
Automotive
16 Nov 2021
Sebab Servis Berkala 1.000 Km atau 1 Bulan Pertama Penting Setelah Beli Mobil Baru di GIIAS 2021
Sebab Servis Berkala 1.000 Km atau 1 Bulan Pertama Penting Setelah Beli Mobil Baru di GIIAS 2021
By adminConnect
Kamu mungkin termasuk konsumen yang memanfaatkan momen pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 untuk membeli mobil baru Toyota.
Salah satunya yang menjadi incaran banyak orang adalah MPV keluarga terbaru All New Avanza dan All New Veloz.
Setelah membawanya pulang, jangan lupa mempersiapkan kebutuhan perawatan kendaraan tersebut.
Asyiknya, kamu tidak perlu lagi memikirkan biaya perawatan berkala kedua MPV stylish dan modern tersebut karena secara otomatis akan mendapatkan manfaat Program Gratis Biaya Servis Berkala.
Terdiri atas gratis biaya jasa dan suku cadang hingga servis berkala ke-6, dengan masa berlaku maksimal 4 tahun atau 50.000 kilometer, tergantung mana yang tercapai lebih dulu.
Manfaat program ini dapat dinikmati di seluruh bengkel resmi Toyota di Indonesia.
Jangan Lupa Servis Berkala 1.000 Km atau 1 Bulan Pertama
Setelah membeli mobil baru Toyota di pameran GIIAS 2021, kamu harus langsung memperhatikan kebutuhan perawatan berkala.
Sempatkan untuk membaca buku petunjuk manual kendaraan atau manual book untuk mengetahui informasi terkait perawatan mobil baru Toyota kamu.
Termasuk mempelajari banyak fitur baru yang disematkan pada All New Avanza dan All New Veloz.
Toyota menetapkan waktu servis berkala setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.
Sebelum sampai ke sana, ada satu tahapan yang harus kamu jalankan sebagai pemilik mobil baru Toyota yakni servis berkala 1.000 km atau 1 bulan pertama, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.
Sebab Servis Berkala 1.000 Km atau 1 Bulan Pertama Penting
1. Masa 1 bulan atau 1.000 km pertama merupakan akhir dari fase penyesuaian kendaraan baru kamu setelah keluar dari showroom dalam keadaan gres dan beradaptasi dengan kondisi pemakaian setiap hari.
2. Selain itu, perawatan 1.000 km atau satu bulan pertama sangat penting bagi produsen mobil karena dapat kembali memantau kondisi produknya sejak mobil dirakit.
3. Bila terdeteksi ada potensi masalah dapat langsung dikerjakan langkah pencegahan tanpa perlu menunggu waktu hingga 6 bulan atau 10.000 km dahulu.
Jadi, jangan pernah abaikan servis berkala pertama mobil baru kamu sebagai langkah awal menjaga kondisinya agar selalu prima.
Bagian Yang Diperiksa Saat Servis Berkala Pertama
Pada servis pertama ini, seluruh komponen mobil akan diperiksa oleh teknisi bengkel resmi Toyota, mulai dari eksterior, interior, hingga mesin.
Teknisi akan memeriksa semua baut-baut, selang-selang, sambungan-sambungan baik pada mesin maupun komponen lain sehingga dipastikan tidak terjadi malfungsi.
Jika selama pemakaian 0-1.000 km pertama mobil kamu mengalami keluhan atau kerusakan, jangan sungkan untuk mendiskusikannya dengan pihak bengkel agar dapat langsung dicarikan sumber masalah dan solusinya.
Meski dalam panduan perawatan tidak memerlukan penggantian pelumas mesin, tidak ada salahnya kamu mengganti pelumas dan filternya.
Mesin pada mobil baru memerlukan waktu untuk penyesuaian karena serpihan metal dari hasil kerja mesin berisiko muncul dan tercampur dengan oli.
Ini artinya, oli pertama yang berada di dalam mesin mobil baru bisa saja terkontaminasi logam halus.
Jika dibiarkan terus menerus, serpihan itu berisiko menggores ruang pembakaran atau bahkan merusaknya.
Syarat Berlakunya Garansi Mobil
Selain itu, servis berkala 1.000 km merupakan syarat utama berlakunya garansi mobil Toyota kamu.
Kalau terlewatkan dan mobil terkendala, ada potensi klaim garansi kamu ditolak jika alpa melakukan servis berkala 1.000 km atau 1 bulan pertama.