Toyota Astra Motor Indonesia
Toyota Astra Motor Indonesia - SMA Semen Gresik dan SMA 21 Makassar Juara Program Toyota Eco Youth 5

Jakarta - Proyek integrated eco school mengantarkan SMA Semen Gresik menjadi pemenang pertama Program Toyota Eco Youth 5 kategori A. Sementara itu SMA 21 Makassar berhasil merebut juara pertama Program Toyota Eco Youth 5 kategori B. Acara pengumuman pemenang yang bertempat di Jakarta Convention Center berbarengan dengan Penutupan Eco Product International Fair 2010 hari ini 7 Maret 2010 dihadiri oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup RI, Gusti Muhammad Hatta; turut hadir Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor, Johnny Darmawan dan Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Masahiro Nonami.

Toyota Eco Youth (TEY) merupakan upaya Toyota Indonesia untuk memberi sumbangan di bidang lingkungan hidup bagi bangsa dan negara Indonesia. Program berbentuk kontes kepedulian lingkungan ini melibatkan siswa di 22 SMA/SMK yang tersebar di 18 kota dari Sabang hingga Merauke sebagai peserta. Toyota Eco Youth memiliki tujuan akhir yaitu menciptakan sekolah berwawasan lingkungan binaan Toyota yang dapat menjadi rujukan bagi masyarakat yang ingin mempelajari proyek-proyek pengelolaan lingkungan praktis. Di tahun kelimanya program ini memfokuskan pada kontes keberlanjutan (sustainability) yang mewajibkan para peserta menggunakan pendekatan sains dan teknologi tepat-guna berbasis lingkungan yang sesuai dengan kondisi serta kebutuhan sekolah dan daerah sekitarnya dalam mengembangkan proyek perbaikan lingkungan.

Toyota memberikan bantuan awal sebesar lima belas juta rupiah kepada masing-masing peserta TEY-5 untuk menjalankan programnya. Setelah menjalani empat tahapan utama yaitu (1) Pengumpulan data/informasi dari sekolah sebagai identifikasi awal bagi tim pembimbing/mentor. (2) Proses Mentoring / bimbingan pertama mengenai keadaan lingkungan dan teknologi berbasis lingkungan yang akan diterapkan di sekolah Bapak/Ibu yang akan dilakukan oleh tim mentor / pembimbing. (3) Proses Mentoring / bimbingan kedua mengenai kemajuan (progress) keadaan lingkungan dan teknologi berbasis lingkungan yang diterapkan di sekolah Bapak/Ibu yang akan dilakukan oleh tim mentor / pembimbing. (4) Penjurian Lapangan oleh tim juri, akhirnya terpilih tiga pemenang dari masing-masing kategori. Para pemenang Toyota Eco youth 5 memperebutkan hadiah sebesar lebih dari duaratus juta rupiah berupa bantuan fasilitas pembelajaran.

Dalam sambutannya, Presiden Direktur PT. Toyota-Astra Motor, Johnny Darmawan, menyatakan bahwa kebijakan lingkungan hidup sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan di Toyota. Toyota Eco Youth merupakan penerapan filosofi Toyota untuk tumbuh dan berkembang secara harmonis dengan masyarakat dan alam. Melengkapi sambutan dari Presiden Direktur PT TAM, Masahiro Nonami-Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia mengatakan dalam sambutannya bahwa Toyota Eco Youth dirancang khusus sebagai program kepedulian lingkungan untuk membangun kesadaran memelihara lingkungan bagi generasi penerus bangsa Indonesia.

Program Toyota Eco Youth 5 terlaksana berkat kerjasama antara Toyota Indonesia, Yayasan Kirai Indonesia, Institut Teknologi Bandung dan jaringan dealer Toyota di Indonesia.

Daftar Pemenang Toyota Eco Youth 5 Kategori A:

  1. SMA Semen Gresik

  2. SMA 6 Jogjakarta

  3. SMK 1 Banjarmasin

Daftar Pemenang Toyota Eco Youth 5 Kategori B:

  1. SMA 21 Makassar

  2. SMK 2 Semarang

  3. SMA 1 Depok

More from Toyota

Shopping Tools