Toyota Astra Mototr Indonesia - Bahaya! Ini Efek Negatif Tambal Ban Tubeless Dengan Tambal Cacing Alias Tusuk Luar

Tips

08 Februari 2019

Bahaya! Ini Efek Negatif Tambal Ban Tubeless Dengan Tambal Cacing Alias Tusuk Luar

By IndraKeren

Masih banyak pengguna mobil yang tidak memahami tambal ban tubeless yang benar dan memenuhi standar keselamatan.

Padahal, kalau kamu salah pilih tambal ban tubeless bisa berakibat fatal dan mengancam keselamatan berkendara.

Ini terkait dengan kontak antara mobil kamu dan jalan sangat bergantung pada bidang telapak ban seukuran telapak tangan saja.

Secara teknis produsen ban sebenarnya tidak merekomendasikan ban untuk ditambal jika mengalami kebocoran.

Namun, banyak pengguna yang memperpanjang usia ban bocor tersebut dengan cara menambalnya agar tetap ekonomis karena ban tetap bisa dipakai

Sebenarnya, cara menambal ban tubeless dengan teknik tusuk dari arah luar atau “string tubeless” tidak dianjurkan oleh pabrikan ban.

Awam biasa menyebut metode ini sebagai tambal ban cacing karena bentuk bahan tambalan seperti cacing melingkar.

Masalahnya, metode tambal ban ini dilakukan dengan cara merobek permukaan telapak ban supaya bisa memasukkan bahan penambal

Cara ini dapat menyebabkan benang nilon putus dan kawat baja mengalami korosi akibat oksidasi.

Memang kondisi buruk akibat putus dan korosi tidak langsung terjadi setelah ban ditambal dengan tambal ban cacing.

Namun beberapa waktu kemudian, tekanan angin ban sering berkurang dan muncul benjolan pada dinding atau telapak ban.

Selanjutnya timbul retakan pada lokasi tersebut, selesailah tugas ban mobil Anda karena wajib ganti yang baru.

Ban yang mengalami benjol setelah tambal tusuk luar ini disebabkan oleh separasi pada lapisan karet.

Sumber masalahnya adalah putusnya benang nilon atau kawat baja yang mengikat lapisan karet pada ban.

Jika mobil digunakan dengan frekuensi tinggi, semisal setiap hari, kondisi ban semakin cepat memburuk dan berpotensi meletus kapan saja.

Kamu bisa tebak sendiri akibat selanjutnya jika kendaraan melaju pada kecepatan tertentu.

Agar aman dari berbagai dampak samping yang membahayakan, ikuti rekomendasi pabrik ban ketika harus melakukan tambal untuk ban tubeless.

Caranya, lubang ditambal secara permanen dari arah dalam dengan metode combi atau thermopress.

Karena penambalan dilakukan pada bagian dalam, metode combi atau thermopress mengharuskan ban untuk dilepas dari pelek.

Akibat ban dan pelek sudah pernah berpisah, usai pekerjaan penambalan, roda wajib di-balance ulang.

Tentu saja, tambal ban tubeless permanen dari arah dalam ini membutuhkan waktu lebih lama dan biaya lebih mahal dibandingkan tambal model tusuk luar.

Namun, kamu mendapatkan jaminan dari segi keselamatan dan berhemat karena ban ada kemungkinanmasih bisa dipakai kembali untuk jangka waktu tertentu.

Comments 0

Please login or register to comment.

    There are no comments

Shopping Tools