Toyota Astra Mototr Indonesia - Komunitas Tak Hanya Konsumen di Mata Toyota

Community

09 Januari 2018

Komunitas Tak Hanya Konsumen di Mata Toyota

By Administrator

Kehadiran komunitas mobil Toyota tak dianggap remeh oleh Toyota. Para anggota komunitas ini bukan sekedar konsumen namun juga mitra bagi Toyota. Para anggota komunitas ini telah ikut berpartisipasi dalam mengangkat citra Toyota di mata Konsumen. Selain itu, komunitas juga telah membantu memperbaiki kualitas layanan dengan memberikan kritik dan saran yang membangun.

"Keberadaan teman-teman komunitas itu independen. Meski kami juga sering memberikan dukungan saat mereka menggelar acara," kata Officer -Community Section Communication Department-Marketing Department PT TAM, Rendhy Ervianto, di Jakarta, Minggu (10/5/2015) sesuai yang dikutip pada oto detik.com

Rendhy juga mengungkapkan bahwa komunitas sering memberikan layanan dari mulai penjualan, penjualan spare part, servis hingga mempromosikan produk-produk Toyota. Secara tak langsung, komunitas telah menjadi duta bagi brand Toyota di mata konsumen.

"Secara alamiah sebenarnya, anggota komunitas itu membentuk kelompok brand loyalist. Oleh karena itu kami sangat mengapreasi mereka," lanjut Randhy.

Toyota pun memberikan berbagai bentuk apresiasi dari dukungan yang telah diberikan komunitas tersebut. Salah satunya adalah mendapatkan prioritas untuk menyaksikan launching produk baru hingga kunjungan ke pabrik. Toyota juga sering memberikan program promo diskon harga spare part. Program ini pun juga diakui oleh Ketua Umum Velozity, Didy Soenaryadi.

"Secara alamiah sebenarnya, anggota komunitas itu membentuk kelompok brand loyalist. Oleh karena itu kami sangat mengapreasi mereka," ungkap Didy pada oto detik.com.

Didy mengungkapkan jika Toyota telah memperlakukan Velozity dan komunitasnya seperti mitra dan bukan hanya sekedar kelompok atau komunitas. Banyak komunitas Toyota yang merasa nyaman dan tidak seperti sedang di bawah naungan dengan sistem komando. Karena apresiasi yang menghargai setiap dukungan komunitas inilah, komunitas mampu memberikan berbagai saran dan kritik yang membangun Toyota menjadi lebih baik. Kini, dengan saling mengapresiasi dan mendukung akan terjalin hubungan yang saling menguntungkan.

Sudah ada banyak sekali komunitas resmi Toyota yang berada di bawah binaan PT Toyota Astra Motor. Contohnya adalah Velozity, AXIC dan Toyota Soluna Vios Club.

Comments 0

Please login or register to comment.

    There are no comments

Shopping Tools