Toyota Astra Motor Indonesia
Toyota Astra Motor Indonesia - Toyota Indonesia Menorehkan Prestasi Gemilang di Kompetisi Balap International

27 November 2016

Toyota Team Indonesia-TRD Membuka Jalan Menembus Ajang Balap Internasional

Jakarta – Toyota Team Indonesia (TTI)-TRD berhasil mengukuhkan posisinya di ajang one make race Internasional Toyota Gazoo Racing Netz Cup Vitz Race 2016, dengan melaju di sirkuit Fuji Speedway, Jepang pada tanggal 27 November 2016. 

Hanya sempat turun latihan satu kali di Fuji Speedway karena kendala cuaca, Alinka tetap berhasil menorehkan prestasinya, sebagai satu-satunya driver wanita dari luar Jepang. Sejak awal tim TTI-TRD memang berkomitmen untuk menembus Ajang Toyota Gazoo Racing Netz Cup Vitz 2016. Babak Grand Final balapan kali ini dibuka secara resmi oleh President Toyota Motor Corporation, Akio Toyoda. 

Setelah melalui babak kualifikasi dan pre kualifikasi pada Sabtu 26 November 2016 lalu, tim TTI-TRD meraih hasil yang membanggakan, pembalap Indonesia, Alinka Hardianti berhasil menorehkan catatan waktu best lap 2 menit 27 detik  dan berhasil finish di urutan ke 24. Atau naik 12 peringkat dari posisi start 36 pada pagi ini.


Sebelumnya, pada babak kualifikasi dan pre kualifikasi, Alinka bersaing dengan 60 peserta dari berbagai negara, TTI-TRD berhasil meraih catatan waktu waktu 2 menit 18 detik dan masuk dalam babak Grand Final, berkompetisi dengan total 45 pembalap. Dengan demikian, tim TTI-TRD membuka jalan bagi para pembalap muda Indonesia lainnya untuk berlaga di ajang yang sama di masa depan. Dengan berhasil menembus babak Grand Final, tim TTI-TRD berhak mengikuti ajang ini di tahun-tahun berikutnya. 

Sebagai pendatang baru di ajang Gazoo Racing, prestasi Alinka dapat dikatakan gemilang. Mengingat Alinka baru pertama bertanding di Fuji Speedway, dengan waktu terbatas yang dimiliki Alinka yang untuk mengenali kondisi track, serta kondisi cuaca

yang sempat turun salju, bahkan hujan dan berkabut pada babak Grand Final, Alinka tetap menorehkan prestasi dengan gemilang, naik 12 peringkat ke posisi 24.

Pada kesempatan berbeda, Henry Tanoto, selaku Vice President Director PT. Toyota Astra Motor mengungkapkan rasa bangganya terhadap pencapaian tim TTI-TRD di Toyota Gazoo Racing Netz Cup Vitz Race ini, “Prestasi membanggakan ini adalah perpaduan antara performa produk Toyota yang selalu dapat diandalkan, dengan bakat muda yang sangat potensial. Mengikuti ajang internasional seperti ini tentu menjadi ajang yang baik untuk berlatih, mengasah serta meningkatkan kemampuan Alinka di lintasan balap, mengingat betapa kompetitifnya para pembalap dari berbagai negara di ajang ini. Dan track Fuji Speedway yang terbilang baru untuk Alinka.”

Henry menambahkan, “Selain membuka jalan bagi bakat-bakat muda Indonesia, hal-hal positif seperti ini dapat menjadi pemicu semangat bagi anak-anak muda Indonesia. Prestasi ini menunjukkan bahwa anak muda Indonesia memiliki potensi yang tidak kalah bersaing di kancah internasional.”

Profil Alinka Hardianti :

Alinka Hardianti telah terjun di dunia balap profesional sejak usia 14 tahun. Pembalap perempuan kelahiran Jakarta, 21 Juni 1992 ini mengasah kemampuan balapnya dengan bimbingan sang ayah, Didi Hardianto yang juga seorang pembalap profesional dan berlatih serius di Sentul Safety Driving.

Kiprahnya bermula di ajang drifting dan slalom, ketika pertama kali terjun di kompetisi drifting dan langsung menyabet juara pertama di kelas penggerak roda depan. Tidak hanya juara di kompetisi slalom dan drifting, Alinka juga merambah ke balap Touring serta speed off-road dan mampu menunjukkan prestasinya. 

Pembalap cantik ini mulai bergabung dengan Toyota Team Indonesia sejak 2008. 

Prestasi Slalom:

Juara pertama Kelas Wanita, Kejuaraan Nasional Slalom 2016 putaran 1 di Malang (Toyota Team Indonesia)
Juara pertama Free For All, Kejuaraan Nasional Slalom 2015 putaran 1 di Lampung (Toyota Team Indonesia)
Juara pertama Kelas Wanita, Kejuaraan Nasional Slalom 2014 putaran 4 di Yogyakarta (Toyota Team Indonesia)

Prestasi Drifting

Delapan terbaik Kejuaraan Nasional Drift 2016 putaran 1, Cikeas, Bogor

Juara pertama Kelas FWD, Achilles Drift Battle 2010 putaran 4 (Toyota Team Indonesia)
Juara pertama Kelas FWD (Drift Queen), Achilles Drift Battle 2009

Prestasi Touring

Juara pertama Indonesia Super Touring 2014, ISOM putaran 1
Juara pertama Indonesia Super Touring 2013, ISOM putaran 5

Prestasi Speed Off-road

Juara pertama Kelas Wanita, Indonesia eXtreme Offroad Racing 2016 putaran 2, BSD
Juara pertama Kelas Wanita, Indonesia eXtreme Offroad Racing 2015 putaran 7, Banjar Baru, Kalimantan Selatan

Toyota Team Indonesia :

Toyota Team Indonesia (TTI) lahir pada Januari 1989, dan berkembang dengan dukungan dari PT Toyota-Astra Motor, membawa misi untuk ikut aktif dalam mengembangkan dunia motorsport nasional sekaligus mempromosikan produk-produk mobil Toyota di Indonesia. Pembalap-pembalap TTI mencatatkan banyak prestasi di arena balap sirkuit Ancol hingga Sentul dan arena balap Slalom dengan Corolla GL, Corolla Twin Cam GTI, Starlet, Great Corolla, hingga Yaris generasi terbaru.

related articles

Toyota Astra Mototr Indonesia - KOMPETISI LINGKUNGAN PELAJAR SLTA, LEBIH DARI 500 SEKOLAH DARI 27 PROVINSI BERPARTISIPASI DALAM TOYOTA ECO YOUTH KE-10
KOMPETISI LINGKUNGAN PELAJAR SLTA, LEBIH DARI… 05 Juli 2017

20 December 2016 Siaran Pers 785/MP/Ext/XII/16 20 Desember 2016 KOMPETISI LINGKUNGAN PELAJAR SLTA…

Toyota Astra Mototr Indonesia - ALL NEW SIENTA RAIH PREDIKAT PRODUCT OF THE YEAR 2016 TOYOTA BORONG 6 PENGHARGAAN LAINNYA PADA AJANG MARKPLUS CONFERENCE 2016
ALL NEW SIENTA RAIH PREDIKAT PRODUCT… 05 Juli 2017

Siaran Pers 771/MP/Ext/XII/16 9 Desember 2016 ALL NEW SIENTA RAIH  PREDIKAT PRODUCT OF…

Toyota Astra Mototr Indonesia - TOYOTA-ASTRA MOTOR RAIH LIMA PENGHARGAAN DI AJANG AUTOBILD INDONESIA AWARD 2016 TIGA PENGHARGAAN BERASAL DARI SEGMEN MPV
TOYOTA-ASTRA MOTOR RAIH LIMA PENGHARGAAN DI… 05 Juli 2017

TOYOTA-ASTRA MOTOR RAIH LIMA PENGHARGAAN DI AJANG AUTOBILD INDONESIA AWARD 2016 TIGA PENGHARGAAN…

Toyota Astra Mototr Indonesia - Toyota Indonesia Menorehkan Prestasi Gemilang di Kompetisi Balap International
Toyota Indonesia Menorehkan Prestasi Gemilang di… 05 Juli 2017

27 November 2016 Toyota Team Indonesia-TRD Membuka Jalan Menembus Ajang Balap Internasional Jakarta…

Toyota Astra Mototr Indonesia - Sesi Latihan Terhalang Hujan Salju, Alinka Hardianti Menembus Gazoo Racing Netz Cup Vitz Race Jepang
Sesi Latihan Terhalang Hujan Salju, Alinka… 05 Juli 2017

26 November 2016 Pembalap Putri Indonesia Melaju Menuju Grand Final Ajang Balap Internasional…

Toyota Connect

Tempat berbagai pengalaman sesama pengguna TOYOTA, temukan cerita menarik dari komunitas, lifestyle, technology, tips unik, travelling disini. Bagi penulis yang aktif akan mendapat apresiasi dari Toyota.

Toyota Astra Motor Indonesia

More from Toyota

Shopping Tools