New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_2270

Fungsi, Kelebihan, dan Cara Kerja Power Steering Elektrik atau EPS

Fungsi, Kelebihan, dan Cara Kerja Power Steering Elektrik atau EPS

Electric Power Steering (EPS) atau power steering elektrik merupakan salah satu jenis power steering yang banyak dipakai mobil modern, termasuk pada produk Toyota terbaru.

Berbeda dengan power steering hidraulis, EPS mengandalkan motor listrik untuk meringankan beban pada tangan pengemudi saat memutar setir.

EPS menggunakan sensor yang membaca input dari pengemudi kepada setir lalu mengirim sinyal kepada motor listrik untuk memutar batang setir di dalam rumah kemudi.

Fungsi dan Kelebihan dari Power Steering Elektrik

Sejarahnya, EPS diciptakan untuk menyederhanakan sistem power steering hidraulis yang membebani putaran mesin sehingga mengurangi efisiensi bahan bakar.

Tidak heran bila power steering elektrik diyakini mampu membantu efisiensi bahan bakar yang lebih baik pada mobil.

Tidak hanya itu, EPS juga tidak lagi menggunakan fluida sehingga hampir bebas perawatan dan ringkas secara mekanikal.

Power steering hidraulis membutuhkan ganti oli power steering secara berkala di bengkel resmi Toyota dan ada risiko seal getas yang menyebabkan kebocoran.

Cara Kerja EPS

Electric Power Steering menggunakan motor elektrik yang berhubungan langsung dengan batang setir (steering column) untuk membuat ringan putaran setir.

Biasanya motor penggerak EPS diletakkan di bawah dasbor atau di ruang mesin layaknya power steering hidraulis.

Perintah kerja motor EPS diberikan oleh komputer yang melihat respons pengemudi terhadap setir dan kinerja mesin seperti kecepatan aktual.

Begitu mesin dihidupkan, noise suppressor langsung memberikan informasi pada control module.

Control module kemudian mengaktifkan sistem EPS dan kopling langsung menghubungkan motor EPS dengan batang setir.

Sementara itu, informasi arah dan kecepatan putaran setir disampaikan torque sensor ke control module.

Dengan informasi dari torque sensor tadi, komputer mengatur besarnya arus listrik ke motor agar bisa berputar sesuai arah dan kecepatan yang diminta.

Selain itu, EPS juga dibekali speed sensor yang membaca kecepatan kendaraan.

Jadi ketika mobil mencapai kecepatan tertentu (biasanya di atas 80 km/jam) maka ia akan menginformasikan control module untuk menonaktifkan EPS.

Dengan begitu setir menjadi lebih berat sehingga dapat menambah kestabilan dan menjaga safety berkendara.

Terakhir, control module juga bertugas mendiagnosa jika ada kerusakan atau malfungsi pada sistem EPS.

Jika terdeteksi ada kerusakan, maka lampu indikator EPS pada panel instrumen akan menyala atau berkedip sesuai kerusakan yang terjadi.


Back to top