New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_1903

Alasan Kamu Dilarang Menggunakan Kaki Kiri Untuk Menginjak Pedal Rem di Mobil Matik

Alasan Kamu Dilarang Menggunakan Kaki Kiri Untuk Menginjak Pedal Rem di Mobil Matik

Salah satu keunggulan mobil bertransmisi otomatis alias matik adalah tidak dilengkapi dengan pedal kopling.

Berbeda dengan mobil transmisi manual yang punya pedal ketiga, yakni pedal kopling yang dioperasikan oleh kaki kiri.

Alhasil, operasional pengemudi jadi lebih ringan, terutama saat berada di tengah kemacetan jalan.

Walaupun mobil matik hanya memiliki dua pedal, bukan berarti kaki kiri kamu bisa digunakan untuk menginjak pedal rem.

Kaki kiri kamu cukup diistirahatkan di foot rest sehingga tidak perlu lagi bekerja.

Karena pada prinsipnya, pedal yang ada di mobil matik hanya dioperasikan oleh kaki kanan saja, baik pedal gas maupun rem.

Hal ini bertujuan agar kamu dapat mengemudi dengan lebih aman karena bila pakai dua kaki ada kemungkinan saat mengerem kaki kanan masih injak pedal gas.

Alhasil, kamu akan kesulitan mengendalikan mobil karena kecepatannya tidak turun, bahkan ada kemungkinan ban mengalami spin dan itu berbahaya.

Makanya, cara paling aman melakukan pengereman mobil matik adalah gunakan kaki kanan sehingga pedal gas terbebaskan.

Selain itu, mengerem dengan kaki kiri sangat berbahaya karena terkait kondisi dari kaki kamu.

Kaki kiri biasanya tidak lebih sensitif dibanding kaki kanan sehingga rawan menginjak rem terlalu keras dan membuat mobil berhenti mendadak.

Hal ini terkait kebiasaan menginjak pedal kopling dengan kaki kiri yang relatif keras sehingga membutuhkan tenaga lebih besar.

Padahal pedal rem itu ringan dan tidak dibutuhkan tenaga sebesar injakan di pedal kopling.

Selain itu terkait pula dengan feeling berkendara, dimana kaki kiri kamu tidak terlatih untuk merasakan seberapa besar tenaga yang dibutuhkan untuk menekan pedal rem.

Bisa jadi saat dibutuhkan, tekanan kaki kiri kamu justru tidak sekuat yang dibutuhkan dan membuat mobil tidak berhenti, dan ini sama bahayanya dengan injakan yang terlalu keras karena bisa mengakibatkan kecelakaan.

So, cukup gunakan kaki kanan untuk menekan pedal rem untuk menghindari kecelakaan.


Back to top