All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.381.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp998.600.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp442.200.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp647.300.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp607.800.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp281.900.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp363.200.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp237.100.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp290.700.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp799.300.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp937.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp164.700.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_1659

Fungsi, Bahan, Cara Kerja, dan Cara Merawat Kondensor AC

Fungsi, Bahan, Cara Kerja, dan Cara Merawat Kondensor AC

Secara umum, fungsi AC membuat kabin mobil kamu menjadi lebih sejuk ketika cuaca di luar sedang panas.

AC merupakan sebuah sistem yang terdiri dari berbagai komponen, salah satunya kondensor.

Apa Itu Kondensor AC?

Kondensor adalah sebuah alat dalam sistem AC mobil yang digunakan untuk mengondensasikan atau mengubah gas (freon) tekanan tinggi menjadi cairan.

Cairan ini kemudian akan dialirkan ke reciever dryer dan dilanjutkan ke expansion valve.

Cara Kerja Kondensor AC

Untuk cara kerjanya, gas (freon) bertekanan tinggi yang panas tadi akan masuk ke jalur-jalur kondensor yang berliku-liku dan bersirip.

Lalu untuk melepaskan panasnya, dibantu dengan kipas atau motor fan dan udara saat mobil sedang berjalan.

Untuk modelnya, kondensor terus berkembang seiring zaman.

Bahan Kondensor AC

Kondensor mobil lama masih menggunakan bahan tembaga dan modelnya pipa.

Seiring waktu, kondensor menjadi berbahan aluminium dan lubang jalurnya sedikit dan besar.

Bahkan mobil keluaran dari tahun 2000 ke atas sudah full aluminium dan jalur freonnya sangat kecil.

Usia Pakai Kondensor AC

Untuk usia pakai sebenarnya tergantung dari bahan dan merek mobilnya.

Untuk mobil tertentu bisa sampai tiga tahun, bahkan ada yang lebih cepat lagi usia pakainya.

Untuk merawat kondensor, bisa dilakukan sendiri dan ada saatnya harus dibawa ke bengkel.

Cara Rawat Kondensor AC

Kondensor harus rutin dibersihkan terutama saat mobil dicuci dan ada teknik semprotnya supaya siripnya tidak rusak.

Selain itu tetap dibersihkan ke bengkel setiap enam sampai 12 bulan.

Kalau dibersihkan sendiri, cukup disemprot dengan air bersih.

Sedangkan kalau di bengkel, dari luar disemprot dengan cairan khusus dan di dalamnya pakai flushing machine agar kerak dan kotorannya hilang.


Back to top