All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.381.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp998.600.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp442.200.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp647.300.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp607.800.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp281.900.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp363.200.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp237.100.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp290.700.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp799.300.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp937.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp164.700.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_3810

Tips Pilih Dashcam Untuk Mobil yang Tepat, Pastikan Dipasang dengan Benar Supaya Berfungsi Maksimal

Tips Pilih Dashcam Untuk Mobil yang Tepat, Pastikan Dipasang dengan Benar Supaya Berfungsi Maksimal

Dashcam atau dashboard camera merupakan sebuah kamera yang diletakkan di bagian dashboard mobil. Cara kerja dari dashcam mirip dengan kamera pengawas atau CCTV. Aksesoris ini digunakan untuk merekam secara detail hal yang terjadi di jalan selama kamu mengemudi mobil.

Dilansir dari Momobi.id, biasanya dashcam dipasang pada bagian kaca depan, pegangan spion tengah, atau diletakkan di atas dasbor mobil menghadap ke depan. Ada pula dashcam yang dipasang di kaca belakang atau menghadap ke dalam kabin. Hasil rekaman dashcam tersimpan otomatis dan bisa dijadikan sebagai barang bukti kecelakaan atau kejahatan.

Tips Memilih Dashcam Mobil

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Saat hendak membeli kamera, sesuaikan dengan jenis mobil kamu. Tidak semua dashcam cocok digunakan untuk segala jenis mobil. Pilih kamera dengan pemasangan yang mudah agar tidak membingungkan. Pastikan pula produk tersebut memiliki distributor resmi supaya ada garansi dan bantuan perbaikan ketika rusak.

2. Perhatikan Resolusi Gambar

Perhatikan resolusi gambar yang dihasilkan oleh kamera tersebut. Semakin tinggi resolusi gambar, maka semakin jelas dan bagus rekamannya sehingga memudahkan ketika dilihat ulang. Sebaiknya membeli dashcam dengan kemampuan perekaman minimal Full HD 1080p agar gambar tampak jelas.

3. Perhitungkan Sudut Lensa

Salah satu yang perlu diperhatikan saat membeli dashcam adalah sudut lensa. Pastikan dashcam memiliki sudut lensa yang luas atau wide sehingga jangkauan gambar yang tertangkap oleh kamera akan lebih banyak.

4. Pastikan Ada Fitur Night Mode

Pencahayaan yang kurang di malam hari dapat mempengaruhi kualitas perekaman video sehingga tidak dapat dijadikan barang bukti karena tidak jelas. Pastikan dashcam memiliki fitur mode malam atau night mode sebagai menu bawaan. Dengan fitur ini, hasil perekaman video akan lebih jelas di malam hari.

5. Perhitungkan Memori Penyimpanan Data

Disarankan untuk membeli dashcam dengan memori penyimpanan yang memadai mengingat format file video memakan memori penyimpanan yang cukup besar. Jangan sampai dashcam kamu tidak dapat dijadikan barang bukti karena video yang dibutuhkan sudah terhapus mengingat terbatasnya ruang penyimpanan data.

6. Perhatikan Daya Tahan Kamera

Sebaiknya kamu memilih dashcam dengan durabilitas yang baik karena adanya guncangan mobil saat bergerak dan lokasi pemasangan di kaca yang cukup panas. Selain itu, pilihlah dashcam yang memakai back up baterai super kapasitor agar lebih tahan lama dan memiliki baterai cadangan.

7. Manfaatkan Fitur Perekaman Audio

Tidak semua dashcam bisa merekam audio. Oleh karena itu, disarankan memilih dashcam yang mempunyai fitur perekaman audio. Hal ini tentunya sangat berguna, terlebih jika terjadi adu argumen dengan pihak ketiga.

8. Ada Sensor Gerak dan G-Force

Beberapa kamera memiliki sensor gerak dan G-Force. Sensor gerak membuat kamera akan otomatis aktif ketika mendeteksi gerakan di sekitar mobil. Sementara sensor G-Force mampu melindungi video yang direkam oleh kamera apabila mobil terlibat kecelakaan.

Tips Memasang Dashcam yang Tepat

Agar dashcam dapat bekerja secara maksimal, perlu dilakukan pemasangan yang benar. Berikut ini cara memasang dashcam pada mobil yang tepat.

1. Pelajari Buku Manual

Sebelum memasang dashcam mobil, perhatikan terlebih dahulu petunjuk pada buku manual. Ikuti langkah-langkah pada buku manual untuk memastikan dashcam dapat berfungsi dengan baik. Termasuk mempelajari cara mengoperasikannya sehingga tidak error ketika datanya dibutuhkan.

2. Pengaturan Dashcam

Lakukan seting video dengan resolusi maksimal agar rekaman yang dihasilkan baik dan jelas. Pelajari fungsi menu-menu dan cara mengoperasikannya supaya tidak bingung. Selain itu, masukkan memori eksternal untuk menyimpan hasil video rekaman. Periksa hasil perekaman untuk memastikan dashcam dapat bekerja dengan baik.

3. Cari Lokasi Memasang Dashcam

Kamu dapat meletakkan dashcam di balik spion tengah, di atas dasbor, atau dengan cara merekatkannya di kaca depan. Pastikan pemasangannya tepat, tidak miring dan tidak mudah jatuh. Jangan sampai pemasangan kamera menghalangi visibilitas pengemudi atau mengganggu pergerakan ke tombol-tombol kontrol yang ada di dasbor mobil.

4. Rapikan Jalur Kabel

Kabel dashcam bisa disisipkan di sela karet kaca atau di balik dasbor dan tidak menghalangi visibilitas saat mengemudi. Kamu bisa berdiskusi dengan service advisor bengkel resmi Toyota sebelum membeli dashcam dan ketika ingin memasangnya supaya tidak mengganggu kinerja mobil khususnya sistem kelistrikan.

5. Lakukan Simulasi Penggunaan Dashcam

Poin terpenting, lakukan simulasi penggunaan dashcam di mobil, mulai dari memasang, mengaktifkan, hingga membuka file yang dibutuhkan. Simulasi memastikan kamu dapat mengoperasikan dashcam dengan baik, memanfaatkan fiturnya secara optimal, dan menggunakannya di saat darurat supaya layak dijadikan barang bukti.


Back to top