
Technology
14 Oct 2020
Fungsi dan Jenis Suspensi Mobil
Fungsi dan Jenis Suspensi Mobil
By salsa
Sistem suspensi merupakan mekanisme yang diletakkan antara bodi atau rangka mobil dengan roda-roda.
Fungsi dari sistem suspensi pada mobil antara lain adalah agar dapat menahan guncangan, getaran, serta kejutan- kejutan yang dirasakan mobil saat berjalan.
Fungsi Suspensi Mobil
1. Meredam guncangan jalan.
2. Melindungi penumpang di dalam mobil serta barang-barang muatan di dalamnya.
3. Menambah stabilitas kendaraan.
4. Meneruskan gaya getaran serta gaya pengereman yang diakibatkan karena adanya pergesakan dari permukaan jalan dengan roda.
5. Menopang bodi mobil yang ada pada poros-poros serta menjaga hubungan geometris yang berkaitan dengan bodi dan roda.
Jenis Suspensi Mobil
Berikut ini sistem suspensi yang sering digunakan pada kendaraan beserta kelebihan dan kekurangannya.
1. Torsion Beam
Jenis suspensi ini dikategorikan sebagai suspensi semi-independen dan banyak diterapkan dalam compact car yang menggunakan penggerak roda depan.
Kelebihan dari sistem suspensi ini memang tidak rumit serta cukup ringan.
Selain itu torsion beam memang dikenal cukup empuk dan harganya pun terbilang ekonomis.
Namun sayangnya torsion beam memiliki keterbatasan mengatur chamber.
2. Spring Leaf
Bentuknya seperti gabungan dari beberapa batangan besi yang cukup lentur dengan susunan yang menumpuk.
Di Indonesia, sistem ini sering disebut sebagai per daun.
Kelebihan dari sistem suspensi ini memang dari konstruksinya yang cukup simple.
Sistem suspensi mobil ini kokoh serta bisa menahan beban yang cukup berat serta mendistribusikan semua beban muatan dengan merata.
Kekurangan dari sistem suspensi mobil ini memang kurangnya kenyamanan saat berkendara makanya cocok untuk angkutan berat seperti truk.
3. Macpherson Strut
Sistem suspensi ini cukup populer digunakan pada mobil-mobil yang ada di Indonesia.
Dimensi yang kompak, biaya murah, serta kinerja suspensi yang baik memang menjadi faktor pabrikan mobil lebih sering menggunakan sistem suspensi ini.
Namun sayangnya, ketika posisi gerak vertikal bisa mengubah posisi camber saat mobil berkendara sehingga bisa menimbulkan resiko body roll, getaran hingga ke rangka, dan lainnya.
Sehingga mau tidak mau pabrikan mobil yang menggunakan komponen tambahan yang bisa meredam getaran dan suara yang ditimbulkan.
4. Multilink
Suspensi ini menggunakan beberapa lengan membujur dan lengan lateral, yang bisa beraksi ketika menyesuaikan panjang, renggang, serta tekanan yang diterima.
Kelebihan dari jenis suspensi mobil ini adalah memiliki fleksibilitas yang baik sehingga bisa menyesuaikan sudut posisi roda dengan jalanan yang dilalui kendaraan.
Alhasil, sistem ini dikenal empuk dalam meredam guncangan dan membuat mobil mudah untuk dikendalikan.
Namun sayangnya sistemnya terbilang cukup rumit dan harganya mahal.
5. Double Wishbone
Sistem suspensi ini bisa dikatakan paling terbaik, hal ini dikarenakan mobil bisa meredam tekanan dengan baik.
Selain itu, desain sistem suspensi ini memang bisa menjaga posisi roda sehingga tetap tegak lurus dengan permukaan jalan.
Kelebihan dari sistem suspensi ini adalah kontrol camber yang ideal sehingga membuat pengendara bisa mantap mengendalikan mobil.
Namun sistem suspensi ini membutuhkan ruangan yang cukup luas serta harganya juga cukup mahal.