
Tips
27 Mar 2020
Tips Cara Ajukan Klaim Asuransi Mobil
Tips Cara Ajukan Klaim Asuransi Mobil
By AndriGaul
Dengan adanya asuransi, kamu terlindung dari risiko perbaikan mobil.
Tapi dengan catatan, pertanggungan yang diambil adalah Comprehensive ya.
Lantas, apa yang harus kamu lakukan untuk mengurus asuransi mobil yang jadi korban kecelakaan?
1. Lapor ke Pihak Asuransi
Tidak perlu panik, kamu cukup membuat laporan kepada pihak-pihak terkait, termasuk pihak asuransi.
Kamu bisa mendatangi kantor cabang asuransi terdekat di daerah kamu atau di tempat kejadian.
Jangan lupa sertakan syarat administrasi yang dibutuhkan.
Mendatangi kantor cabang terdekat wajib kamu lakukan kalau laporan kamu berupa kehilangan total seperti kecurian.
Untuk kasus ringan, kamu tinggal menghubungi call center asuransi.
2. Survei Keadaan Mobil
Petugas asuransi terlebih dahulu melakukan survei terhadap klaim kamu.
Sebelum mendatangi, petugas akan mengonfirmasi terlebih dahulu untuk layanan ini.
Pastikan mobil kamu ada di tempat yang disepakati untuk mempermudah proses survey, termasuk syarat administrasi pendukung.
Dari sini baru bisa diperhitungkan lama pengerjaan dan disetujui atau tidak klaim kamu.
3. Pantau Perbaikan Mobil
Lamanya perbaikan kendaraan bergantung pada kerusakan yang dialami dan ketersediaan suku cadang di bengkel rekanan.
Mobil kamu bisa lebih cepat pengerjaannya jika semua elemen siap dan tidak ada masalah lagi.
Dengan catatan, antrian di bengkel rekanan tersebut sedang tidak lama.
Makanya, paling enak jika bengkel rekanan berupa bengkel resmi Toyota karena lebih cepat dan andal, termasuk adanya garansi pengerjaan.
4. Serah Terima Mobil
Setelah selesai diperbaiki, kamu akan dihubungi oleh pihak asuransi untuk serah terima kendaraan.
Lakukan inspeksi dahulu untuk memastikan kondisinya sudah prima.
Jika sudah tidak ada masalah, kamu bisa menandatangani berkas serah terima kendaraan.