Toyota Astra Mototr Indonesia - Balik Lebaran Bawa Barang Pakai Roof Box? Perhatikan 4 Hal Ini

Travel

09 Juni 2019

Balik Lebaran Bawa Barang Pakai Roof Box? Perhatikan 4 Hal Ini

By IndriTraveller

Saat balik Lebaran biasanya barang bawaan bertambah, bisa karena kamu malas menyusun barang bawaan atau ditambah oleh-oleh buat keluarga.

Di lain pihak, ruang dalam mobil kamu sudah penuh dengan orang dan barang.

Salah satu solusinya adalah memindahkan barang bawaan ke atap menggunakan roof rack atau supaya lebih aman pakai roof box.

Meski SUV dan MPV Toyota sudah mengakomodasi kebutuhan penggunaan roof rack, tetap ada hal yang harus diperhatikan kamu.

Seperti bobot barang yang dibawa serta kualitas dari kompartemen itu sendiri karena efeknya terkait pada beberapa hal teknis kendaraan.

Yang penting sebaiknya kamu tidak meletakan barang yang memiliki bobot terlalu berat.

Hal ini karena roof box atau roof rack diciptakan hanya sebagai kompartemen tambahan saja dan tidak bisa berfungsi layaknya bagasi normal.

Memasang roof rack dan roof rail juga tidak boleh sembarang, cari yang berkualitas.

Lantas apa saja risiko atau konsekuensi yang mungkin terjadi akibat meletakan barang berat dan berlebih di atap kendaraan?

  • Kestabilan mobil

Meletakan barang di atap sama dengan menambah ketinggian mobil.

Dalam kondisi tersebut, otomatis akan membuat kestabilan mobil berkurang karena menyebabkan efek body roll yang bertambah.

Makin berbahaya lagi saat mobil melesat kencang di jalan berliku yang membuat potensi mobil limbung dan terguling cukup besar.

  • Aerodinamika

Selain menambah tinggi dimensi mobil, meletakan barang pada roof rack atau memasang roof box juga akan berpengaruh pada sisi aerodinamika mobil.

Biasanya mobil akan terasa biasa saja saat jalan perlahan, tapi ketika melaju di kecepatan tinggi tarikannya akan terasa berat karena makin besarnya hambatan angin.

  • Boros bensin

Dengan tambahan beban di atap yang mempengaruhi aerodinamika mobil, ujungnya juga berdampak pada tingkat konsumsi bahan bakar yang lebih boros.

Tentunya semakin boros lantaran bertambahnya bobot mobil dengan bertenggernya roof box.

Pun dengan jumlah penumpang dan barang bawaan di dalam kabin.

  • Hati-hati portal GTO

Sudah menjadi kebiasaan setiap hari kamu menggunakan mobil tanpa roof box sehingga tidak pernah memikirkan keamanan saat melintas portal gerbang tol otomatis (GTO).

Perhitungkan secara matang berapa tinggi mobil saat ini ketika roof box dipasang.

Kalau ternyata melebihi batas tinggi portal, artinya kamu harus antri bareng kendaraan besar seperti truk dan bus di lajur tanpa portal.

Pasang semacam peringatan di dasbor mobil untuk mengingatkan kamu bahwa di atap ada roof box dan mobil kamu tidak bisa melewati portal GTO.

Comments 0

Please login or register to comment.

    There are no comments

Most Popular

top article

Shopping Tools