
Tips
05 Mar 2022
Sumber Suara Kasar di Ruang Mesin yang Wajib Diperiksa
Sumber Suara Kasar di Ruang Mesin yang Wajib Diperiksa
By salsa
Jangan panik kalau tiba-tiba kamu mendengarkan suara berisik atau kasar dari dalam ruang mesin.
Di dalam ruang mesin, terdapat banyak komponen kendaraan selain mesin.
Sehingga tidak langsung dapat divonis bahwa suara kasar berasal dari mesin mobil.
Ada beberapa komponen yang bisa kamu cek terlebih dahulu untuk mengetahui sebab timbulnya suara kasar dari ruang mesin.
1. Kompresor AC Mobil
Penyebab pertama ada suara kasar dari ruang mesin adalah dari kompresor AC mobil.
Komponen pendingin kabin ini akan menimbulkan suara berisik dan kasar jika olinya sudah mulai habis.
Jangan sampai kering karena akan membuat kompresor AC jebol.
2. Oli Mesin
Faktor lainnya yang menyebabkan suara kasar adalah oli mesin yang kurang sehingga komponen mesin tidak mendapatkan pelumasan yang optimal.
Jangan anggap sepele masalah ini karena dalam jangka panjang akan sangat merugikan.
Seperti risiko turun mesin akibat komponen mesin yang saling bergesekan menjadi macet.
Kamu wajib mengecek oli mesin secara rutin untuk memastikan jumlah olinya tersedia dan dalam kondisi baik.
3. Sabuk Pemutar
Beberapa komponen mobil menggunakan tenaga mesin untuk beroperasi, seperti kompresor AC dan alternator.
Sabuk pemutar dipakai untuk memindahkan tenaga dari mesin tersebut sehingga dapat bekerja.
Seiring waktu, sabuk pemutar akan mengalami keausan dan berbunyi jika dibiarkan hingga habis bidang geseknya.
Segera ganti sabuk pemutar supaya tidak putus dan menimbulkan masalah lebih besar.
4. Celah Katup Mesin
Faktor terakhir yang menyebabkan suara mesin menjadi kasar karena celah antara katup dengan penekannya yang terlalu rapat atau longgar.
Sejalan penggunaan kendaraan, celah ini dapat berubah dan menyebabkan bunyi seperti logam bergesekan sehingga menimbulkan suara kasar.
Apalagi kalau kamu tidak mengganti oli mesin sehingga komponen di sekitar kepala silinder tidak mendapatkan pelumasan yang memadai.
5. Tensioner dan Rantai Keteng
Rantai keteng atau istilah teknisnya timing chain, berfungsi menerima putaran dari crankshaft untuk menggerakkan camshaft.
Dengan begitu, mesin dapat beroperasi secara harmonis menyalurkan tenaga sesuai dengan kebutuhan kendaraan.
Sedangkan tensioner berfungsi menjaga ketegangan rantai keteng agar dapat berputar dengan stabil.
Seiring waktu atau karena kamu alpa mengganti oli mesin sesuai ketentuan, rantai keteng mengalami kerusakan seperti kendur sehingga menimbulkan bunyi.
Pun dengan tensioner, komponen ini akan aus karena selalu bergesekan dengan rantai keteng.
Servis Berkala Untuk Mencegah Bunyi dari Ruang Mesin
Seluruh masalah di atas dapat dikurangi potensinya kalau kamu rajin menjalankan servis berkala setiap 6 bulan sekali atau 10.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.
Apalagi beberapa model mobil baru Toyota sudah mendapatkan program gratis biaya jasa dan spare parts hingga servis berkala ke-6.
Silakan berkunjung ke bengkel resmi Toyota untuk memanfaatkan program dan memastikan mobil selalu dalam kondisi prima.