Toyota Astra Motor Indonesia
Toyota Official Car Partner Asian Games 2018

Upaya untuk selalu mendorong semangat tumbuh dan berkembang bersama masyarakat (growing together) dalam tatanan kehidupan yang dinamis menjadi komitmen Toyota Indonesia. Komitmen itu diwujudkan dalam semangat “Toyota Berbagi” melalui berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR).

Tujuan dari program CSR ini adalah untuk menciptakan masyarakat dan lingkungan Indonesia yang lebih baik. Salah satu kegiatannya adalah program Car for Tree  yang sudah berlangsung selama lebih dari 8 tahun. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud partisipasi PT Toyota-Astra Motor (TAM) dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

Tak hanya sekadar menanam pohon, TAM secara bertahap juga memperluas cakupan program Car for Tree ke seluruh wilayah Indonesia melalui pemberdayaan petani, pelestarian terumbu karang, dan memberikan fasilitas pengembangan budaya maritim, serta pembinaan budaya aman berkendara sejak usia dini.

Vice President Director TAM, Henry Tanoto, menyebutkan bahwa konsep Toyota Bersama Membangun Negeri (Toyota Berbagi) yang dilandasi semangat Toyota Let’s Go Beyond telah mendorong TAM untuk terus merancang dan mengembangkan program-program CSR. Yaitu melalui bidang pendidikan, lingkungan hidup, pemberdayaan masyarakat, dan keselamatan berkendara.

Car for Tree merupakan program lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat dari TAM sebagai wujud kontribusi perusahaan bagi upaya pencegahan pemanasan global, termasuk melalui aktivitas pendidikan guna meningkatkan pemahaman tentang konsep ramah lingkungan.

Program yang melibatkan Toyota dan jaringan penjualannya ini dilaksanakan  dengan menyisihkan sebagian profit penjualan mobil untuk mendukung program konservasi lingkungan melalu penanaman pohon. Implementasi program Car for Tree dimulai pada tahun 2010 dengan membangun Toyota Eco Island di Taman Impian Jaya Ancol. 

Kemudian program ini berlanjut dengan program revitalisasi Taman Semanggi Jakarta pada tahun 2014. Sejak tahun lalu, TAM berkomitmen memperluas cakupan program ke daerah-daerah berdasarkan potensi lokal yang dimiliki dan tantangan lingkungan yang sesuai.

“Selain memiliki  komitmen penuh pada pengembangan usaha yang baik dan sehat layaknya sebuah entitas bisnis, TAM juga memiliki kepedulian dalam perbaikan masyarakat dan lingkungan demi membangun Indonesia yang lebih baik, salah satunya  melalui implementasi program Car for Tree,” ujar Lina Agustina, General Manager TAM, dalam acara media gathering CSR Toyota di GIIAS 2018, Selasa (7/8/2018).

Pengembangan Potensi Lokal

Peresmian program Toyota Organic Village  di Desa Mlaten, Demak, Jawa Tengah, pada Maret 2017 adalah wujud pertama improvement Car for Tree yang dilakukan di luar Jakarta. Toyota Organic Village merupakan program pengembangan desa berbasis pertanian organik dan ramah lingkungan dengan melibatkan masyarakat petani di desa tersebut.

Dalam program ini, Toyota membantu para petani dengan cara memberikan pelatihan dan pengembangan keterampilan pertanian organik, serta memberikan donasi berupa fasilitas alat-alat pertanian. Sejak diresmikan, para petani sudah melakukan 4 kali panen raya dan menghasilkan total 200 ton beras dari lahan seluas 50 Ha. Manfaatnya adalah keuntungan naik hingga 10% namun biaya produksi mampu ditekan hingga 30%.

Wujud implementasi dari improvement Car for Tree di luar Jawa adalah program Pinisi Bagi Negeri di Makassar, Sulawesi Selatan yang wilayahnya memiliki potensi dalam bidang kemaritiman. Pinisi Bagi Negeri dilakukan dengan menanam terumbu karang di sekitar Pulau Samalona sebagai bentuk pelestarian lingkungan perairan dan mencegah kerusakan terumbu karang yang lebih luas.

Selain itu, untuk menjaga kebudayaan tradisional masyarakat Bugis-Makassar, dalam program ini dikembangkan kapal pinisi yang merupakan salah satu ikon bersejarah bagi masyarakat Bugis-Makassar dan daya tarik kota Makassar.

Setahun sejak peresmiannya pada awal April 2017, telah ditanam terumbu karang di area seluas 500 m2 di dekat Pulau Samalona dan sejauh ini tingkat keberhasilannya mencapai 80%. Sementara itu, pendidikan kebudayaan di atas kapal pinisi hingga saat ini sudah melibatkan 450 orang siswa dan 1.300 masyarakat  umum.

Program ketiga Car for Tree lainnya adalah proyek revitalisasi Taman Lalu Lintas Bandung seluas 3,5 ha dengan nilai donasi Rp 9,2 miliar. Revitalisasi taman ini memiliki visi untuk menjadi fasilitas pendidikan dini, khususnya anak-anak, mengenai tata tertib lalulintas, baik secara experimental learning maupun teori. Selain itu, juga dilengkapi dengan fasilitas rekreasi keluarga dan ruang terbuka hijau sebagai paru-paru kota Bandung.

Pengembangan program Car for Tree diharapkan dapat dilakukan pada program-program CSR Toyota lainnya sehingga makin dapat memberikan hasil dan manfaat bagi masyarakat. Hal ini sejalan dengan komitmen Toyota Indonesia yang selalu berupaya mendorong berkembangnya semangat tumbuh bersama atau growing together yang juga merupakan bagian filosofi Toyota secara global.

related articles

Toyota Berhasil Meraih Penghargaan Booth Terfavorit Serta Sukses Memberikan Edukasi Teknologi Mobilitas dan Elektrifikasi di GIIAS 2018
News Toyota Berhasil Meraih Penghargaan Booth Terfavorit… 15 August 2018

Toyota berhasil memperoleh predikat sebagai booth terfavorit pada kategori luas booth…

YOUTUBE FAN FEST kembali hadir di tahun 2018
News YOUTUBE FAN FEST kembali hadir di… 14 August 2018

  DATANG dan KUNJUNGILAH YOUTUBE FAN FEST ROAD SHOW di beberapa…

Inilah Fitur-Fitur Mobil Yang Paling Berguna Untuk Pasar Indonesia
News Inilah Fitur-Fitur Mobil Yang Paling Berguna… 13 August 2018

Selain fitur-fitur standar bawaan mobil, fitur-fitur ini ternyata juga banyak kegunaannya…

Toyota Galakkan Kampanye Keselamatan Berkendara Untuk Generasi Muda Melalui “Student Day Safety Driving” Di GIIAS 2018
News Toyota Galakkan Kampanye Keselamatan Berkendara Untuk… 10 August 2018

Sesuai semangat Toyota Let’s Go Beyond sekaligus wujud komitmen untuk senantiasa…

Toyota Mirai Bikin Penasaran Pengunjung GIIAS 2018, Apa Saja Keistimewaannya?
News Toyota Mirai Bikin Penasaran Pengunjung GIIAS… 10 August 2018

Toyota Mirai hadir di booth Toyota di GIIAS 2018 dan membuat…

Jangan Sampai Tertipu, Ini Ciri Khas Oli TMO Yang Asli
News Jangan Sampai Tertipu, Ini Ciri Khas… 09 August 2018

Maraknya oli palsu di pasaran saat ini, membuat Anda harus ekstra…

Toyota Connect

Tempat berbagai pengalaman sesama pengguna TOYOTA, temukan cerita menarik dari komunitas, lifestyle, technology, tips unik, travelling disini. Bagi penulis yang aktif akan mendapat apresiasi dari Toyota.

Toyota Astra Motor Indonesia

More from Toyota

Shopping Tools