Toyota Astra Mototr Indonesia - Masih Kece Modifikasi Sederhana Toyota Corolla Twincam

Technology

10 Mei 2018

Masih Kece Modifikasi Sederhana Toyota Corolla Twincam

By anton

Kebanyakan orang akan lebih memilih melakukan modifikasi mobil dengan sesederhana mungkin. Karna biasanya meskiun hanya dengan merubah sedikit bagian sekotor pada kendaraan sudah bisa dikatakan sefektif serta mampu menambah nilai keindahan pada kendaraan kesanyangannya.

Banyak juga modifikator yang lebih memilih memodifikasinya dengan sederhana untuk mengutamakan bentuk original dari satu merek tertntu, seperti yang dipelihatkan salah satu pemilik mobil yang tergabung dalam komunitas Corolla Twincam Indonesia chapter Aceh, dengam memilih memberikan sentuhan sederhana miliknya yatu Corolla Twincam bermesin 1.600 cc yang kelahiran 1989 SE Limited Edition tersebut.

Biasanya modifikasi yang dilakukan oleh Yanis lebih mengutamakan tampilan yang original pada sector yang utama seperti pada bagian eksterior dan interior mobil. Selain iu untuk terlihat lebih keren lagi Yanis juga merubah jok nya dengan menggunakan MB Tech. Kemudian juga terlihat perubahan yang dilakukan pada bagian kaki-kaki mobil yang dirubah dengan menggunakan velg BBS Celong Ring 16, dengan balutan ban Dunlop 195/50. Adapun perbedaan lain pada bagian knalpot yang digunakan oleh Yanis, yakni menggunakan knalpot custom yang sengaja dihadirkan untuk menambahkan kesan keren pada tampilan Toyota Corolla Twincam 1989 SE Limeted Edition yang dimilikinya.

Ada salah satumobil keluaran Toyota yang cukup bisa menarik perhatian masyarakan Indonesia di tahun 90-an, yaitu Toyota Corolla Twincam. Kebanyakan orang menggemari mobil tua ini untuk dilakukan sebuah modifikasi. Dengan modifikasi ini lah yang membuat Toyota Corolla Twincam bisa laku terjual  setidaknya mencapai sekitar 300 mobil dalam awal peluncurannya.

Biasanya ada beberapa bagian Toyota Corolla Twincam ini yang bisa dilakukan modifikasi, tetapi menariknya bukan memodifkasi bodinya karena bodi yang dimiliki mobil ini yang membuat mobil keluaran tahun 90 an ini menjadi unik dan bisa menarik perhatian karena memiliki banyak nilai estetiknya. Adapun bagian yang sering dilakukan modifikasi mobil Toyota Corolla Twincam yakni mesinnya. Toyota Corolla Twincam ini memiliki mesin SE 1.6 L dan SE Limited 1.6 L yang dipercaya bisa memproduksi 140 tenaga kuda.

Biasanya, setelah bertahan puluhan tahun, pastinya mesin ini sudah memiliki peforma yang baik sebaik mobil lain saat ini. Hal itu membuat modifikasi yang dilakukan pada mobil ini sangat umum. Kebanyakan mobil yang dimodifikasi adalah bertujuan agar mobil tersebut mempunyai yang lebih baik bahkan dengan memodifikasinya menggunakan mesin turbo yang membuat mesin mobilnya menjadi lebih baik. Kemudian modifikasi yang diikuti dnegan modifikasi knalpot juga bisa membuat konsumsi bahan bakarnya bisa lebih irit.

Disamping itu, modifikasi Toyota Corolla Twincam juga bisa dilakukan pada bagian interior mobilnya. Biasanya yang digunakan unuk menambahkan daya tarik serta kenyamanan yang didapatkan pada saat berkendara dengan mobil ini yakni memodifikasi jok atau tenpat duduk mobil menjadi lebih modern. Tetapi, biasanya juga masih ada yang tetap mempertahankan penggunaan jok mobil lansiran tahun 1991 untuk tetap menjaga keunikan dan ke estetikan mobil Toyota Corolla. Selain itu, juga tentunya ada beberapa bagian interiornya seperti steering wheel, shiftknob dan brake lamp yang ditambahkan agar kenyamanan pengendara akan berambah.

Kemudian, ada beberapa modifikasi yang dilakukan juga terlihat pada velgnya yang dirubah menjadi lebih modern dari aslinya. Adapun pemodifikasian velg yang cukup menarik perhatian banyak orang yakni dengan mnggunakan velg Remotec dan OZ Futura. Dengan menggunakan velg yang telah disebutkan itu akan membuat mobil terlihat lebih ceper, illest serta keren jika digunakan untuk melintasi setiap sudut kota.

Adapun pemodifikasi lain yang bisa memodifikasi mobilnya menjadi lebih menarik lagi yaitu Pradhana Putra yang mendapat mbol dari ayahnya yang juga suka memodifikasi mobil. Lalu bagaimana jadinya jika iemrubah mobil terseut yang tentunya tidak kalah keren dengan milik Yanis diatas? Berikut merupakan model model modifikasi yang sudah dilakukannya :

  1. Memodifikasi nterior mobil dengan mengganti setir Nardi Torino deep corn untuk mendapatkan kesan klasik. Selain itu Dhana juga mengganti warna bodi yang awalnya terlihat warna asli yang berwarna abu-abu metallic Corolla Twincam menjadi brown metallic untuk mengganti suasananya. Setelah mengganti warna bodi, Dhana juga menambahkan lips spoiler custom pada bumper depan yang modelnya meniru Corona Twincam.
  2. Kemudian Dhana juga merubah jok aslinya menjadi Jok Recaro LX 81 yang menurutnya pas dengan postur badannya. Selain itu, selera anak muda seperti Dhana juga menyukai mobil mobil yang berbau racing, jadi ia membuat velgnya menjadi seolah olah velg racing. Awalnya Dhanang bingung sehingga membuatnya beberapa kali melakukan pergantian velg, namun padas akhirnya ia menjatuhkan pilihannya pada velg asli Jepang yang bermerk Riken Mesh.
  3. Selain itu ia Dhana juga melakukan pengecaran frame dalam headlamp dengan warna hitam agar terkesan smoke, dan juga menambahkan washer lamp. Disamping itu juga ia menceperkan mobilnya supaya memiliki kesan stance yang pas. Dhana juga mengatakan bahwa fitmen yang digunakan sekarang ini menggunakan per Range Rover lama dengan shockbreaker Monroe yang di custom lagi, yang awalnya bantingannya enak menjadi kasar karena shockbreakernya sudah lemah.
  4.  Lalu Dhana merubah velg Riken Mesh 16 inci dengan PCD karena ia memakai baut 5x112. Terlebih lagi, di pemukiman kawasan Joglo ini juga menambahkan lampu sein pada sepatbor depan milik Corolla Twincam versi luar. Lalu lampu sein yang dibelakang dicat dengan warna merah yang aslinya warna oranye, karena menirukan stop lamp versi USDM.
  5. Selain merubah tampilan mobilnya menjadi tampilan Corolla Twincam versi USDM dengan warna merah di belakang. Kedepannya Dhana akan menambahkan lagi aksesori Corolla Twincam versi luar seperti grill dengan logo lain, corner lamp USDM hingga beberapa parts interior lainnya agar menjadi lebih menarik lagi, sehingga ia tidak perlu repot repot menjual mobilnya.

Ada juga data modifikasi lainnya yang dilakukan odleh modifikator lain yakni sebagai berikut :

  1. Modifikasi yang dilakukan pada Eksterior Repaint brown metallic, sein sepatbor Koito Toyota, custom lips replika Toyota Corona Twincam Pelek dan Suspensi Pelek Riken Mesh 16x7 inci, ban Achilles 195/45R16, per Range Rover, sokbreker Monroe custom Interior Setir Nardi Torino deep corn, head unit Kenwood, jok Recaro LX 81
  2. Toyota Corolla twincam AE92 merupakan varian Toyota Corolla generasi ke 6, yang diluncurkan untuk menggantikan penjualan Toyota Corolla GL AE82  yang ada di generasi  ke 5 yang terdapat pada tahun 1984 sampai 1987. Disamoing itu Toyota Corolla Twincam sendiri dipasarkan pada tahun 1988 sampai tahun 1991, yang kemudian meluncurkan Toyota Great Corolla pana generasi ke 7 yang diluncurkan pada tahun 1992.
  3. Saat ini mobil bekas Toyota Corolla Twincam yang beredar di pasaran otomotif terdapat 3 varian mesin yaitu dengan spesifikasi mesin SE 1.3 L karburator, kemudian mesin SE Limited 1.6 L karburator dan yang terakhir dengan memiliki spesifikasi mesin 4AGE GTi 1.6 L Injeksi. Toyota Corolla Twincam tahun 90 an memang merupakan pesaiing dari mobil mobil lain seperti Honda Grand Civic, Mazda Interplay, Daihatsu Charade Classy ataupun Suzuki Esteem. 
  4. Kemudian untuk mesin dengan tipe SE 1.3 L yang dibekali dengan 4 silinder 12 katub SOHC dengan kode 2E yang memiliki mesin persis dengan Toyota Starket. Namun, tenaga mesin milik Toyota dengan tipe SE 1.3 L bisa menghasilkan 70 HP yang dihasilkan pada putaran 6000 RPM dengan torsi puncak 96 Nm pada titik 3600 RPM.

Disamping itu untuk tipe kedua yaitu tipe SE 1.6 Limited biasanya dipasangkan 4 silinder 16 katub SOHC berkode 4AF, dengan tenaga yang dihasilkan sebesar 90 HP pada putaran 6000 RPM dengan torsi  135 Nm pada putaran 3600 RPM, spesifikasi tersebut yang biasanya ada di pasaran otomotif bekas. Kemudian yyang terakhir untuk tipe 4A-GE mampu menghasilkan tenaga sebesar 140HP pada putaran 7200 RPM dengan tordi puncak 149 Nmpada putaran 4800 RPM yang merupakan spesifikasi mesin langka sehingga banyak di buru di kalangan masyarakat penggemar Toyota Corolla ini.

Poin pentingnya adalah penggunaan bahan bakar pada mobil bekas Toyota Twincam 1.3 L

namual hingga 1:7.5 jika digunakan dalam kota karena sering macet yang membuatnya berjalan merayap. Kemudian untuk konsumsi bahan bakar diluar kota yakni 1:9, disamong itu jenis corolla twincam lain juga tidak banyak memiliki perbedaan dalam penggunaan bahan bakarnya.

Setelah membaca tentang beberapa modifikasi yang dilakukan untuk Toyota Corolla Twincam, sebaiknya kita juga mengenal serta mengetahui apa saja Toyota Corolla Twincam yang beredar di Indoneisa. Berikut ini merupakan mobol Toyota Corolla Twincam yang sudah beredar di Indonesa.

  1. Toyota Crolla SE atau yang biasanya dikenal dengan Twincam SE atau juga disebut dengan Twincam Banci, yang dengan menggunakan msin berseri E yang memiliki kesamaan dengan Toyota Starlet dengan mesin 2E SOHC karburator.
  2. Kemdudian ada juga Toyota Corolla SE atau yang biasanya secara umum disebut dengan Twincam dengan menggunakan mesin 4AF DOHS, dengan narrow angle valve yang headnya tidak lebar, bisanya dengan mudah dilihat pada head mesin bagian atasnya tidak ata tulisan twincam atau hanya terdapat tulisan Toyota 16V karburator.
  3. Terakhir yaitu Toyota Corolla GTi yang biasa dikenal dengan Toyota Corolla Twincam GTi yang pastinya menggunakan mesin dohc wide angle valve atau headnya lebar. Atau dengan mudah dilihiat memiliki tulisan Twincam 16 V pada head nya serta menggunakan mesin 4AGE fuel injeksi serta strut bar original pada twincam GTi yang merupakan barang yang hampir diburu oleh semua variannya.

Kemudian kita juga wajib mengenal beberapa perbedaan Corolla Twincam yang beredar di Indonesia seperti dibawah ini :

 Twinnnie merupakan sebutan Corolla Twincam yang didapat dari para penggemar serta pemilik Toyota Corolla Twincam yang mulai diproduksi massal pada tahun 1988 yang dimana setiap tahun keluaran Toyota Corolla Twincam juga memiliki perbedaannya masing-masing. Biasanya pada generasi awal mobil ini memiliki ciri khas tersendiri yang dimiliki pada bagian bumper depannya danbagian sirip serta bagian bawah bumper mobil terdapat lubang kotak yang berfungsi sebagai lubang hawa perangkat rem. Kemudian mobil Toyota Corolla Twincam yang dikeluarkan pada tahun 1989  memiliki lampu sen pada bumper bagian depannya.

Disamping itu, pada stop lamp yang masih generasi awal mobil ini masil menggunakan lampu kuning putih yang digunakan untuk sen dan lampu mundur. Hanya saja pada Twincam tahun sekarang sudah ditambahkan ornamen lampu pada plat belakang. Kemudian pada generasi Toyota Corolla Twinca, tahun 1990 samai 1992 hampir tidak memiliki perbedaan apapun kecuali pada lampu sen yang ada pada bumper yang sudah mengalami perubahan dimensi.

Sedangkan pada tahun ini, Toyota Corolla Twincam menambah variannya degan menggunkan sistem injeksi dengan nama Corolla Twincam Gti yang masih menggunakan mesin 4AF-GE yang hingga saat ini masih disebut sebagai salah satu mesin yang kencang untuk pabrikan Toyota. Selain itu, pada toyota corolla teincam GTi sudah memiliki sistem rem cakram untuk semua bagiannya, yakni roda deoan maupun roda bagian belakang. Kemudian untuk indikator yang dimiliki pada mobil ini juga sudah dilengkapi dengan jok semi bucket.

Comments 0

Please login or register to comment.

    There are no comments

Shopping Tools