All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.407.300.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.016.800.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp442.200.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp659.700.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp615.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp281.900.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp369.900.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp239.700.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp292.900.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp809.800.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp945.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp167.300.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

news_4894TIPS

Tidak Perlu Zig-zag Saat Menanjak, Mobil Dapat Hilang Kendali, Cukup Lakukan Tips Ini

Tidak Perlu Zig-zag Saat Menanjak, Mobil Dapat Hilang Kendali, Cukup Lakukan Tips Ini

Beredar video sebuah SUV melewati tanjakan dengan berjalan zig-zag. Sopir SUV bongsor tersebut terlihat membelokkan mobil ke kiri dan ke kanan seakan kesusahan. Dikutip dari Kompas.com, padahal mobil yang digunakan dalam video tersebut sudah mumpuni untuk melewati tanjakan.

Bila cara melewati tanjakan dengan zig-zag seperti itu, artinya skill pengemudinya harus ditingkatkan karena di jalan lurus saja tidak sanggup menanjak. Dan yang pasti, manuver tersebut tidak boleh dilakukan lantaran mengundang bahaya.

Dengan zig-zag, ada potensi Anda mengambil jalur dari arah berlawanan yang sangat berbahaya karena berisiko ‘adu banteng’. Meskipun ada dua lajur sekalipun, tetap mengganggu lalu lintas karena mobil pindah-pindah lajur dan berisiko kena tabrak dari belakang. Selain itu, menanjak zig-zag dapat membuat mobil hilang kendali dan memicu kecelakaan.

Tips Mengemudi Aman di Jalan Menanjak

Untuk bisa menanjak sempurna, Anda perlu perhitungan yang matang. Langkah pertama adalah berhitung terhadap sudut dan panjang tanjakan. Kedua, pastikan ada ruang di kiri atau kanan jalan kalau gagal menanjak.

Mobil tidak boleh kelebihan muatan supaya dapat menanjak. Pastikan tekanan udara ban sesuai rekomendasi agar mobil dapat melaju dengan aman. Mesin harus optimal dalam menyalurkan tenaga dan transmisi tidak bermasalah.

Gunakan gigi transmisi rendah supaya percepatan dapat diatur untuk memaksimalkan torsi yang besar. Anda bisa menggunakan gigi 3 kalau tanjakan landai dan panjang, tapi jika curam bisa memanfaatkan gigi 2, bahkan bisa gigi 1. Ini berlaku untuk transmisi manual dan otomatis (matik).

Tekan pedal gas secara halus ketika mulai menanjak supaya ban tidak kehilangan traksi yang membuat mobil sulit dikendalikan. Perhitungkan beban mobil, jika membawa muatan penuh, artinya Anda harus menekan pedal gas lebih dalam lagi.

Andai sampai berhenti karena ada halangan atau mobil benar-benar tidak bertenaga, segera injak pedal rem dan tarik tuas rem parkir. Lakukan start kembali dari gigi 1 dan manfaatkan fitur Hill Start Assist pada mobil Toyota supaya mobil tidak bergerak mundur saat mulai melaju.

Dengan servis berkala di bengkel resmi Toyota, mobil akan selalu dalam kondisi prima supaya dapat melewati tanjakan tanpa kendala.


Back to top