Toyota Astra Mototr Indonesia - AC Mobil bermasalah saat arus balik? Nggak deh!!

Tips

14 Juli 2018

AC Mobil bermasalah saat arus balik? Nggak deh!!

By hfitriah

Banu (42) warga Bogor terpaksa menghentikan kendaraannya di bengkel siaga yang terletak di rest area KM 57 tol Cikampek. Dia bersama keluarganya yang hendak ke Bandung dalam rangka Lebaran, tapi merasa gerah di dalam kabin dan kepanasan. "Kemarin padahal sudah dibawa ke bengkel. Tapi memang pemeriksaan di bagian penting seperti ban, cairan, dan oli. Ini tadi pendingin udaranya anginnya kecil dan tidak dingin, tidak nyaman. Makanya mampir ke bengkel siaga," ucap Banu saat ditemui beberapa waktu lalu.

masalah masalah umum ac mobil

AC sekarang menjadi fitur standar di sebagian besar manufaktur kendaraan. Namun, ketika Anda menggunakan kendaraan Anda untuk perbaikan atau pemeriksaan rutin, prioritasnya biasanya adalah mesin dan aspek penting lainnya dari kendaraan tersebut. Akibatnya, pemilik mobil sering mengabaikan isu-isu yang berkembang yang dapat mempengaruhi AC mobil mereka dan akhirnya membayar biaya yang berat untuk mendapatkan AC diperbaiki atau diganti

Salah satu masalah paling umum dengan sistem pendingin udara di mobil Anda sebenarnya bukan masalah dengan sistem pendingin udara Anda sama sekali. Kendaraan Anda dilengkapi dengan kipas listrik yang mendinginkan kondensor di bagian depan mobil Anda saat mobil Anda berhenti atau bepergian dengan kecepatan rendah. Penggemar sering kali melipatgandakan sebagai kipas pendingin untuk sistem pendinginan mesin Anda, jadi jika gagal, dapat menyebabkan masalah yang lebih besar. Penggemar ini biasanya gagal karena sekering putus atau relay yang buruk, tetapi kadang-kadang motor kipas bisa pendek atau terbakar juga. Untuk informasi tentang memburu gangguan listrik seperti ini,

Sebagian besar hal yang menyebabkan AC gagal berkembang dari waktu ke waktu, jadi tidak umum untuk melihat masalah yang tiba-tiba. Namun, jika Anda saat ini mengalami masalah yang lebih terang-terangan seperti suara keras atau tak terduga yang datang dari AC mobil Anda, bawalah ke teknisi sesegera mungkin.

Jika tidak, ini adalah beberapa masalah pendingin udara mobil yang sering diabaikan untuk diperhatikan, karena mengatasi masalah ini secara tepat waktu dapat Anda dari perbaikan lebih mahal di telepon.

1. Kelembaban

AC menurunkan suhu di dalam kendaraan Anda. Ini juga mendinginkan, mengeringkan, dan membersihkan udara dengan memaksa udara yang lebih hangat untuk melepaskan di luar. Jika uap air atau kotoran mengotori AC yang dipasang di mobil, itu akan gagal mendinginkan lingkungan

2. Bau tajam

Bakteri, jamur, dan mikro-organisme dapat berkembang ketika sistem pendingin udara tidak digunakan, terutama selama musim dingin. Interior yang gelap dan lembab dari AC mobil Anda adalah tempat berkembang biak yang sempurna bagi mereka, dan mereka sering membuat diri mereka dikenal dalam bentuk bau yang menyengat.

Kuman-kuman ini dengan cepat tumbuh di belakang dasbor jika tidak ditangani dan secara signifikan berkontribusi pada “sindrom mobil yang sakit.” Pemeriksaan yang baik dan pembilasan sistem Anda dapat dilakukan oleh teknisi untuk mengatasi masalah ini jika tertangkap cukup dini.

3. Tingkat Pendinginan Rendah

Refrigeran adalah untuk AC mobil Anda apa oli motor ke mesin Anda, dan hanya berdasarkan hadir di kendaraan, tingkat refrigeran di AC mobil Anda berkurang sebesar 15 persen per tahun. Ironisnya, selama musim dingin dan bukan musim panas yang panas, kehilangan ini cenderung lebih besar. Ketika sistem tidak digunakan, segel dapat mengering dan berdampak pada produktivitas unit, menyebabkannya melalui refrigeran lebih cepat.

Tingkat pendinginan rendah dapat diperbaiki dengan mengisi kembali gas di tangki pendingin atau memperbaiki kebocoran yang nyata.

4. Kondenser yang kotor

Kondensor bertanggung jawab untuk mendinginkan uap refrigeran bertekanan tinggi yang keluar dari kompresor. Penyumbatan kondensor karena adanya kotoran, kotoran, atau kotoran akan menyempitkan aliran udara sehingga tidak terjadi pendinginan.

Kondensor yang tersumbat dapat dibersihkan dengan menggunakan agen pembilas berkualitas baik yang cepat menguap dan tidak meninggalkan residu dalam sistem. Ganti kondensor jika telah digunakan selama bertahun-tahun dan telah memberi Anda masalah di masa lalu. Jika sisa AC Anda dalam kondisi baik, biaya lebih rendah untuk mengganti komponen yang satu ini harus jauh lebih besar daripada sakit kepala karena harus mengganti seluruh sistem di bawah garis.

5. Komplikasi Mekanik

Kerusakan kompresor, kopling kompresor rusak, sakelar tekanan mati, atau katup yang tidak bekerja akan menyebabkan pendinginan yang buruk atau tidak ada pendinginan sama sekali.

 Kompresor AC di mobil Anda sederhana tetapi beroperasi pada tekanan tinggi seperti itu tidak biasa untuk itu gagal bahkan dengan operasi normal. Jika sistem pendingin udara Anda pernah dibuka karena kebocoran atau mengganti komponen, itu dapat memungkinkan kontaminasi dalam sistem meningkatkan kemungkinan kompresor yang gagal. Untuk memeriksa kegagalan kompresor, ukur kenaikan tekanan di kompresor menggunakan satu set pengukur AC mekanik dan bandingkan dengan spesifikasi pabrik. Jika tekanan naik terlalu rendah, kompresor Anda mungkin gagal atau gagal.

Karena begitu banyak hal kecil yang merupakan perbaikan potensial yang menunggu untuk terjadi, cukup jalankan pemeriksaan rutin sehingga ketika sesuatu terjadi, Anda dapat menangani masalah dengan cepat.

Aktifkan unit pendingin udara dan periksa apakah kompresor, sakelar kopling kompresor, sekering, kabel, sabuk kipas, dan segel kompresor berfungsi dengan baik. Periksa apakah oli dalam kompresor sudah terkontaminasi. Siram unit AC untuk mengganti oli lama dengan oli baru.

Masalah lain yang sebenarnya ada di sistem pendingin udara Anda adalah masalah dengan sistem ventilasi Anda. Sistem ventilasi Anda dirancang dengan inti pemanas setelah evaporator AC sehingga Anda dapat memiliki udara kering yang hangat untuk membersihkan jendela Anda. Masalahnya di sini adalah jika sistem ventilasi gagal, itu bisa menjadi pemanasan udara AC yang membuatnya merasa AC Anda tidak berfungsi padahal sebenarnya itu berfungsi dengan baik. Jika Anda menduga ini adalah masalah Anda, coba periksa actuator udara campuran pintu Anda dan pintu itu sendiri untuk kerusakan.

Kebocoran adalah masalah AC mobil yang paling umum yang mungkin Anda alami. Kebocoran yang cepat akan membuat AC Anda tiba-tiba rusak dan ketika Anda mengukur tekanan akan muncul nol psi pada kedua sisi kompresor. Kebocoran yang lambat sering meninggalkan Anda dengan udara dingin tetapi tidak dingin dan dapat menyebabkan sistem Anda kehilangan efisiensi dalam beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu. Jika Anda mencurigai adanya kebocoran di sistem Anda, tambahkan Red Angel A / C Stop Leak & Conditioner ke sistem Anda untuk mengkondisikan segel dan menghentikan kebocoran kecil yang mungkin Anda miliki. Kemudian isi ulang sistem Anda dengan pendingin dan kembali menjadi sejuk dan nyaman.

Mekanik bengkel siaga Nissan Datsun KM 57 Nurcholis menjelaskan masalah pendingin udara atau air conditioner ( AC) kabin tidak berfungsi maksimal seperti yang dialami Banu akibat kondisi filter udara kabin sudah kotor. Untuk mengatasi hal ini bisa dengan mengganti filter kabin yang baru.

Sebenarnya untuk pencegahan seperti ini dengan pemeriksaan berkala. Tanda-tanda filter kabin bermasalah memang angin semburannya berkurang, tidak dingin. Filter ini baiknya diganti dengan yang baru.

Mudik Berdasarkan saran dari produsen, mobil dengan usia tiga sampai empat tahun wajib memeriksa kondisi filter kabin. Sebab seiring waktu di filter kabin terjadi penumpukan kotoran yang membuat AC tidak bekerja maksimal.

 Nur menjelaskan tumpukan kotoran tersebut bisa disebabkan kebiasaan pengemudi dan penumpang yang tidak bersih. Salah satunya seperti gemar merokok di dalam kabin atau makan dan minum dalam kendaraan.

"Biasanya yang punya anak, suka makan di dalam. Remah-remah makanan tersebut bisa terhisap dan menumpuk di filter. Atau yang gemar membuka jendela saat berjalan, debu-debu dari luar masuk dan akhirnya terhisap ke dalam AC," ujar Nur.

cara mengatasi setiap masalah umum ac mobil

Keren Tapi Tidak Dingin

Jika AC diatur ke max cool dan kipas tinggi, tetapi hanya hembusan udara yang cukup dingin:

Periksa untuk melihat apakah kipas pendingin pada kondensor atau radiator sedang bekerja saat AC menyala.

Carilah batasan seperti daun, serangga atau kotoran yang akan membuat udara tidak mengalir melewati kondensor.

Periksa filter udara kabin untuk memastikan tidak tersumbat.

Periksa tekanan dalam sistem menggunakan set gauge manifold. Tekanan sisi atas dan sisi bawah yang direkomendasikan dapat ditemukan di manual perbaikan.

Kompresor

Ketika mendiagnosis masalah pendingin udara, paling mudah untuk memulai pada kompresor.

Dengan mesin yang menyala, putar A / C dengan kecepatan maksimal, atur kipas tinggi-tinggi, dan pastikan kopling bekerja pada kompresor.

Catatan: ini bukan puli, tetapi bagian tengah yang menghubungkan puli ke poros kompresor. Jika kopling menarik dan melepaskan dengan cepat, refrigeran mungkin rendah.

Jika kopling tidak menarik, gunakan voltmeter untuk memeriksa tegangan yang masuk ke kompresor.

Jika ada tegangan - kopling mungkin buruk.

Jika tidak ada tegangan - saklar bersepeda mungkin buruk, sekering mungkin putus dan sistem mungkin tidak memiliki tekanan refrigeran yang cukup untuk melewati saklar pemotongan tekanan rendah yang menggerakkan kompresor.

Kebocoran

Kebocoran adalah masalah paling umum yang terkait dengan sistem pendingin udara.

Jika tekanan rendah, maka mungkin ada kebocoran.

Menggunakan kit deteksi kebocoran UV A / C adalah cara termudah untuk menemukan kebocoran.

Ikuti instruksi pada kemasan untuk memperkenalkan pewarna UV ke sistem dan sinar UV untuk menemukan kebocoran.

Periksa semua peralatan untuk memverifikasi bahwa semuanya aman.

Periksa selang manifold pada kompresor.

Periksa segel depan dan o-ring menyegel saklar tekanan di bagian belakang beberapa kompresor.

Periksa di mana selang berkerut ke fitting.

Periksa Katup Schrader.

Periksa lubang pin di kondensor.

Periksa di mana evaporator mengeringkan kondensasi dengan sinar UV. Terkadang minyak atau pewarna bisa dilihat.

Bawa Mobil Anda ke Mekanik

Sistem AC pada kendaraan dapat menjadi rumit dan berbeda dari mobil ke mobil, jadi kami sarankan untuk membawa mobil Anda ke montir Gaithersburg lokal Anda untuk diagnosa dan perbaikan yang tepat. Banyak komponen sistem AC terletak di bawah dasbor kendaraan Anda dan bisa sulit dijangkau. Bahkan sesuatu yang sederhana seperti penggantian filter udara kabin dapat berubah menjadi proyek 3 jam untuk pemula. Di General Automotive, kami dapat memperbaiki mobil Anda dengan cepat dan dengan biaya terjangkau.

Comments 0

Please login or register to comment.

    There are no comments

Shopping Tools