New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_1090

Cara Baca Kode Aki Mobil Supaya Tidak Salah Beli Kalau Mau Ganti

Cara Baca Kode Aki Mobil Supaya Tidak Salah Beli Kalau Mau Ganti

Setelah sebelumnya mengenali jenis aki atau baterai mobil, sekarang saatnya kamu paham tipe aki mobil.

Seperti diketahui, setiap mobil punya kode aki yang berbeda tergantung kebutuhan daya mobilnya.

Untuk itu, kamu bisa lihat kode aki di bodinya atau di buku petunjuk manual kendaraan untuk memastikan tidak ada kesalahan saat ingin mengganti aki mobil baru.

Nah, kali ini akan diberikan panduan membaca kode kapasitas aki mobil supaya kamu lebih paham.

Standar Kode Aki Mobil

Pada dasarnya, kode aki dituliskan mengikuti 2 standar yakni Japan Industrial Standard (JIS) dan Deutsches Institut für Normung (DIN).

Yang lebih banyak beredar adalah aki berstandar JIS karena sesuai dengan permintaan pasar yang lebih banyak kendaraan Jepang.

Perbedaan standar bisa dilihat pada letak kepala aki (kutub), tenggelam untuk aki tipe DIN dan muncul untuk aki tipe JIS (lebih tinggi).

Belajar Kode Aki Mobil

Aki Japan Industrial Standard (JIS), contohnya saja Aki NS40ZLS.

Pada aki ini N artinya Normal, S yang bermakna pengurangan daya aki sebesar 20%, 40 menunjukan daya utama aki, Z merupakan kode untuk penambahan daya aki sebesar 10% setelah dikurangi 20% (huruf S pertama).

Selanjutnya untuk alphabet L artinya left, artinya pole (kepala aki / kutub negatif) [-]) berada di sebelah kiri.

Tanpa kode ini pole pasti berada di sebelah kanan, dan S yang terakhir artinya aki memiliki kutub ukuran besar.

Jadi aki NS40ZLS mempunyai daya: 40Ah - 20% + 10% = 32 Ah dengan pole sebelah kiri dan kepala aki besar.

Contoh lainnya adalah Aki N 40, yang menunjukkan bahwa daya utama 40Ah, Kepala aki besar, walaupun tidak memiliki kode S di belakangnya karena huruf awalnya bukan NS.

Kemudian ada pula Aki NS 40: kapasitas 32 Ah, Aki NS 40 Z: kapasitas 35 Ah, Aki NS 40 ZS: kapasitas 35 Ah dengan kepala aki besar.

Kode Aki Baru Lebih Simpel

Sekarang ini kode di atas mengalami perubahan menjadi lebih simpel.

Contohnya NS 40 menjadi 32B20R, 32 artinya kapasitas aktual aki 32 Ah, lalu B merupakan kode baterai, 20 adalah panjang aki 20cm dan R kode dari posisi pole di sebelah kanan.

Sedangkan untuk Aki Deutsches Institut für Normung (DIN) banyak digunakan untuk mobil buatan Eropa.

Aki ini menggunakan kode 5 digit angka, tapi yang perlu diperhatikan hanya 3 digit angka di depan.

Cara membacanya, angka I 5 menjadi 0, lalu angka I 6 menjadi 1, dan angka I 7 menjadi 2.

Contohnya adalah aki 54533, maka angka I 5: menjadi angka 0, angka II & III 45 = tetap angka 45 dan kapasitas (daya) aki adalah 045 Ah = 45 Ah.


Back to top