New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_2329

Profil dan Spesifikasi Teknis Toyota Land Cruiser Seri-300 yang Sangat Tangguh di Segala Medan Jalan

Profil dan Spesifikasi Teknis Toyota Land Cruiser Seri-300 yang Sangat Tangguh di Segala Medan Jalan

Toyota Land Cruiser Seri-300 telah meluncur secara global pada 2 Agustus 2021 silam.

Toyota memanfaatkan teknologi pengelasan terbaru sehingga menciptakan rangka ringan dengan kekakuan tinggi 20% lebih kaku daripada Seri-200, menawarkan peningkatan kinerja keselamatan tabrakan, ketenangan, dan kualitas berkendara terbaik.

Bodi Seri-300 menggabungkan peningkatan jumlah high-tensile steel plates dengan kap mesin, atap, dan panel pintu aluminium dimana mesin telah dipindahkan 70 mm ke belakang dan 28 mm ke bawah.

Pengembangan ini menghasilkan pengurangan bobot yang signifikan sekitar 200 kg, pusat gravitasi yang lebih rendah, dan distribusi bobot depan-belakang yang lebih merata.

Sejalan dengan platform anyar, TLC Seri-300 memasang fitur double-wishbone front-mount yang baru dikembangkan dan sistem suspensi belakang rigid-axle trailing-link.

Posisi peredam kejut belakang telah dioptimalkan untuk meningkatkan kenyamanan berkendara dan stabilitas kemudi.

Modifikasi pada lokasi lengan suspensi telah menghasilkan postur tubuh yang stabil bahkan saat pengereman, sekaligus meningkatkan artikulasi roda atau kemampuan ban untuk tetap menjejak tanah demi menghasilkan kinerja off-road yang superior.

SUV ini menggunakan Linear Solenoid Adaptive Variable Suspension (AVS) yang mengontrol gaya redaman suspensi secara independen untuk setiap roda sebagai respons terhadap kondisi jalan dan manuver pengemudi untuk meningkatkan stabilitas dan kenyamanan berkendara (standar pada tipe ZX dan GR Sport).

Mesin Bensin 3.500 cc V6 Twin Turbo

Land Cruiser Seri-300 memiliki opsi mesin bensin 3.500 cc V6 twin-turbo yang baru dikembangkan dengan output maksimum 305 kW (415 PS) dan torsi maksimum 650 Nm.

Versi tangguh Direct-injection 4-Stroke with Turbo (D-4ST) memiliki injektor langsung multi-lubang, langkah piston yang lebih panjang, dan posisi sudut katup yang dioptimalkan untuk pembakaran kecepatan tinggi.

Ditambah dorongan twin-turbo efisiensi tinggi yang menghasilkan torsi kuat pada kecepatan rendah serta respons ala supercharger yang luar biasa dan tanpa jeda.

Mesin bensin V6 dengan transmisi otomatis 6-speed tersedia di beberapa negara tertentu.

Mesin Diesel 3.300 cc V6 Twin Turbo

Mesin diesel 3.300 cc V6 Twin Turbo memiliki berbagai pengoptimalan kinerja, seperti ruang bakar, piston, port intake, dan injektor didesain ulang.

Alhasil, meski mesinnya lebih kecil dari milik Seri-200, ia sanggup menggabungkan output maksimum 227 kW (309 PS) dan torsi maksimum 700 Nm dengan efisiensi bahan bakar yang luar biasa.

Dari sudut pandang berkendara, kinerja layaknya supercharger dari variable-nozzle two-way twin-turbo yang baru diadopsi menjanjikan akselerasi yang mendebarkan dalam segala skenario berkendara.

Respons yang luar biasa dari single-turbo menawarkan akselerasi yang kuat pada kecepatan rendah. Sedangkan pada kecepatan tinggi, volume intake yang besar dari twin-turbo berkontribusi pada akselerasi yang mulus.

Transmisi Ulta Pintar Direct Shift-10AT

Dalam hal kinerja lingkungan, Toyota berusaha mengurangi emisi CO2 secara global sekitar 10% setahun dibandingkan model sebelumnya dengan menggabungkan Direct Shift-10AT (transmisi otomatis 10-percepatan) yang baru dikembangkan disinergikan dengan bobot mobil lebih ringan.

Penggunaan transmisi otomatis 10-speed menghasilkan perpindahan gigi yang lebih cepat dan halus serta rasio gigi yang lebih lebar. Ditambah respons perpindahan gigi yang cekatan ala transmisi manual.

Akibatnya, transmisi menawarkan sensasi berkendara yang nyaman dan berirama, efisiensi bahan bakar yang lebih baik pada kecepatan tinggi, serta peningkatan akselerasi awal dan kinerja off-road lebih optimal.

Direct Shift-10AT juga menghadirkan karakter limpahan torsi dan pengaturan waktu penggantian gigi yang dioptimalkan untuk mesin bensin dan diesel.

Untuk mesin bensin, transmisi memberikan sensasi akselerasi yang menyenangkan dan menghasilkan karakter torsi yang santai bahkan pada kecepatan mesin tinggi.

Untuk mesin diesel, ia menjanjikan torsi yang berlimpah bahkan pada kecepatan mesin rendah. Dengan cara ini, Direct Shift-10AT menjamin akselerasi yang kuat dan naluriah untuk mesin bensin dan diesel.

Peningkatan Kinerja Off-Road pada TLC Seri-300

Untuk lebih meningkatkan kinerja di medan off-road berat, perkembangan berikut telah diadopsi:

1. Peningkatan kinerja dasar suspensi, yaitu artikulasi roda yang menunjukkan kemampuan ban untuk tetap menapak tanah.

2. Peningkatan performa road-holding melalui adopsi E-KDSS (Electronic Kinetic Dynamic Suspension System) pertama di dunia.

3. Adopsi Monitor Multi-Terrain yang secara instan menampilkan rintangan seperti yang dilihat dari sudut pandang pengemudi.

4. Adopsi Multi Terrain Select yang secara otomatis menilai permukaan jalan dan memilih mode mengemudi terbaik secara otomatis.

Sentuhan pada Eksterior dan Interior

Pada eksterior, Land Cruiser baru telah mengejar keindahan fungsional yang sejalan dengan warisan Land Cruiser, seperti posisi dan bentuk bumper yang tidak mudah rusak saat berkendara di luar jalan raya.

Pada interior, disediakan panel instrumen horizontal yang dengan mudah dioperasikan oleh pengemudi, bahkan saat berkendara di medan off-road.

Selain itu, Toyota mengejar kenyamanan operasional dengan memposisikan tuas dan tombol yang dapat dioperasikan secara intuitif sesuai fungsi serta menggunakan desain bentuk dan warna yang meningkatkan kemudahan operasional.

Secara keseluruhan, TLC Seri 300 mengutamakan performa off-road dimana ukuran kendaraan termasuk panjang, lebar, dan jarak sumbu roda, dan departure angle tetap sama seperti model sebelumnya.

Pengembangan Fitur Toyota Safety Sense

Land Cruiser terbaru telah mengadopsi paket keselamatan aktif Toyota Safety Sense dengan tambahan fungsi lanjutan.

Dua fungsi telah ditambahkan pada Pre-Collision System yang membantu menghindari tabrakan atau mengurangi dampak kerusakan dengan mendeteksi pejalan kaki (siang dan malam) dan pengguna sepeda (siang hari).

Pertama adalah fungsi yang mendeteksi kendaraan yang melaju di persimpangan dan pejalan kaki yang melintas di jalan ketika kendaraan berbelok ke salah satu arah.

Kedua adalah fungsi kemudi darurat dan menghindari tabrakan yang membantu menjaga setir pada lajurnya saat pengemudi melakukan manuver untuk menghindari tabrakan.

Land Cruiser Seri-300 telah mengadopsi Parking Support Brake yang membantu mencegah kecelakaan dengan mengenali rintangan di depan dan belakang kendaraan di tempat parkir, mendekati kendaraan saat mundur, dan pejalan kaki.


Back to top