Toyota Astra Mototr Indonesia - Inilah Aturan Yang Melarang Kamu Berhenti di Bahu Jalan Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran

Tips

19 Juni 2018

Inilah Aturan Yang Melarang Kamu Berhenti di Bahu Jalan Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran

By Salsa

Rest area menjadi salah satu penyebab timbulnya kemacetan saat arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini. Kapasitas parkir yang terbatas tak sanggup menopang lonjakan mobil yang masuk.

Beberapa orang menggunakan bahu jalan untuk beristirahat. Hal ini tidak dibenarkan lantaran bukan itu fungsi utama bahu jalan.

Selain jalur lalu lintas utama, tol juga punya bahu jalan yang spesifikasinya, punya lebar yang bisa digunakan sebagai jalur lalu lintas sementara dalam keadaan darurat.

Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2005 tentang Jalan Tol, tertulis jelas apa yang boleh dan tidak dilakukan pada jalur tersebut.

Pada pasal 41 ayat 2 penggunaan bahu jalan diatur sebagai berikut:

a. Digunakan bagi arus lalu lintas pada keadaan darurat.

b. Diperuntukkan bagi kendaraan yang berhenti darurat.

c. Tidak digunakan untuk menarik/menderek/mendorong kendaraan.

d. Tidak digunakan untuk keperluan menaikkan atau menurunkan penumpang, dan (atau) barang dan (atau) hewan.

e. Tidak digunakan untuk mendahului kendaraan.

Namun, perlu diketahui, pada lembar Penjelasan atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2005 Tentang Jalan Tol halaman 16, maksud keadaan darurat (pada pasal 41 ayat 2 huruf a) di mana sebagian atau seluruh jalur lalu lintas tidak dapat berfungsi, karena kejadian kecelakaan lalu lintas, pekerjaan pemeliharaan.

Terpenting lagi, keterangan untuk pasal 41 ayat 2 huruf b, pada dasarnya kendaraan tidak diperkenankan berhenti di sepanjang jalur bahu jalan.

Jadi yang dimaksud dengan kendaraan berhenti darurat adalah, mereka yang berhenti sebentar karena keadaan darurat yang disebabkan antara lain mogok, menertibkan muatan, gangguan lalu lintas, gangguan fisik pengemudi.

Kesimpulannya, jika kondisi lelah dan butuh istirahat, baiknya pengemudi mengarahkan kendaraan ke rest area terdekat.

Selain aman, beragam fasilitas yang terdapat di dalamnya bisa dimanfaatkan lebih maksimal. Dan yang pasti tidak menambah simpul kemacetan akibat banyaknya mobil berhenti di bahu jalan.

Comments 0

Please login or register to comment.

    There are no comments

Shopping Tools