All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.381.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp998.600.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp442.200.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp647.300.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp607.800.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp281.900.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp363.200.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp237.100.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp290.700.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp799.300.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp937.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp164.700.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_1943

Teori Singkat Mengenai Intercooler yang Mendukung Kinerja Turbo

Teori Singkat Mengenai Intercooler yang Mendukung Kinerja Turbo

Kamu pasti sudah paham mengenai turbo pada mesin mobil.

Nah sekarang, akan dibahas mengenai intercooler sebagai salah satu komponen pendukung kinerja dari turbo.

Intercooler adalah komponen yang memiliki bentuk mirip dengan radiator mobil, hanya saja memiliki fungsi yang berbeda.

Jika radiator fungsinya untuk mendinginkan air, intercooler fungsinya untuk mendinginkan udara yang dihasilkan oleh mesin turbo sebelum dimasukkan kedalam ruang bakar.

Sistem Kerja Intercooler

Sebenarnya cara kerja dari intercooler ini sangat sederhana sekali.

Intercooler mendinginkan udara terkompresi yang dihasilkan oleh mesin turbo yang semula bersuhu panas kemudian dialirkan kedalam kisi kisi intercooler.

Selanjutnya udara yang mengalir di dalam kisi kisi ini akan didinginkan oleh embusan angin yang melewati kisi kisi intercooler.

Sehingga udara yang semula panas menjadi dingin, mirip prinsip kerja radiator.

Partikel udara yang telah didinginkan menjadi lebih padat sehingga sewaktu dimasukkan ke dalam ruang bakar, tekanan pembakaran yang dihasilkan jauh lebih tinggi dibandingkan udara dari mesin turbo yang tidak didinginkan via intercooler.

Tingginya tekanan pembakaran membuat tenaga yang dihasilkan menjadi jauh lebih besar sehingga efisiensi bahan bakar juga meningkat.

Serta mesin mobil akan menghasilkan sedikit gas polutan karena kompresi yang tinggi membuat proses pembakaran menjadi lebih sempurna.

Artinya, semakin sedikit sisa bahan bakar yang tidak terbakar karena kebutuhan oksigen di dalam mesin untuk proses pembakaran tercukupi.

Posisi Intercooler Turbo

Posisi intercooler haruslah di tempat yang mudah dilalui udara bebas dan umumnya berada di dua lokasi yang berbeda.

Pertama, intercooler diletakkan di balik bumper depan bersama dengan kondensor AC dan radiator.

Lokasi kedua adalah persis di balik kap mobil atau di atas mesin mobil.

Dari kedua posisi ini, di atas mesin paling mudah untuk dibersihkan, tapi membuat ruang mesin jadi terlihat penuh.

Perawatan dari intercooler ini terbilang sederhana sebab tidak ada hal khusus yang harus kamu lakukan.

Kamu cukup membersihkan kisi kisi intercooler dari kotoran yang menempel seperti debu, daun atau sampah yang mungkin melekat agar kinerjanya tetap optimal maksimal.

Perhatikan pula sambungan antar pipa dan bodi intercooler mengingat udara yang lewat panas dan bertekanan tinggi.

Untuk mudahnya, kamu bisa merawat intercooler ketika melakukan servis berkala di bengkel resmi Toyota.


Back to top