Toyota Astra Mototr Indonesia - Ban Tubeless Mobil Kamu Bocor? Pakai Cara Ini Supaya Ban Aman dan Awet

Tips

08 Februari 2019

Ban Tubeless Mobil Kamu Bocor? Pakai Cara Ini Supaya Ban Aman dan Awet

By IndraKeren

Seperti telah diceritakan sebelumnya, bukan perkara mudah menambal ban tubeless yang bocor terkait material pembentuk ban tersebut.

Makanya, produsen ban tidak menyarankan untuk menambal ban tubeless.

Tapi bukan tidak bisa ditambal sama sekali, tetap ada beberapa cara bisa dimanfaatkan untuk menambal ban tanpa ban dalam itu.

Yang paling umum dan bisa kamu jumpai di tukang tambal ban pinggir jalan adalah model tusuk luar atau tambal cacing.

Cara ini menggunakan t-handle yang ditusukkan ke ban sehingga menimbulkan lubang akibat tusukan benda tajam untuk menginjeksi pahan penambal yang berbentuk seperti cacing.

Karena lubang tusukan membesar lapisan karet pada ban mengalami separasi dan area disekitar lubang tambalan mengalami gembung atau benjol.

Dalam jangka panjang, benjol tadi berkembang menjadi retakan  yang menyebabkan kebocoran halus dan lapisan karet yang terpisah akan semakin terbuka.

Tambal ban ini menggunakan penambal yang terdiri atas serat-serat mirip tali.

Karena berupa rangkaian serat yang disatukan, kemampuannya menutup lubang dan tekanan angin tidak bertahan lama.

Dampaknya, terjadi kebocoran kecil yang mengharuskan pemilik mobil mengisi angin ban secara teratur.

Selain tentunya risiko rusak akibat korosi karena anyaman kawat baja dan nilon terpapar udara luar.

Di samping itu, masih ada 2 metode tambal ban lain yang lebih direkomendasikan walau biayanya mahal dan hanya ada di toko ban besar.

Berikut kedua metode tersebut:

1. Tambal combi atau mini combi

Metode tambal permanen model combi atau mini combi digunakan untuk menambal lubang akibat tusukan benda tajam seperti paku yang menembus bagian alur atau telapak ban.

Diameter lubang akibat tusukan benda tajam pada alur dan telapak ban yang bisa ditambal dengan metode combi tidak melebihi 6 mm.

Bahan penambal khusus model combi yang berbentuk bulat dilekatkan dengan lem sejenis semen ke lubang pada bagian dalam ban.

Selanjutnya, tekanan angin akan membantu proses pelekatan bahan tambalan ke bagian dalam ban sekaligus menutup lubang.

2. Tambal thermopress

Tambal ini khusus untuk menambal lubang pada telapak ban yang memiliki diameter lebih besar daripada 6 mm atau untuk menambal dinding ban yang sobek.

Bahan penambal berupa lapisan karet setengah matang dan dilekatkan ke lubang di bagian dalam ban dengan bantuan lem khusus untuk suhu kerja hingga 160° C.

Setelah melekat pada bagian dalam ban, bahan penambal akan “dimasak” oleh alat press dengan suhu sekitar 1500°C selama satu hingga dua jam tergantung kondisi penambalan.

Lapisan karet setengah matang akan menutup seluruh celah lubang.

Metode yang dijalani membuat cara menambal ban ini jadi jauh lebin aman ketimbang metode tusuk luar yang justru merusak anyaman kawat baja ban.

Orang awam menyebut kedua metode penambalan ban tubeless dari dalam itu dengan sebutan tambal tip top yang berasal nama bahan penambal yang cukup populer di awal kemunculannya.

Comments 0

Please login or register to comment.

    There are no comments

Shopping Tools