All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.381.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp998.600.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp442.200.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp647.300.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp607.800.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp281.900.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp363.200.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp237.100.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp290.700.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp799.300.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp937.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp164.700.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

news_4876TIPS

Langkah Mudah Bikin Anak Merasa Betah dan Nyaman di Dalam Mobil Saat Mudik Lebaran

Langkah Mudah Bikin Anak Merasa Betah dan Nyaman di Dalam Mobil Saat Mudik Lebaran

Paling utama yang harus dipahami saat mengajak anak menggunakan mobil adalah terkait psikologis. Biasanya kalau sudah terlalu lama, anak akan mudah bosan, apalagi bila kurang interaksi. Terkait mudik lebaran dengan durasi perjalanan panjang, jelas membutuhkan atensi khusus dari orang tua.

Karena meskipun perjalanan dekat sekalipun, jika anak merasa bosan akan membuat mereka merasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, disarankan untuk banyak melakukan interaksi, seperti berbincang atau bermain, serta paling penting adalah memahami kebutuhan anak.

Mudik bersama anak dalam durasi berkendara yang panjang bukanlah hal yang mudah. Hal ini karena mereka bisa rewel sewaktu-waktu. Dilansir dari JDToyota.co.id, berikut tips untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan saat mudik bersama anak.

1. Persiapkan Mobil dengan Baik

Buat Anda yang hendak mudik dengan naik mobil pribadi diharapkan untuk mempersiapkan kendaraan dengan baik.  Jika tidak, dikhawatirkan akan terjadi gangguan seperti AC mobil tidak dingin. Bawa mobil ke bengkel resmi Toyota untuk servis berkala sebelum mudik.

2. Siapkan Tempat Duduk Untuk Anak

Anak-anak dan orang dewasa memiliki ukuran tubuh yang berbeda, sedangkan jok mobil didesain untuk orang dewasa. Oleh karena itu, disarankan menyediakan tempat duduk khusus yang nyaman dan aman untuk anak supaya betah dan tidak rewel.

Bila anak masih kecil, jangan hanya dipangku, tetapi bisa duduk di car seat untuk bayi dan balita. Child seat diketahui lebih aman dan nyaman digunakan oleh buah hati selama perjalanan di dalam mobil, serta bisa melindungi mereka dari benturan keras.

3. Atur Kabin Senyaman Mungkin

Pastikan kabin dalam kondisi bersih dan rapi untuk membuat anak-anak tenang. Atur penempatan barang supaya tidak mengganggu pergerakan anak. Sediakan hiburan seperti film atau game yang bervariasi agar anak tidak cepat bosan. Bawa boneka atau barang kesayangan dapat membantu mereka rileks.

4. Siapkan Kebutuhan Anak Selama Perjalanan

Sebaiknya Anda menyiapkan kebutuhan si kecil selama perjalanan karena pada dasarnya mereka mudah bosan dan cepat lelah. Mainan atau makanan kesukaan bisa membantu mengalihkan perhatian anak, terutama bila mereka mulai merasa bosan.

5. Pakaian yang Pas Sangat Penting

Anak bisa menggunakan pakaian kasual berbahan kaos sehingga selalu nyaman. Untuk perjalanan malam hari, siapkan baju hangat untuk menjaga mereka supaya tidak kedinginan. Siapkan pakaian pengganti di dalam kabin mobil.

Segera ganti pakaian anak yang terkena tumpahan makanan atau minuman, terlebih jika badannya mulai berkeringat supaya tidak ‘masuk angin’. Begitu badan mereka sakit meskipun hanya pilek ringan, anak langsung gelisah dan tidak nyaman.

6. Hidupkan Suasana di Dalam Mobil

Hidupkan suasana melalui interaksi dengan anak kesayangan. Misalnya tebak-tebakan arti rambu lalulintas. Usahakan agar anak tidak asyik sendiri dengan gadget-nya sehingga cepat bosan saat gadget mulai menjemukan. Sesekali ingatkan anak untuk tidur, tetapi jangan dipaksa kalau mereka rewel.

7. Berkendara dengan Aman dan Nyaman

Hindari akselerasi dan pengereman mendadak dengan cara lebih waspada dan jaga kecepatan kendaraan tidak terlalu tinggi. Selain menjaga safety, kondisi di atas juga mencegah anak merasa mual karena pergerakan mobil yang tidak jelas. Jangan manuver mendadak yang berbahaya sekaligus mengurangi kenyamanan anak.

8. Istirahat di Rest Area

Usahakan istirahat setelah berkendara paling lama dua jam. Bukan saja bermanfaat mengembalikan kebugaran dan konsentrasi pengemudi, namun juga bisa menghilangkan kejenuhan dan kelelahan anak. Pergunakan waktu supaya anak bisa buang air, makan atau minum, dan bermain sejenak di luar.

9. Pertimbangkan Waktu Perjalanan

Ketika mudik bersama anak, Anda bisa memperhatikan jam tidur mereka. Perjalanan bisa dimulai pada waktu mereka tidur. Hal ini karena buah hati akan lebih tenang dan tidak mudah terganggu dalam perjalanan panjang.

10. Siapkan Makanan dan Minuman Buat Anak

Sediakan makanan kecil dan minuman ringan yang tidak memiliki bau menyengat. Bila terpaksa membawa makanan berbau, sebaiknya dikemas sedemikian rupa dan dimakan saat di luar kabin. Jangan membawa minuman bersoda yang dapat membuat perut anak Anda kembung dan memicu keinginan buang air kecil.

11. Tukar Tempat Duduk

Bertukar tempat duduk juga bisa menjadi salah satu upaya mencegah kebosanan agar view dan kondisi hati si anak selalu baik dan senang. Namun jangan membiarkan anak duduk di bangku penumpang depan karena berbahaya jika ada kondisi darurat seperti mobil mengerem mendadak.

12. Persediaan Popok yang Cukup

Khusus yang membawa balita, jangan lupa persediaan popok yang cukup banyak. Jangan mengganti popok di dalam mobil karena sangat berbahaya ketika tiba-tiba terjadi pengereman mendadak.


Back to top