Toyota Astra Mototr Indonesia - Dear Solo Traveler, Persiapkan Hal Berikut Ini Supaya Solo Traveling Kamu Berlangsung Seru dan Aman

Travel

10 Oktober 2018

Dear Solo Traveler, Persiapkan Hal Berikut Ini Supaya Solo Traveling Kamu Berlangsung Seru dan Aman

By IndriTraveller

Seperti sudah aku tulis sebelumnya, menjadi solo traveler itu merupakan sebuah pengalaman unik sekali seumur hidup yang tak akan terlupakan.

Banyak hal baru dan seru yang bisa kamu alami langsung, berinteraksi dengan penduduk lokal, menikmati kuliner dan budaya setempat, serta mendapatkan teman baru.

Meski begitu, ada beberapa hal mesti kamu persiapkan agar dapat jalan-jalan sendiri dengan aman dan nyaman. Ini beberapa di antaranya.

• Foto/scan semua dokumen dan identitas

Jangan lupa untuk mengabadikan paspor, KTP, SIM, dan kartu asuransi. Kalau mau lebih rapi dan terbaca jelas, bisa kamu scan semuanya.

Tak lupa untuk menyimpan data tersebut ke akun email pribadi serta orang terdekat. Buat folder khusus di galeri foto ponsel untuk memudahkan saat dibutuhkan.

Hal ini sangat diperlukan agar kamu memiliki dokumen cadangan jika dokumen asli yang dimiliki hilang saat berlibur.

• Infokan perjalanan ke sahabat atau kerabat

Hal ini juga penting untuk dilakukan agar mereka selalu mendapat kabar terbaru dan tahu bahwa kondisi kamu baik-baik saja.

Apalagi sekarang ada aplikasi seperti WhatsApp yang memudahkan kamu untuk komunikasi.

• Simak berita tentang kota dan negara yang akan dikunjungi

Hal ini agar kamu dapat mencegah kunjungan ke daerah yang sedang mengalami konflik atau cuaca ekstrem.

• Simpan dan bawa business card tempat tinggal kamu

Selalu bawa kemanapun kamu pergi agar saat kehilangan arah, cukup gunakan kartu tersebut sebagai petunjuk untuk membantu kamu kembali ke tempat semula.

Di era digital, kamu bisa memanfaatkan peta digital untuk menandakan lokasi penginapan kamu dan mencarinya saat kesasar.

• Simpan uang cadangan

Jangan taruh semua uang kamu di dalam dompet. Sisakan secukupnya di kamar hotel.

Saat di jalan juga jangan letakkan semua uang yang dibawa ke dalam dompet. Pisahkan sebagian, misalnya di dalam tas atau kantong celana.

• Bawa kartu kredit

Kartu kredit sangat bermanfaat saat kamu tidak punya uang tunai atau kehilangan dompet. Minimal kamu ada pegangan buat ongkos naik pesawat untuk pulang.

• Hampiri petugas di stasiun atau terminal

Tanyakan pada mereka tentang tarif rata-rata taksi dan merk apa yang paling terpercaya.

Biasanya sistem pembelian tiket kereta di setiap negara berbeda, tanyakan pula kepada mereka caranya supaya tidak bingung.

Di stasiun atau terminal juga biasanya ada peta kertas. Ambil dan pelajari biar tidak tersesat.

Apalagi biasanya di peta itu ada destinasi wisata dan nomor penting lokal yang bisa dihubungi. Sembari santai, kamu bisa mempelajarinya.

• Berjalan dengan yakin

Dengan cara ini akan menunjukan bahwa kamu tahu pasti tujuan kamu, sehingga orang yang memiliki niat buruk akan enggan mengganggu.

• Cek peta dan jadwal bus

Jika kamu lupa, jangan langsung memeriksanya di tempat umum. Masuklah ke toko buku atau restoran terdekat untuk mencari petunjuk yang kamu perlukan.

Jangan terlihat kebingungan di tempat umum dan hampiri orang yang bisa dipercaya untuk bertanya, seperti pelayan toko bila tidak ada petugas.

• Hindari pemakaian earphone

Saat berpetualang sendirian, kamu harus lebih peka dengan situasi sekitar. Penggunaan earphones dapat membuat kamu kurang peka dan waspada.

Lagian buat apa jauh-jauh ke daerah lain atau ke negeri orang kalau malah hanya asyik sendiri dan melewatkan kesempatan mendapatkan pengalaman seru.

• Percaya pada insting

Saat seseorang menghampiri kamu dan membuat tidak nyaman, jangan segan untuk segera meninggalkan orang tersebut.

• Jangan memberitahu orang asing bahwa kamu sendirian

Memang rasanya menyenangkan memiliki teman baru saat bepergian, tapi jangan sampai hal ini justru menjerumuskan kalau tidak waspada.

Jangan beritahu jika kamu sendirian, hal ini penting untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

• Maksimalkan gadget

Banyak aplikasi pada ponsel yang sangat bermanfaat dan bisa mendukung perjalanan solo traveling kamu. Yang pasti harus ada adalah peta digital.

Aplikasi taksi online seperti Uber juga bisa kamu instal. Biar mudah, pilih pembayaran dengan kartu kredit.

Aplikasi penerjemah bahasa yang mengandalkan suara juga bisa dimanfaatkan, terutama di wilayah yang tidak bisa berbahasa Inggris.

Aplikasi petunjuk tempat wisata dan kuliner bisa kamu pakai juga, termasuk aplikasi transportasi massal setempat.

Comments 0

Please login or register to comment.

    There are no comments

Shopping Tools