Toyota Astra Mototr Indonesia - Beberapa Perbedaan Alphard Dan Vellfire

Automotive

04 Desember 2017

Beberapa Perbedaan Alphard Dan Vellfire

By Administrator

Toyota adalah produsen mobil yang telah menempati hati sebagian besar dari pengguna kendaraan bermotor di Indonesia. Selain memproduksi kendaraan niaga, suv, MPV, dan kendaraan angkutan, produsen otomotif kenamaan dari jepang ini juga memperoduksi mobil MPV. PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi meluncurkan All New Alphard dan Vellfire. Hingga sekarang, sudah banyak peningkatan yang sudah dibuat sebagai upaya atas penyegaran untuk mendukung kehadiran seluruh varian Alphard sebagai MPV mewah di kelasnya yang semakin memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya. Kedua MPV luxury itu dikembangkan dengan konsep terbaru, yakni grandeluxe. Meski menggunakan sasis yang sama, perbedaan Alphard dan Vellfire memiliki perbedaan yang cukup mencolok, terutama pada bagian eksterior dan interior, meskipun secara sekilas kelihatan hampir sama.

All New Alphard hadir dengan desain yang memperlihatkan karakter yang kuat atas nilai kemewahan dan kemegahan. Sedangkan All New Vellfire mengekspresikan desain yang stylish.

Baik mobil Alphard maupun mobil Velfire sama – sama merupakan mobil produksi Toyota yang berada di kategori MPV kelas mewah yang meramaikan pasar otomotif Indonesia. Karena Toyota telah mengusung tema MPV premium maka tentu saja kualitas dari kedua mobil ini tidak diragukan lagi. Baik mobil Toyota Alphard maupun mobil Toyota Velfire sudah di bekali dengan mesin yang sangat canggih serta fitur – fitur terlengkap yang dapat menjamin kenyamanan dan keamanan selama berkendara. Sehingga tidak heran jika kedua mobil tersebut cukup laris di pasaran kelas menengah.

Akan tetapi , meskipun berada dalam satu produksi , kedua MPV Luxury tersebut mempunyai perbedaan dan juga kelebihan dan kekurangan masing – masing. Sekilas memang tidak terlalu tampak. Bisa dibilang secara dimensi, kedua mobil Luxury Multi-purpose Vehicles (MPV) ini hampir sama. Kedua mobil ini termasuk mobil mewah dengan fasilitas-fasilitas kelas atas di dalamnya. Tidak heran apabila mobil ini diasosiasikan dengan orang-orang kaya. Akan tetapi, tetap saja ada perbedaan-perbedaan antara kedua produksi Toyota ini bila dibahas lebih dalam. Bagi anda yang bingung memilih diantara dua jenis mobil tersebut. Berikut kami akan mengulas beberapa Perbedaan Vellfire Dan Alphard yang dapat anda ketahui :

Perbedaan Distribusi

Beda Toyota Vellfire Dengan Alphard yang paling utama adalah soal distribusi. Vellfire adalah mobil CBU yang merupakan singkatan dari Completely Built Unit. CBU ini artinya adalah barang yang diimpor langsung luar negeri. Nah, Vellfire ini adalah mobil yang langsung diimpor dari Jepang.

Sementara Toyota Alphard, pada tahun 2002-2008 memang diimpor juga dari Jepang, namun sejak 2008 didistribusikan oleh Toyota Astra Motor (TAM) di dealer-dealer mereka seperti Auto 2000 atau Nasmoco dan lain sebagainya. Meski begitu, tetap ada mobil Alphard CBU yang bisa anda beli langsung dari Jepang melalui importir umum. Berbagai varian Alphard termasuk perbedaan type Alphard Lama dan Baru atau Alphard dengan penggerak 4×4 juga lebih banyak tersedia apabila diimpor. Hanya saja kelemahan dari mobil CBU ini, terletak pada sparepart. Tidak semua sparepart dari mobil CBU tersedia di Indonesia. Kalau anda membutuhkannya, maka anda harus pesan terlebih dahulu. Soal mobil yang dibeli lokal dan mobil impor ini ternyata juga jadi ajang untuk menunjukkan prestige bagi sebagian orang. Ada yang beranggapan bahwa mobil impor lebih punya kelas yang lebih tinggi dibandingkan mobil yang dibeli di dalam negeri. Meskipun harganya sama-sama mahal.

Perbedaan Tipe

Perbedaan yang paling terlihat dari Alphard dan Vellfire terletak pada tipe kedua mobil ini yang beredar di pasaran. Untuk Toyota Alphard, ditawarkan dalam 3 tipe varian yaitu 2.5 X, 2.5 G, dan 3.5 G. Sedangkan untuk mobil Vellfire sendiri tersedia dalam beberapa tipe antara lain adalah tipe X,Z, ZA, ZG, dan Royal Lounge. Semua tipe ini langsung diimpor dari Jepang oleh importir umum. Baik mobil Alphard maupun Vellfire tersedia dalam 2 pilihan jenis mesin yaitu 2500 cc dan 3500 cc.

Perbedaan Eksterior

Beda Alphard Dan Vellfire lainnya yang cukup mencolok adalah soal eksterior. Pada bagian eksterior ini lampu depan Alphard dengan desain lampu besar yang menyatu, sedangkan pada Vellfire, desain lampu yang digunakan disusun terpisah pada bagian atas dan bawah (double headlamp).Pada bagian belakang, lampu belakang Toyota Alphard dominan warna merah sedangkan pada Toyota Vellfire menggunakan desain lampu bening seperti yang digunakan pada mobil SUV premium. Selain itu pada varian terbaru, All New Alphard memiliki desain grille lebih besar ketimbang Vellfire. Begitu juga pada sistem pencahayaan bentuk lampu depan Alphard yang lebih besar, sedangkan Vellfire berbentuk langsing mengikuti alur grille. Untuk melengkapi aksen kemewahan dan elegan, All new Alphard terbaru menggunakan pelek berukuran18 inchi.

All New Alphard hadir dengan desain yang memperlihatkan karakter yang kuat atas nilai kemewahan dan kemegahan. Sedangkan All New Vellfire mengekspresikan desain yang stylish. Oleh karena itu banyak yang beranggapan bahwa Alphard diperuntukkan bagi orang tua, sementara Vellfire untuk anak muda.

Perbedaan Interior

Perbedaan Toyota Alphard dan Toyota Vellfire apabila dilihat dari sisi interior sebenarnya tidak terlalu banyak perbedaan. Meski diluar mengusung konsep stylish, namun untuk urusan di dalam kedua mobil ini sama-sama terkesan elegan. Pada varian terbaru, All New Alphard didominasi dengan sentuhan aksen kayu di bagian kemudi, sandaran tangan pintu depan, dan di sandaran tangan bangku baris kedua. Sedangkan untuk Toyota Vellfire, lebih sedikit penggunaan aksen kayu. Toyota Vellfire lebih menggunakan aksen hitam baik pada jok mobil, dashboard hingga panel mobil. Selain itu anda juga akan melihat banyaknya tombol pengaturan pada Toyota Alphard jika dibandingkan dengan Toyota Vellfire. Namun meskipun demikian, tidak sama sekali mengurangi kenyamanan saat berkendara. Tak hanya itu saja, bangku Toyota Alphard yang ada di bagian belakang dapat digeser hingga sepanjang 20 cm.

Konsep Mobil

Meskipun dikenal sebagai saudara kandung, namun kedua mobil ini memiliki konsep dan desain yang sangat berbeda. Jika dilihat sekilas, anda akan melihat jika Toyota Alphard didesain dengan konsep mobil yang elegan dan mewah dari segala sisi. Sedangkan pada Toyota Vellfire leboh ke arah mobil sporty. Sehingga anda bisa memilih yang mana sesuai dengan kebutuhan anda.

Desain

All New Alphard datang dengan menunjukkan karakter kemewahan dan kemegahan yang kuat. Sementara itu All New Vellfire secara tegas menunjukkan ekspresi desain yang sangat stylish dan elegan. Jika Anda hanya menilik dari desain, mungkin Anda bisa memilih berdasarkan karakter menonjol dari diri Anda.

Dimensi

Untuk dimensi, All New Alphard diciptakan lebih panjang 50 mm dan lebih lebar 55 mm namun tingginya berkurang 10 mm dari pada All New Vellfire.

Dari segi Mesin

Untuk urusan mesin, kedua mobil ini memang sama sama menggunakan jenis mesin terbaru dengan kapasitas 2500 cc. Tak hanya bisa memberikan peforma yang tangguh, namun juga didesain lebih efisien dengan penambahan fitur start/stop system. Namun khusus untuk Toyota Alphard pada tipe 3.5 Q, memiliki mesin kendaraan dengan kapasitas 3.500 cc yang mana memiliki peforma yang cukup baik untuk MPV kelas premium.

Safety

Jika dilihat dari spesifikasi masing-masing, kedua mobil ini memiliki sebenarnya sama sama memiliki fitur safety yang sama mulai dari SRS airbags, sabuk pengaman, Impact beams, dan lainnya. Akan tetap sayangnya, pada Toyota Alphard tidak dibekali dengan teknologi Anti Lock Braking System pada sistem pengeremannya. Sedangkan Toyota Vellfire sudah dibekali dengan teknologi ini dalam sistem pengeremannya.

Bahkan Toyota Vellfire juga dibekali dengan fasilitas keamanan yang cukup lengkap, misalnya struktur rangka GOA yang mana dapat meredam benturan serta terdapat pula radar (sensor) yang dapat menginformasikan ketika mobil memiliki resiko tabrakan. Tak hanya itu saja, Toyota Vellfire juga memiliki 7 titik aribags yang dapat memaksimalkan penumpang saat terjadi tabrakan.

Dimensi

Meskipun sekilas dimensi kedua mobil ini terlihat sama, namun Toyota Vellfire memiliki dimensi yang lebih panjang dibandingkan dengan Toyota Alphard. Dimensi untuk Toyota Alphard sendiri adalah 4915 x 1850 x 1895 mm. Sedangkan untuk Toyota Vellfire memiliki dimensi 4930 x 1850 x 1895 mm. Namun perbedaan dimensi ini tidka berpengaruh terhadap kenyamanan selama berkendara.

Spion Mobil

Perbedaan lainnya dari kedua jenis mobil ini adalah pada spion mobil. Pada Toyota Alpahrd sudah dibekali dengan Spion Lipat Elektrik. Sedangkan untuk Toyota Vellfire sendiri, fitur seperti ini belum tersedia di dalamnya. Pengaturan spion elektrik seperti ini akan memudahkan pengemudi untuk mengatur spion langsung dari dashboard.

Fitur Hiburan

Meskipun sama sama menggunakan sistem audio tipe 2 DIN, akan tetapi sayangnya pada Toyota Vellfire tidak didukung dengan support Bluetooth. Yang mana tidak memungkinkan pengendara untuk bisa memutar musik melalui smartphone mereka. Namun fitur support bluetooth ini bisa anda temukan pada Toyota Alphard.

Pilihan Warna

Meskipun sama sama hadir dalam 3 pilihan warna yang menarik, akan tetapi pilihan warna pada Toyota Alphard dan Toyota Vellfire berbeda satu sama lainnya. Untuk Toyota Alphard hadir dalam pilihan warna Black, Silver Metallic, White Pearl Mm. Sedangkan untuk Toyota Vellfire hadir dalam pilihan warna Black, Black Crystal, Silver Metallic.

Baca juga : Spesifikasi Dan Kelebihan Mobil Alphard

Karena sebelum kita membeli sebuah kendaraan, alangkah baiknya jika kita itu mencari tahu terlebih dulu informasi tentang kendaraan yg akan kita beli tersebut secara lengkap. Supaya kita lebih merasa yakin pada saat akan membeli, jangan sampai nantinya anda akan merasa menyesal setelah membeli kendaraan tersebut, karena tidak sesuai dengan yg anda harapkan. Sedangkan untuk anda – anda yg sekiranya memang merasa ingin mengetahui secara lengkap informasi mengenai kelebihan Toyota Alphard dan Toyota Vellfire. maka anda bisa menyimak ulasan atau informasi tersebut secara lengkap di bawah ini :

Untuk keluaran paling baru dari mobil toyota alphard ini mulai diproduksi sejak tahun 2015 yg lalu, dimana keluaran terbaru mobil toyota alphard ini sudah banyak mengalami perubahan. Baik dari sisi eksterior hingga interiornya. Selain itu juga banyak fitur – fitur yang lebih canggih yg sudah disematkan kedalam mobil toyota MPV premium yang satu ini. Sayangnya utk kapasitas mesinnya sendiri masih sama seperti dengan generasi pertama toyota alphard, yaitu mesin tipe 2.5L dan 3.5L. Sehingga utk masalah performa mesin dari generasi pertama sampai dengan generasi ketiga ini rasanya mungkin masih sama.

 

Kelebihan Mobil Toyota Alphard

Setiap kendaraan tentunya memiliki kelebihan masing – masing. Sehingga anda juga harus mengetahui apa saja kelebihan dari mobil alphard, dengan adanya kelebihan maka anda akan memiliki kebanggaan tersendiri. Jadi jika anda penasaran dengan adanya kelebihan di mobil alphard ini, maka dibawah ini ada beberapa kelebihan dari mobil alphard :

Bagian Interior Mobil

Pada bagian interior mobil ini dihiasi dengan panel instrumen dengan corak kayu yang membuat penampilan terlihat lebih sejuk. Selain itu, di dalam mobil ini juga menggunakan teknologi panel MID serta plasma cluster yang membuat pendingin mobil menjadi lebih dingin dan nyaman. Ditambah pula sistem ac climate control dual zone yang mampu menyaring debu dan kotoran serta ion negatif sehingga membuat udara menjadi lebih sehat di dalam mobil. Selain itu, kabin mobil alphard ini cukup luas karena dapat menampung hingga 7 orang penumpang di dalamnya. Pada jok mobil nya memiliki sekat satu sama lainnya serta memiliki tempat untuk penyangga tangan dan kaki yang akan memberikan kenyamanan penumpang selama perjalanan. Selain itu, terdapat tambahan sunroof di atap mobil yang dapat membuat penumpang melihat pemandangan diatas mobil dari dalam mobil.

Bagian Eksterior Mobil

Jika dilihat sekilas, penampilan dari mobil alphard ini terlihat seperti mobil keluarga yang didesain cukup modern dan mewah. Bodi mobil nya didesain dengan bentuk yang kokoh dan berani. Pada lampu mobil sudah menggunakan teknologi lampu depan proyektor yang dapat membuat pandangan ke depan menjadi terang pada malam hari. Terdapat pula tambahan lampu kabut pada samping mobil untuk membuat kesan sporty makin terlihat. Pada desain lampu belakang toyota alphard keluaran 2014, sudah mengkombinasikan lampu modern dengan LED yang membuat tampilan nya menjadi lebih elegan. Meskipun ukuran mobil nya terlihat besar, namun pengemudi tetap dapat mengendarai mobil ini dengan baik.

Sistem Keamanan yang Lengkap

Fitur keamanan yang disematkan ke dalam mobil alphard ini tidak main-main lagi. Untuk mengurangi resiko dari benturan yang diakibatkan oleh kecelakaan, mobil alphard sudah dilengkapi dengan 7 airbag yang ditempatkan di setiap , teknologi rem ABS EBD DA, serta fitur VSC dan TRC yang dapat mengurangi terjadinya resiko ketika mobil sedang rem mendadak. Fitur tersebut memberikan efek roda terkunci sehingga mobil tetap dapat stabil.

Fitur Hiburan yang Lengkap

Mobil alphard juga didiukung oleh fitur-fitur hiburan yang lengkap yang dapat membuat penumpang merasa nyaman selama perjalanan. Fitur-fitur tersebut antara lain adalah Radio, VCD, WMA, MP3, IPOD, USB, Div-X, IPOD, AUX-n serta bluetooth. Fitur audio dan visual yang tersedia pun juga memiliki kualitas yang baik sehingga dapat menyenangkan perjalanan meskipun perjalanan ke luar kota sekalipun.

Mesin yang Bertenaga

Mobil alphard menggunakan teknologi mesin yang cukup tangguh dan bertenaga yaitu mesin 2.363 cc 2AZ-FE 16 V DOHC VVT-I yang menggunakan 4 silinder sehingga mobil ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 170 PS pada putaran 6000 rpm sedangkan torsi yang dihasilakn maksimal 22.4 kgm pada putaran 4000 rpm. Sistem bahan bakar yang digunakan sudah menggunakan sistem efi, transmisi CVT dan RW yang digunakan untuk sistem penggerak roda belakang. Mobil alphard pun juga menawarkan mesin dengan pilihan kapasitas yang berbeda yaitu 2.3 liter dan 3.5 liter yang membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih irit hingga 7 %. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi oleh driving indicator yang membuat mobil ini menjadi lebih ramah terhadap lingkungan.

Sistem Pengontrolan yang Memudahkan Pengemudi

Mobil keluaran toyota ini dibekali dengan sistem kemudahan untuk mengontrol serta meningkatkan peforma dari mesin mobil ini. Hal ini dikarenakan adanya dual VV-TI dan ETCS-i and ACIS yang dapat mengoptimalkan torsi sepanjang kendaraan berkecepatan rendah maupun sedang. Selain itu, teknologi ini juga dapat membantu untuk meningkatkan tenaga kendaraan selama digunakan pada kecepatan tinggi. Pada gas pembuangan nya pun sedikit lebih ditekan rendah dan efisien mungkin sehingga dapat menghemat penggunaan bahan bakar.

Dibekali Sistem Parking TV Smart

Hal lainnya yang menjadi kelebihan dari mobil alphard adalah terletak pada fitur sistem parking TV smart yang ditanamkan pada mobil ini. Dengan adanya sistem parking TV smart ini akan memudahkan pengemudi mobil untuk memarkirkan mobil anda. Hal ini dikarenakan posisi dari kamera sendiri berada pada bagian belakang mobil. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi oleh sensor yang dapat mendeteksi benda-benda yang disekitar kamera mobil dengan jarak kurang lebih 70 cm.

Adapun bagi anda – anda yg sekiranya dalam waktu dekat ini memiliki niatan untuk membeli jenis mobil MPV mewah, maka tidak ada salahnya bagi anda untuk melihat terlebih dulu informasi kelebihan dari toyota new vellfire yang akan kami ulas. Siapa tahu saja setelah anda melihat informasi kelebihan toyota new vellfire yg kami sajikan untuk anda, anda akan merasa tertarik untuk membeli mobil MPV mewah toyota yang satu ini, karena mungkin saja anda merasa mobil toyota vellfire ini ternyata sesuai dengan tipe mobil MPV yang memang sedang anda – anda cari selama ini.

 

Kelebihan Mobil Toyota Vellfire

Untuk kelebihan toyota vellfire yg pertama sudah pasti dpt kita lihat dari sisi eksteriornya, dimana desain eksterior toyota vellfire ini telah dirancang dengan model yg jauh lebih sporty dan aerodinamis. Hal tersebut tentunya dapat kita lihat dari bagian lampu utamanya yang telah dirancang dengan desain yg baru, dengan penambahan day running light yg menjadikan kesan sporty dan elegan lebih terasa pada mobil toyota MPV ini. Selain itu, penambahan lampu fog yg terpasang pada bagian bumper depan juga menjadikan pencahayaan mobil toyota vellfire ini akan lebih terlihat baik, dan hal tersebut tentunya dpt membuat para pengguna lebih merasa nyaman saat berkendara malam hari.

Selain itu, kelebihan toyota vellfire lainnya pada desain body eksterior ialah terdapat pada bagian grille depan yg telah dirancnag dengan desain yg baru pula, menjadikan mobil toyota MPV ini lebih terlihat kokoh. Sedangkan utk desain eksterior belakang, mobil toyota ini juga telah dilengkapi dengan desain lampu belakang yg kurang lebih sama dengan toyota alphard, menjadikan penampilannya menjadi lebih modern. Ditambah lagi dengan adanya spoiler pada bagian belakang atas yg sudah terpasang pula dengan adanya high mount lamp, menjadikan penampilan mobil toyota MPV ini lebih terlihat sporty lagi.

Sedangkan utk kelebihan toyota vellfire lainnya ialah terdapat pada bagian interior, dimana interior toyota vellfire ini telah dirancang dengan desain dan bahan kualitas yg mewah, menjadikan kesan elegan pada bagian mobil toyota ini akan lebih terasa. Untuk jumlah kursi yg terpasang pada mobil toyota MPV ini adalah berjumlah 6 kursi yg terdiri dari 3 baris, dengan tipe kursi yg digunakan kurang lebih juga sama dengan toyota alphard. Dimana kursi pada baris kedua telah dirancang secara terpisah, dan hal tersebut menjadikan para pengguna akan lebih merasa nyaman ketika berkendara dengan mobil MPV toyota yg satu ini.

Selain itu, kelebihan mobil toyota vellfire lainnya ialah terdapat pada bagian fitur, dimana fitur – fitur yg disematkan kedalam mobil toyota ini juga sangat lengkap. Beberapa fitur diantaranya adalah desain speedometer yg dirancang dengan lebih interaktif, menjadikan para pengemudi dapat mengetahui informasi seputar mobil toyota ini dengan lebih mudah dan lengkap. Bukan hanya itu saja, mobil MPV toyota ini juga telah dilengkapi dengan adanya sistem audio yg mendukung fitur layar sentuh, sehingga para pengguna bisa mendapatkan media hiburan yg sangat lengkap. Ditambah dengan keluaran audio yg sangat mantap.

Untuk kelebihan toyota vellfire selanjutnya ialah terdapat pada bagian mesin, dimana tipe mesin yg digunakan pada mobil toyota ini adalah 2AR-FE 4 silinder menggunakan 16 buah katup DOHC dan Dual VVT-i. Dengan kapasitas silindernya sendiri adalah 2.494 cc yg mampu memberikan tenaga maksimalnya mencapai 180 PS dan mampu memberikan torsi maksimalnya mencapai 23.9 Kgm. Dengan tipe transmisi yg digunakan pada mobil toyota ini adalah CVT atau otomatis, dan untuk sistem bahan bakarnya sendiri adalah EFI atau Electronic Fuel Injection. Sehingga konsumsi bahan bakarnya akan cukup irit.

Nah itu tadi beberapa perbedaan dari Mobil Toyota Alphard dan Toyota Vellfire yang dapat anda ketahui. Setiap jenis mobil tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan mengetahui perbedaan dari kedua mobil tersebut, anda tidak kebingungan dalam memilih mobil mana yang tepat untuk kebutuhan anda. Jika anda mengingkan sensasi berkendara yang mewah dan berkelas, Toyota Alphard menjadi pilihan yang tepat. Namun jika anda menginginkan kendaraan keluarga dengan kesan sporty, tentu saja Toyota Vellfire menjadi pilihan yang utama. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Comments 0

Please login or register to comment.

    There are no comments

Shopping Tools