Toyota Astra Motor Indonesia
Toyota Astra Motor Indonesia - Cara Baru Memanen Energi

Pabrik Toyota Kentucky di Georgetown bakal memanen energi dari sumber yang tidak biasa yaitu tempat pembuangan akhir sampah (TPA) setempat.  Upaya itu dilakukan lewat kerjasama dengan perusahaan pengolah limbah Waste Service of the Bluegrass.. Toyota menjadi perusahaan pertama yang memanfaatkan gas ini di kawasan tersebut.

Toyota dan Bluegrass memanfaatkan gas  hasil reaksi penguraian limbah padat. Gas yang biasanya terlepas begitu saja ke udara, ditangkap, dikumpulkan dan di olah untuk menjadi bahan bakar generator pembangkit listrik.  Jaringan kabel bawah tanah mengirimkan listrik ke pabrik Toyota yang lokasinya hanya beberapa kilometer dari TPA. Dalam perhitungan Toyota, energi yang dihasilkan dari TPA itu cukup untuk memproduksi 10.000 unit mobil pertahun.

Proses konstruksi jaringan pembangkit itu dimulai April ini dan diharapkan sudah selesai awal 2015.  Begitu beroperasi, sistem ini akan memproduksi 1 Megawatt listrik tiap jam. Ini setara dengan energy listrik untuk menerangi sekitar 1000 rumah tangga.  

Manfaat lain, emisi gas rumah kaca dari TPA itu bisa dipangkas hingga 90% yang berarti menghadirkan kualitas udara lebih baik bagi lingkungan sekitarnya. Dalam pernyataan perusahaan disebutkan tekad untuk menjalankan bisnis dengan lebih bijak dan lebih baik untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan lingkungan.

Proyek ini bukan yang pertama bagi Toyota Kentucky dalam hal konservasi lingkungan hidup. Sejak 2006, pabrik yang menghasilkan mobil-mobil paling ramah di jalanan Amerika Serikat ini menerapkan zero-landfill. Artinya limbah  yang dihasilkan dalam proses produksinya, seluruhnya bisa di manfaatkan kembali untuk fungsi lain. Jadi tidak ada sampah yang keluar dari pabrik itu.  Sebagian limbah diubah jadi kompos untuk menyuburkan tanaman dalam kebun pabrik.

Pabrik mobil terbesar di Amerika Utara  nama resminya  Toyota Motor Manufacturing, Kentucky Inc.  Sedan Toyota Camry pertama  made in Amerika Serikat  produksi pabrik ini yaitu sejak 1988. Sejak itu  hampir 10 juta mobil sudah keluar dari jalur produksinya. Pabrik yang dibangun dengan investasi $ 5.9 miliar itu diproduksi Camry –sedan paling laris di Amerika Serikat-, Camry Hybrid, Avalon, Avalon Hybrid, dan Venza.  Mulai awal tahun depan pabrik ini juga  memproduksi Lexus sebanyak 50.000 unit pertahun. Sehingga total produksi pabrik mencapai 500.000 unit pertahun plus 600.000 unit mesin.

More from Toyota

Shopping Tools