
15/07/2020
Toyota Perkenalkan Fitur Baru Untuk Mencegah Kecelakaan Serius Akibat Salah Menginjak Pedal Gas
Toyota Perkenalkan Fitur Baru Untuk Mencegah Kecelakaan Serius Akibat Salah Menginjak Pedal Gas
Toyota mengumumkan telah mengembangkan Acceleration Suppression System, di samping sistem yang sudah ada, untuk membantu mencegah kecelakaan serius dan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan penerapan pedal akselerator atau pedal gas.
Pada 1 Juli 2020, Toyota meluncurkan sistem ini sebagai fitur Plus Support untuk mobil baru dan menambahkan fungsi di perangkat Pedal Misapplication Acceleration Control System II untuk digunakan oleh mobil yang sudah ada, seperti Prius dan Prius PHEV.
Toyota telah memperkenalkan Intelligent Clearance Sonar (ICS) untuk kendaraan baru pada tahun 2012, dan sejak tahun 2018 telah meluncurkan fitur Pedal Misapplication Acceleration Control System untuk kendaraan produksi masal.
Sistem ini membantu mencegah kecelakaan yang disebabkan oleh kesalahan penerapan pedal akselerator atau pedal gas ketika sensor mendeteksi hambatan seperti dinding atau kaca di depan atau belakang mobil.
Menurut data yang dikumpulkan oleh Toyota, ICS membantu mencegah sekitar 70 persen dari semua potensi kecelakaan yang dapat terjadi akibat kesalahan saat menginjak pedal gas secara tiba-tiba sehingga mobil loncat dan menabrak penghalang.
Namun, teknologi baru perlu dikembangkan untuk mengurangi jumlah kecelakaan yang tersisa, termasuk kecelakaan dalam situasi dimana hambatan tidak ada tapi tetap ada potensi kesalahan dari pengemudi ketika menekan pedal gas.
Pada fase pengembangan, Toyota berupaya untuk melihat penyebab sebenarnya kecelakaan untuk menentukan bahwa kecelakaan tersebut disebabkan oleh kesalahan penerapan pedal akselerator, terutama menganalisa situasi saat pedal akselerator ditekan sepenuhnya.
Karakteristik dari situasi ini kemudian dibandingkan dengan big data yang dikumpulkan dari kendaraan yang menggunakan sistem Toyota Connected untuk membaca proses terjadinya kecelakaan.
Dengan membandingkan data dimana pedal akselerator ditekan penuh karena ada kebutuhan, misalnya saat keluar dari tikungan, Toyota dapat mengidentifikasi dan menghitung contoh kesalahan penerapan pedal akselerator.
Pada gilirannya, fitur ini memungkinkan pengaturan fungsi untuk mengurangi jumlah kecelakaan yang disebabkan oleh kesalahan penerapan pedal akselerator dengan mengendalikan kecepatan mobil walaupun tidak ada penghalang.
Prinsip kerjanya, sistem akan menyalakan alarm peringatan dan membatasi distribusi tenaga sehingga laju mobil tertahan saat diyakini ada kesalahan dalam menekan pedal akselerator, terutama ketika pedal gas diinjak habis padahal dideteksi tidak ada kebutuhan untuk itu guna mereduksi potensi kecelakaan serius.
Acceleration Suppression System tidak akan bekerja saat pengemudi mengaktifkan tuas sein untuk belok atau menyalip, melaju di jalan menanjak, atau setelah menginjak pedal rem seperti ketika baru start di persimpangan jalan.
Bersama fitur ICS, diharapkan potensi terjadinya kecelakaan fatal yang menelan korban jiwa dapat ditekan semaksimal mungkin, terutama di area tertentu seperti di parkiran mal atau tempat lainnya.