Toyota Astra Mototr Indonesia - Dimensi Toyota Avanza , Menjadikannya lebih Gagah

Automotive

25 April 2018

Dimensi Toyota Avanza , Menjadikannya lebih Gagah

By nasyi

PT Toyota Astra Motor (TAM) ini secara resmi telah mengeluarkan generasi ketiga dari ‘mobil sejuta umat’ Avanza. Toyota juga menyematkan desain head lamp yang baru di New Toyota Avanza ini. Kalau di versi sebelumnya Avanza mempunyai design lampu utama berbentuk bumerang, tapi kali ini Toyota merilis design lampu utama klasik yang berbentuk trapesium dengan ujung meruncing keluar pada bagian bodi samping. Selain itu, Toyota Avanza yang versi baru ini juga mempunyai design grille radiator baru yang ukurannya lebih besar tersebut dari Avanza versi lawas.

Baca juga : Review Toyota Avanza

Bentuk grille yang horizontal ini juga akan memberikan aura kokoh serta mewah yang ada di New Toyota Avanza ini. Bergerak ke samping. Toyota juga memberikan aksen New Side Body Molding di Avanza generasi baru ini. Aksen molding di bagian bodi samping Avanza ini akan memberikan aura sporty yang begitu kuat. Kemudian, pada bagian bodi belakang, anda tentu akan disuguhi dengan tampilan baru oyota sebenarnya yang tetap mempertahankan konsep kabin Avanza versi pada lama di versi terbarunya ini. Tapi yang pasti Toyota juga masih memberikan beberapa sentuhan baru gun                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 a untuk memperkuat aura kemewahannya.

Di bagian kemudi mobil ini, anda pun juga bisa menimati fasilitas yakni dashboard modern dan dengan dua aksen warna yang berbeda, gelap di bagian atas serta terang di bagian bawahnya. Bagian tengah dashboard di Grand New Toyota Avanza diisi oleh panel layar Multi Information Display (MID) yang juga menggunakan panel layar LCD. Di bawah layar MID juga ada tombol audio serta juga AC. Dan di bagian ruang kendali Toyota Avanza sebelah kanan tepat di depan setir ditempati oleh panel speedometer yang terdiri dari tiga lingkaran. Di panel ini telah dilengkapi juga dengan ECO lamp indicator , fuel indicator , dan indikator lampu utama serta lampu sein .

Lalu pada bagian kabin penumpang , New Toyota Avanza ini juga telah dibekali dengan ruang kabin yang begitu luas yang juga dilengkapi oleh jok yang sangat empuk , tentu ini sangat berbeda dengan Toyota Avanza generasi lama .

Ruang kabin yang begitu nyaman pastinya juga harus didukung oleh dimensi mobil Avanza yang lega serta sasis kokoh . Spesifikasi Avanza yang ada di bagian dimensinya emang masih menggunakan konsep yang hampir sama dengan generasi sebelumnya . Secara fisik Grand New Toyota Avanza ini mempunyai ukuran tubuh 4.190 x 1.660 x 1.695 mm dan dengan bobot kosong yang mencapai 1.085 kg . Dengan jarak sumbu roda mencapai 2.655 mm tentunya ini akan memudahkan pengemudi guna untuk bermanuver di jalan.

Sebetulnya, ukuran tubuh New Toyota Avanza ini juga tak terlalu berbeda jauh dengan yang versi lamanya . Tapi Grand New Avanza ini mempunyai bodi yang terlihat lebih besar . Guna untuk mendukung stabilitas serta kenyamanan penumpangnya , Avanza generasi baru ini telah menggunakan sistem suspensi MacPherson Strut di bagian depan serta juga per koil di bagian suspensi belakang. Pada Toyota Avanza generasi baru ini juga telah menggunakan rem cakram di bagian depan, serta rem yang model drum di bagian belakang guna untuk memberikan pengereman yang mumpuni . Dan di bagian kaki kaki , spesifikasi Toyota Avanza ini juga telah dibekali dengan desain velg baru 14 inci yang juga dibalut ban berukuran 185/70.

Ruang kabin Avanza yang nyaman didukung  oleh dimensi yang lega dan sasis kuat . Spesifikasi Avanza pada bagian dimensi memiliki ukuran tubuh 4.190 x 1.660 x 1.695 mm dengan berat kosong mencapai 1.085 kg. Mobil MPV ini miliki jarak sumbu roda mencapai 2.655 mm tentunya akan memudahkan pengemudi untuk bermanuver di jalan .  Avanza terbaru menggunakan sistem suspensi MacPherson Strut pada bagian depan dan juga per koil pada suspensi belakang untuk stabilitas yang lebih baik sehingga dapat berikan kenyamanan pada penumpangnya .  Toyota Avanza dilengkapi dengan rem cakram untuk bagian depan , serta rem model drum pada bagian belakang . Teknologi Mesin Dual VVT-I membuat Toyota Avanza lebih bertenaga dan irit bahan bakar.

Toyota menghadirkan Grand New Avanza dalam dua pilihan kapasitas isi silinder , yaitu Grand New Avanza 1.3L dengan mesin 1.500 cc dan juga Grand New Avanza 1.5L dengan mesin 1.500 cc .  Avanza baru ini disematkan tipe mesin DOHC empat silinder 16 katup dengan teknologi Dual VVT-i. K Mesin pada Grand New Toyota dapat mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 95.5 PS pada putaran mesin 6.000 rpm . Untuk torsinya sebesar 12,3 Nm pada 4.200 rpm . Digerakkan oleh transmisi empat percepatan , Grand New Avanza hadir dalam tipe transmisi otomatis dan juga transmisi manual.

Bila Anda merupakan first buyer , sudah pasti proses membeli mobil bisa lebih merepotkan . Hal ini karena banyak pertimbangan yang harus dipikirkan ketika Anda ingin membeli mobil idaman Anda. Bukan hanya soal harga , spesifikasi dari kendaraan pun harus Anda pertimbangkan dengan baik . Toyota Avanza telah dihadirkan dengan 7 tipe yakni Tipe 1.3 E STD M/T – Tanpa Rem ABS, Tipe 1.3 E STD A/T – Tanpa Rem ABS, Tipe 1.3 E M/T (manual), Tipe 1.3 E A/T (automatic), Tipe 1.3 G M/T (manual), Tipe 1.3 G A/T (automatic) dan Tipe 1.5 G M/T (manual) . Anda tidak akan kehabisan pilihan lagi, setiap tipe ini memiliki keunggulannya masing-masing . Bila dana mencukupi , Anda bisa memilih tipe tertinggi dari Toyota Avanza ini . Toyota All New Avanza juga telah dirilis dengan mesin VVT-i serta menghasilkan daya maksimum 92 Ps / 6,000 rpm.

Menggunakan Toyota Avanza generasi terbaru ini akan semakin nyaman baik di perkotaan atau medan jalan pegunungan . Anda tidak perlu khawatir jika harus menggunakan mobil ini untuk mudik setiap tahunnya. Anda yang first buyer dan masih bingung menentukan pilihan . Sekali lagi , Toyota Avanza hadir dengan spesifikasi tinggi dan varian yang banyak .

Untuk memeriahkan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) memamerkan salah satu karya modifikasi hasil racikan anak bangsa . Meski mobil yang dipamerkan hanya mendapatkan perubahan yang ringan saja, namun mobil modifikasi karya Mifta Farid Sah Putra dari Product Planning & Development Division TAM bisa menjadi inspirasi pemilik Veloz dalam memperkuat karakter dari mobil MPV tersebut . Mifta menamai karyanya tersebut dengan sebutan Tigre . Nama itu berasal dari bahasa Italia yang artinya tiger atau harimau.

 Dalam melakukan modifikasi ini , Mifta mengkombinasikan warna sonic titanium pada bodi dan red mica crystal shine sebagai aksen pada bumper depan. Dan di bagian belakang , modifikasi ini telah dilakukan pada rear roof spoiler dengan HMSL , rear backdoor garnish , rear bumper , dan black taillamp cover.

Salah satu yang tampil menonjol adalah high modification pada Avanza Veloz 1.3 A/T atau dikenal Veloz Tigre dengan tema tough and advance . Kata Tigre diambil dari bahasa Italia yang artinya adalah Harimau/Macan . Desain pada mobil dengan karakter sporty ini  terinspirasi dari karakter wajah Harimau Marag (Furious Face) dengan perpaduan aura atletis. TAM telah mengkombinasikan warna sonic titanium di body serta red mica crystal shine sebagai aksen di bumper depan .

Tak cukup sampai disitu saja , karena terdapat pula kombinasi head lamp projector berwarna hitam dna black piano pada grille serta foglamp sehingga membuat tampilan Veloz kian gagah . Sedangkan pada bagian belakang, dilakukan modifikasi pada rear roof spoiler , rear backdoor garnish rear bumper serta black taillamp cover dipadukan alloy wheel 16 inch . "Kami tampilkan mobil dress up untuk menginspirasi pelanggan mewujudkan ide kreatif dalam memiliki mobil," ujar Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM, Sabtu (20/8/2016) di ICE, BSD City, Tangerang Selatan, Banten.

Sebagai sebuah keluarga yang sangat menyukai traveling atau jalan-jalan, memiliki mobil yang irit namun keren menjadi prioritas utama . Hal inilah yang menjadi prioritas keluarga Prima Hapsari, ia mengaku memang bukanlah pecinta city car berukuran kecil .  Memang sih keliatan ramping dan praktis bisa salip sana sini, tapi saya lebih suka mobil keluarga yang bisa muat 7 orang . Mobil keluarga/MPV dengan tiga baris kursinya membuat anak-anak nyaman bermain di dalam mobil walaupun kami sedang melakukan road trip yang jauh .

Untuk itu , setiap kali bepergian , yang harus membawa banyak sekali barang bawaan mulai dari baju, cemilan , mainan bahkan hingga bantal serta boneka kesayangan anda . Dan jika anda menggunakan Toyota Avanza yang memang memiliki kabin luas . Ada beberapa keunggulan dalam menggunakan Toyota Avanza ini , yang pertama adalah pemakaian bahan bakar yang irit .

Menurut salah satu konsumen “Beberapa kali saya melakukan perjalanan ke luar kota , dari Jogja ke Bandung , Jogja ke Bali dan yang terakhir dari Jogja ke Surabaya . Saya tidak perlu mengisi bahan bakar berulang kali. Saat ke Bandung saya hanya membeli Rp. 600 ribu premium , itu sudah cukup untuk pulang pergi. Untuk jarak dekat misal mudik ke Klaten saya mengisi Rp. 100 ribu bisa digunakan 2 kali pulang pergi ke klaten . Jujur, menggunakan MPV merk lain bahan bakarnya lebih boros dan bikin budget traveling saya membengkak,” . Alasan lain mengapa ia memilih Toyota Avanza adalah karena harga jualnya yang cukup tinggi .

Comments 0

Please login or register to comment.

    There are no comments

Shopping Tools