New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_3689

Masalah dan Cara Merawat Rem Cakram Mobil Untuk Cegah Rem Blong

Masalah dan Cara Merawat Rem Cakram Mobil Untuk Cegah Rem Blong

Rem cakram terdiri dari piringan cakram baja terbuka dan unit kampas untuk menjepit cakram sehingga putaran roda berhenti. Untuk mengoperasikannya, rem ini menggunakan sistem hidrolik atau dorongan minyak rem yang ditekan via pedal di kokpit pengemudi.

Rem cakram memiliki keunggulan pada sistem pengereman yang lebih mudah melepaskan panas sehingga lebih pakem ketimbang rem teromol. Meski begitu, ada beberapa hal wajib kamu perhatikan dalam merawat rem jenis ini supaya tidak gagal beroperasi.

Masalah pada Rem Cakram

1. Rem macet saat bekerja akibat kampas rem yang tidak rata menyentuh piringan cakram. Kondisi ini bisa disebabkan oleh kebocoran pada selang pengantar minyak dari master rem ke kaliper rem. Untuk mengatasinya bisa mengganti selang rem dan seal/karet pada master rem dan kaliper.

2. Angin masuk ke dalam sistem pengereman bisa juga membuat rem cakram tidak pakem. Cek minyak rem dan pastikan penuh sampai batas maksimal sebagai tanda awal tidak ada kebocoran.

Kemudian injak pedal rem berulang-ulang dan tahan, buka penutup yang ada di kaliper, setelah angin keluar, kencangkan kembali penutupnya. Ulangi terus sampai angin hilang dan rem kembali normal. Prosedur ini cukup sulit dilakukan, supaya mudah kamu bisa membawa mobil ke bengkel resmi Toyota.

3. Kampas rem sudah mulai habis sehingga piston pada kaliper terdorong dan seolah minyak rem berkurang. Jangan langsung mengisi minyak rem dan lakukan pengecekan pada kampas rem. Jika sisa kampas rem tinggal 1 mm, segera ganti dengan yang baru.

Setelah kampas rem diganti dengan yang baru, piston akan terdorong lagi ke dalam kaliper dan minyak rem kembali naik. Jika minyak rem terlalu penuh maka akan meluap.

4. Permukaan cakram rem bisa menjadi tidak rata akibat pemakaian yang kurang tepat, seperti tidak mengganti kampas rem yang habis sehingga cakram beradu dengan dudukan kampas rem. Jika sudah begini, cara terbaik adalah menggantinya dengan piringan rem baru.

Jangan membubut cakram rem supaya rata permukaannya. Selain risiko hasil pengerjaannya tidak presisi, dapat pula membuat piringan terlalu tipis, Cakram rem yang terlalu tipis bisa retak atau bahkan pecah ketika digunakan.

Perawatan Rem Cakram

Rem cakram membutuhkan perawatan berkala sehingga fungsinya dapat optimal. Karena posisinya terbuka, maka debu dan kotoran dapat menempel pada rem cakram dengan mudah. Bersihkan cakram dan kampas rem dari debu dan kotoran. Sembari itu, cek potensi kebocoran dari sekitar kaliper rem.

Pastikan pula kampas rem dalam kondisi baik dan ketebalannya tidak kurang dari 1 mm. Segera ganti jika sudah mendekati batas tersebut dan jangan menggunakan kampas rem palsu karena berisiko tidak sanggup melakukan pengereman dengan baik.

Minyak rem memiliki batas waktu pemakaian dan seiring waktu akan mengalami penurunan fungsi. Molekul-molekul dan aditifnya mengalami kerusakan sehingga tidak mampu bekerja optimal saat bekerja keras. Kamu wajib melakukan penggantian berkala untuk mencegah cairan rem rusak.

Perawatan rem cakram terbilang sulit jika kamu tidak memiliki kemahiran dalam membongkar komponen mobil. Supaya lebih mudah, aman, dan nyaman, sekaligus memastikan sistem pengereman terjaga optimal, lakukan servis berkala di bengkel resmi Toyota. Pun penggantian komponen rem pasti menggunakan produk orisinal yang dijamin berkualitas standar Toyota dan bergaransi.


Back to top