 2012, dan sejak tahun 2018 telah meluncurkan fitur Pedal Misapplication Acceleration Control System untuk kendaraan produksi masal.

Sistem ini membantu mencegah kecelakaan yang disebabkan oleh kesalahan penerapan pedal akselerator atau pedal gas ketika sensor mendeteksi hambatan seperti dinding atau kaca di depan atau belakang mobil.

Menurut data yang dikumpulkan oleh Toyota, ICS membantu mencegah sekitar 70 persen dari semua potensi kecelakaan yang dapat terjadi akibat kesalahan saat menginjak pedal gas secara tiba-tiba sehingga mobil loncat dan menabrak penghalang.

Namun, teknologi baru perlu dikembangkan untuk mengurangi jumlah kecelakaan yang tersisa, termasuk kecelakaan dalam situasi dimana hambatan tidak ada tapi tetap ada potensi kesalahan dari pengemudi ketika menekan pedal gas.

Pada fase pengembangan, Toyota berupaya untuk melihat penyebab sebenarnya kecelakaan untuk menentukan bahwa kecelakaan tersebut disebabkan oleh kesalahan penerapan pedal akselerator, terutama menganalisa situasi saat pedal akselerator ditekan sepenuhnya.

Karakteristik dari situasi ini kemudian dibandingkan dengan big data yang dikumpulkan dari kendaraan yang menggunakan sistem Toyota Connected untuk membaca proses terjadinya kecelakaan.

Dengan membandingkan data dimana pedal akselerator ditekan penuh karena ada kebutuhan, misalnya saat keluar dari tikungan, Toyota dapat mengidentifikasi dan menghitung contoh kesalahan penerapan pedal akselerator.

Pada gilirannya, fitur ini memungkinkan pengaturan fungsi untuk mengurangi jumlah kecelakaan yang disebabkan oleh kesalahan penerapan pedal akselerator dengan mengendalikan kecepatan mobil walaupun tidak ada penghalang.

Prinsip kerjanya, sistem akan menyalakan alarm peringatan dan membatasi distribusi tenaga sehingga laju mobil tertahan saat diyakini ada kesalahan dalam menekan pedal akselerator, terutama ketika pedal gas diinjak habis padahal dideteksi tidak ada kebutuhan untuk itu guna mereduksi potensi kecelakaan serius.

Acceleration Suppression System tidak akan bekerja saat pengemudi mengaktifkan tuas sein untuk belok atau menyalip, melaju di jalan menanjak, atau setelah menginjak pedal rem seperti ketika baru start di persimpangan jalan.

Bersama fitur ICS, diharapkan potensi terjadinya kecelakaan fatal yang menelan korban jiwa dapat ditekan semaksimal mungkin, terutama di area tertentu seperti di parkiran mal atau tempat lainnya.

 


Back to top