New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_3363

Jenis dan Cara Kerja Airbag Sebagai Fitur Keamanan di Mobil, Pastikan Sudah Memakai Seatbelt

Jenis dan Cara Kerja Airbag Sebagai Fitur Keamanan di Mobil, Pastikan Sudah Memakai Seatbelt

Pada mobil-mobil modern sering dijumpai tulisan SRS airbag di tengah setir atau dasbor penumpang depan.

SRS merupakan singkatan dari Supplementary Restraint System yang artinya fitur ini bersifat pendukung dan bukan fitur utama untuk menyelamatkan penumpang saat terjadi kecelakaan.

Cara Kerja Airbag Mobil

Setiap mobil memiliki sensor airbag di bagian depan yang menerima energi benturan dan selanjutnya mengirim sinyal ke ke Initiator.

Selanjutnya Initiator akan membakar Propellant Gain & Enhancer sehingga menghasilkan gas.

Gas tersebut akan mengembangkan airbag untuk melindungi penghuni kabin saat terjadi benturan, untuk selanjutnya mengempis kembali.

Proses dari terjadinya benturan hingga airbag mengembang terjadi sangat cepat, tidak lebih dari 0,2 detik saja.

Kondisi Mengembangnya Airbag

Airbag akan mengembang jika tingkat benturan di atas ambang yang dirancang, yaitu pada kecepatan kendaraan kira-kira 25 km/jam ketika menabrak secara frontal penghalang diam yang tidak bergerak seperti tembok.

Batas kecepatan yang mungkin lebih tinggi dari 25 km/jam jika membentur sebuah obyek atau penghalang yang dapat bergerak jika tertabrak, seperti menabrak bagian belakang mobil lain.

Termasuk benturan keras pada bagian samping dan bawah mobil, tergantung jenis airbag dan sensornya yang dipasang.

Efek Airbag Mengembang

Saat mengembang, airbag akan menimbulkan beberapa efek yang akan membuat kamu tidak nyaman.

Mengingat kecepatan ledakan yang sangat tinggi, kontak penumpang dengan airbag dapat menyebabkan memar.

Saat meletup, airbag juga akan mengeluarkan asap putih.

Tidak berbahaya, tapi dapat menyebabkan sedikit iritasi pada mata atau kulit.

Side Airbag

Untuk side airbag atau airbag samping, terdapat sensor pada pilar B yang akan memerintahkan airbag untuk mengembang ketika tabrakan dari samping.

Bila dual airbag mengembang dari setir dan dasbor, pada side airbag kantung udara yang mengembang dari door trim atau pilar mobil.

Kecepatan mengembang side airbag sejauh ini paling cepat dibandingkan dengan airbag lainnya.

Ini karena jarak antara penumpang dan sisi samping dalam mobil yang lebih kecil sehingga kecepatan mengembang harus lebih cepat.

Biasanya, side airbag dipadukan dengan curtain airbag yang berguna untuk melindungi kepala penumpang dari benturan saat tabrakan samping.

Posisi kantung udara berada di atas jendela samping sehingga kepala penumpang atau pengemudi tidak cidera parah.

Tidak hanya untuk mobil dua baris, curtain airbag juga melindungi penumpang baris ketiga.

Knee Airbag

Selain dual airbag, side airbag dan curtain airbag, ada juga knee airbag yang terpasang di bawah dasbor tepat di depan lutut.

Kantung udara pada knee airbag tersebut mengisi ruang antara dasbor dan kaki.

Bukan hanya melindungi lutut, airbag ini juga berfungsi untuk megurangi tekanan pergerakan tulang pinggul agar tidak cidera parah ketika mengalami tabrakan depan dengan kecepatan tinggi.

Untuk sensornya, umumnya menjadi satu dengan dual airbag.

Wajib Pakai Seatbelt

Airbag baru akan efektif bekerja bila kamu menggunakan seatbelt atau sabuk pengaman.

Jika tidak pakai seatbelt, maka saat benturan tubuh kamu akan menekan airbag yang sedang berkembang.

Situasi ini malah menimbulkan potensi masalah baru yaitu benturan keras dan kesulitan bernapas.

Selain itu, bila tidak pakai seatbelt, tubuh kamu akan terlempar dan membentur bagian kabin, bahkan ada risiko terlempar keluar.

Beda saat kamu pakai seatbelt, tubuh akan ditarik kembali ke belakang setelah bergerak maju ke depan akibat efek benturan dan tetap diam di bangku mobil.

Perlu dipehatikan, ketika airbag sudah mengembang tidak bisa dipakai ulang melainkan harus diganti baru.

Lakukan penggantian airbag yang baru di bengkel resmi Toyota.


Back to top